Huawei MateBook E: Penantang Microsfot Surface Pro 8 dengan Layar OLED 2.5K



Huawei mengumumkan kehadiran MateBook E. Laptop 2-in-1 ini akan menjadi pesaing ketat Surface Pro 8 dari Microsoft dengan harga jual lebih murah.

Fitur Huawei MateBook E

Huawei MateBook E hadir dengan konsep 2-in-1 detachable. Layarnya bisa dilepas dari docking keyboard untuk digunakan sebagai tablet.

Jadi, tidak perlu heran jika rancangan bodinya tipis dan ringan. Ketebalannya hanya sekitar 7.9 mm. Sementara, bobotnya sekitar 709 gram saja. Di sektor layar MateBook E membawa panel layar OLED yang berukuran 12.6 inci. Resolusinya 2560 x 1600 pixel dengan tingkat kecerahan maksimum 400 nits. Jadi, bisa dipastikan tampilan di layarnya akan terlihat sangat tajam.

Masuk ke dapur pacunya Huawei MateBook E ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-11. Pilihannya Intel Core i5-1130G7 dan Intel Core i7-1160G7 dengan chip grafis Intel Iris Xe. Konfigurasi RAM tersedia dengan opsi 8GB atau 16GB. Sementara, ruang penyimpanannya menggunakan SSD dengan pilihan kapasitas hingga 1TB. Untuk sistem operasinya MateBook E akan langsung menjalankan Windows 11.

Ditenagai prosesor Intel Core 11th gen Huawei MateBook E membawa port Thunderbolt 4. Sama seperti Microsoft Surface Pro 8. Selain itu, tersedia WiFi6, Bluetooth 5.1 dan layar sentuhnya mendukung input pena stylus. Huawei juga melengkapinya dengan kamera depan 8 megapixel untuk konferensi video, kamera belakang 13 megapixel, dan empat pasang speaker dengan Huawei Sound.

Huawei MateBook E ditenagai dengan baterai 42Wh. Untuk penggunaan produktivitas baterainya bisa digunakan hingga sekitar 8 jam. Fitur isi ulang cepat juga didukungnya. Baterainya bisa terisi hingga sekitar 54% hanya dalam waktu setengah jam.

Harga Huawei MateBook E

Huawei MateBook E akan tersedia lebih dulu di pasaran China. Untuk harga Huawei MateBook E dengan Intel Core i5 mulai dari US$938. Harganya ini lebih murah dari Microsoft Surface Pro 8 yang dijual mulai dari US$1099.

Your email address will not be published. Required fields are marked *