Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M52 5G



Samsung Galaxy M52 5G menjadi salah satu opsi yang paling menarik di kelas harganya. Dengan banderol Rp5.399.000, ponsel ini menawarkan fitur komplit dengan kemampuan yang juga terbilang menonjol dibanding beberapa pesaingnya.

Yangcanggih.com memang merekomendasikan Galaxy M52 5G bagi Anda yang mencari smartphone kelas menengah dengan penawaran terbaik. Meski begitu, bukan berarti perangkat tersebut tidak punya kekurangan. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak poin-poin di bawah ini:

Kelebihan Samsung Galaxy M52 5G

1. Desain lebih stylish dengan bodi yang ramping dan ringan

Dibanding pendahulunya, Galaxy M52 5G tampil dengan desain yang lebih stylish. Ketebalannya hanya 7,4mm dengan bobot 173 gram. Samsung tetap mengedepankan konsep minimalis-elegan dengan sedikit bumbu penyedap berupa pattern garis lurus pada cover belakangnya. Untuk pilihan warnanya ada tiga, yaitu Light Blue, White, dan Black.

2. Layar Super AMOLED 120 Hz

Samsung Galaxy M52 5G hadir dengan layar Infinity-O berpanel Super AMOLED Plus 6,7 inci. Resolusinya Full HD+ dan sudah didukung fitur Always-On Display. Yang paling mantap, layar tersebut punya refresh rate tinggi 120 Hz sehingga pergerakan gambar terlihat jauh lebih smooth.

3. Performa mantap, Ada fitur RAM Plus

Samsung Galaxy M52 5G mengandalkan Qualcomm Snapdragon 778G yang dikenal punya performa kencang. Kinerja yang dihasilkan tampak responsif dan mulus, apalagi ditambah fitur RAM plus untuk menambah RAM bawaan 8 GB menjadi 12 GB.

Bagi mobile gamers, Galaxy M52 5G dapat menjadi opsi yang layak diperhitungkan. Game berat seperti Genshin Impact dapat dijalankan dengan cukup lancar dengan setting grafis tinggi di mode 60 fps. Walaupun frame rate yang didapat tidak sampai menyentuh 60 fps, setidaknya masih berada di angka yang amat playable. Apalagi game-game yang lebih ringan seperti Mobile Legends. Bermain dengan setting grafis mentok kanan dan mode HFR aktif sama sekali bukan masalah.

4. Kamera oke untuk foto dan video

Dari sektor kamera, smartphone ini dibekali sensor utama 64 MP, lensa ultra-wide 12 MP, serta lensa makro 5 MP. Untuk kebutuhan swafoto, ada kamera 32 MP di depan. Untuk fotografi maupun videografi, kamera Galaxy M52 5G bisa diandalkan. Berikut contoh foto dan videonya:

Mode normal Galaxy M52 5G (4)

Night Mode Galaxy M52 5G (4)

Night Mode Galaxy M52 5G (3)

Video kamera utama 1080p 30 fps

5. Baterai awet

Walaupun baterainya hanya 5.000 mAh alias tidak sebesar generasi sebelumnya, daya tahannya tetap memuaskan. Hasil pengujian real-life dengan gaya pemakaian normal mencatatkan waktu pemakaian hingga 1,5 hari sebelum baterainya benar-benar habis.

6. Sudah mendukung 5G

Ya, sesuai namanya, Galaxy M52 5G sudah mendukung jaringan 5G dari operator di Indonesia.

7. Ada NFC

Anda butuh NFC? Galaxy M52 5G sudah menyediakannya.

Kekurangan Samsung Galaxy M52 5G

1. Speaker belum stereo

Speaker internal pada Galaxy M52 5G hanya ada di sebelah bawah saja. Artinya masih mono, belum stereo. Sedikit mengecewakan mengingat tren sekarang sudah banyak yang menawarkan speaker stereo, bahkan di kisaran harga yang jauh lebih murah.

2. Tidak ada port audio jack 3.5mm

Apabila Anda mencari-cari di mana letak port audio jack 3.5mm, jawabannya adalah tidak ada. Alternatifnya bisa dengan membeli adapter Type-C ke 3.5mm, atau pakai TWS saja yang sudah nirkabel.

3. Paket penjualan minim

Tidak ada free softcase dalam dus penjualan Galaxy M52. Selain itu, pada bagian layar Samsung juga tidak menambahkan pelindung ekstra seperti anti gores.

4. Charger bawaan hanya 15W

Meski sudah mendukung fast charging 25W, sayangnya dalam dus penjualan Galaxy M52 hanya disediakan charger 15W. Proses charging hingga 100 persen hampir 2 jam.

5. Slot hybrid

Untuk ketersediaan slot, Galaxy M52 5G menganut sistem hybrid yang artinya salah satu slot SIM-Card harus berbagi tempat yang sama dengan microSD. Kalau mau pasang dua SIM-Card, tidak bisa menambahkan microSD. Sebaliknya, jika ingin memasang microSD, SIM-Card hanya bisa satu saja.

Your email address will not be published. Required fields are marked *