Quantcast
Foto & VideoCamcorderNewsProduct News

Sony Venice 2: Kamera Sinema Pertama dengan Sensor Modular

Generasi kedua kamera sinema Sony Venice resmi diumumkan. Beda empat tahun dengan generasi pertamanya Venice 2 datang dengan membawa fitur yang semakin canggih.

sony venice 2 1

Fitur Sony Venice 2

Tidak banyak pembaruan di sektor desainnya. Desain orisinilnya masih tetap dipertahankan. Namun, jika dicermati secara keseluruhan dimensi bodinya lebih ringkas.

Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna Venice 2 akan tersedia dengan dua opsi modul sensor full frame. Opsi pertama menggunakan sensor full frame 8.6K 50 megapixel. Opsi kedua sama seperti versi orisinilnya dengan sensor 6K 24.8 megapixel. Khusus untuk sensor 8.6K akan mendukung dynamic range hingga 16 stop. Sementara, sensor 6K hanya 15 stop saja.

sony venice 2 2

Satu keunikan dari Venice 2 adalah rancangan sensornya yang modular. Ini artinya, pengguna dimungkinkan untuk mengganti modul sensornya tersebut. Pengguna Sony Venice 2 dengan sensor 6K bisa mengganti modul sensornya ke modul sensor 8.6K. Begitu juga sebaliknya. Menurut Sony, penggantian sensor ini juga sangat mudah. Tidak perlu melakukan instalasi ulang. Setelah modul sensor terpasang kamera bisa langsung digunakan.

Beberapa fitur andalan yang ada di generasi pertamanya juga bisa ditemukan di Venice 2. Seperti misalnya Color Science, Dual Base ISO, dan filter ND 8-stop terintegrasi. Untuk pengaturan Dual Base ISO kini mendapat pembaruan dengan opsi pengaturan ISO 800/3200. Sebelumnya, di Sony Venice hanya ISO 500/2500 saja.

sony venice 2 5

Fitur Sony Venice 2 yang lain tersedia dukungan opsi pengambilan gambar full frame 4K anamorphic, 4K Super35, dan kemampuan merekam internal dengan format Apple 4K ProRes 4444 atau Apple 4K ProRes 422 HQ. Selain itu, pengguna kini juga bisa menikmati fitur output 4K langsung dengan LUT, pemrosesan 3D LUT yang telah ditingkatkan, dan kendali LUT/ASC-CDL lewat Ehternet atau Wi-Fi.

Untuk ruang penyimpanan Sony melengkapinya dengan slot kartu memori yang mendukung kartu memori Sony AXS. Kartu memori ini menawarkan kecepatan transfer data hingga 6.6Gbps. Sangat memadai untuk mendukung perekaman video hingga di resolusi 8K/60p.

Harga Sony Venice 2

Sony Venice 2 akan mulai dipasarkan Februari 2022 untuk model dengan sensor 8.6K. Menyusul model dengan sensor 6K di bulan Maret 2022. Belum ada informasi lebih lanjut berapa harga Sony Venice 2 nanti di pasaran.

Artikel terkait

Back to top button