Review PROLiNK Smart Bulb dan Smart IR Controller

Menyambut era Internet Of Things (IoT) pabrikan, PROLiNK, mulai melebarkan lini produknya ke perangkat rumah pintar atau smart home. Dua produk teranyarnya dalah PROLiNK Smart Bulb (DS-3601) dan Smart IR Controller (DS-3301). Apa saja keunggulan kedua perangkat ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

svg%3E

Desain PROLiNK Smart Bulb DS-3601 dan Smart IR Controller DS-3301

Bohlam pintar besutan PROLiNK ini hadir dengan desain bohlam yang berbentuk bulat. Pemasangannya juga sangat mudah. Ini karena PROLiNK Smart Bulb DS-3601 mengusung soket E27 standar. Bisa dipasang di mana saja. Dari lampu meja belajar atau mengganti lampu di ruangan.

Sistem pencahayaannya mengusung teknologi LED. Satu nilai tambah karena memang lebih irit daya dan punya durabilitas yang lebih baik. Ketahanannya diklaim bisa hingga sekitar 25000 jam. Masuk kategori bohlam 9W tingkat kecerahan maksimumnya bisa hingga sekitar 900 Lumens. Dari pengujian kami sangat terang dan ideal untuk penggunaan di ruangan yang berukuran sedang.

svg%3E

Untuk PROLiNK Smart IR Controller DS-3301 hadir dengan desain bulat. Seluruh bodinya dilapisi warna hitam mengkilap. Fungsi perangkat ini adalah sebagai terminal untuk mengendalikan semua perangkat rumahan yang dikendalikan dengan remot infrared. Seperti misalnya AC, kipas angin, TV, hingga perangkat audio/video. Jadi, Anda bisa langsung mengendalikan perangkat-perangkat tersebut dengan ponsel di mana saja melalui aplikasi PRoLINK mEzee.

PROLiNK Smart IR Controller DS-3301 hadir dengan sebuah colokan listrik. Panjang kabelnya relatif pendek. Jadi, pastikan saja alat ini ada di tempat yang pas dan bisa menjangkau semua perangkat yang ingin dihubungkan. Jika memungkinkan pastikan juga tidak ada halangan antara PROLiNK Smart IR Controller DS-3301 ke perangkat yang ingin dikendalikan.

Proses instalasi sangat mudah

Sebagai peringkat pintar PROLiNK Smart Bulb DS-3601 dan PROLiNK Smart IR Controller DS-3301 bisa terhubung ke jaringan WiFi di rumah. Proses instalasi keduanya tergolong sangat cepat dan mudah. Setelah lampu terpasang dan PROLiNK Smart IR Controller DS-3301 terhubung ke listrik, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi mEzee yang tersedia di PlayStore dan AppStore.

Kemudian, buka aplikasi mEzee dan lakukan registrasi. Setelah proses registrasi selesai Anda hanya perlu menekan tombol + untuk menambah perangkat.

Untuk menambah perangkat bohlam PROLiNK Smart Bulb DS-3601 Anda bisa memiliki menu Lighting. Di sini akan ditampilkan beragam model lampu bohlam dan lampu strip. Bagi sebagaian orang ini mungkin akan membingungkan. Pasalnya, tidak ada tipe bohlam PROLiNK Smart Bulb DS-3601. Memang akan lebih mempermudah jika yang ditampilkan langsung tipe produknya saja.

Untuk PROLiNK Smart Bulb DS-3601 sendiri yang harus dipilih adalah Light Source (BLE+WiFi). Setelah memilih Anda hanya perlu mengikuti panduan yang muncul hingga proses instalasi selesai.

svg%3E

Langkah yang sama juga bisa dilakukan untuk menambah produk PROLiNK Smart IR Controller DS-3301. Klik tombol + di halaman muka, kemudian pilih IR Controller. Anda akan melihat dua produk Smart IR Controller dan Universal Remote Control. Di menu ini bisa langsung memilih Smart IR Controller sesuai nama produknya. Setelah itu Anda juga hanya perlu mengikuti panduan yang muncul hingga proses instalasi selesai.

Sangat fungsional dengan dukungan asisten virtual

svg%3E
Setelah instalasi keduanya selesai Anda bisa langsung mengendalikan kedua perangkat ini hanya lewat ponsel di mana saja selama ada akses internet. Untuk PROLiNK Smart Bulb DS-3601 Anda bisa dengan mudah mengubah warna lampunya. Lampu LED ini telah mendukung 16 Juta Warna.

Jadi, warna lampu bisa diubah sesuai selera masing-masing pengguna. Tingkat kecerahannya juga bisa diatur. PROLiNK telah menyediakan beragam template output warna yang bisa dipilih ke beragam skenario penggunaan. Tersedia juga opsi yang memungkinkan lampu ini mengikuti ritme musik yang sedang diputar dari ponsel. Opsi lain, tersedia dukungan fitur timer, membuat jadwal, do not disturb, dan default light. Default light jika dipilih akan memungkinkan lampu langsung ke mode terakhir yang digunakan. Atau, Anda bisa membuat preset pengaturan warna dan tingkat kecerahan yang ingin digunakan.

Sementara, PROLiNK Smart IR Controller DS-3301 yang menawarkan kemampuan mengendalikan perangkat dengan remot memiliki kemampuan terhubung ke beragam perangat elektronik dari banyak pabrikan. Jadi, bisa dibilang kontroler pintar ini sangat universal.

Kami mencoba menghubungkannya ke AC kamar dari Panasonic. Keduanya bisa terhubung dengan tanpa masalah. Kami pun bisa langsung mengatur suhu, memilih mode, mengatur kecepatan kipas pendingin hingga mematikan dan menyalakan AC langsung lewat ponsel tanpa perlu lagi menggunakan remot.

Kemudahan lain yang ditawarkan kedua perangkat ini adalah dukungan asisten virtual yang komplit. Perintah suara juga didukungnya mengandalkan asisten virtual Amazon Alexa, Siri dan Google Assitant.

Satu nilai tambah keduanya bisa mendukung ekosistem rumah pintar Google Home dan Amazon Alexa. Kami juga menghubungkannya ke ekosistem Google Home bersama dengan perangkat pintar kami lainnya yang ada rumah. Setelah terhubung ke ekosistem Google Home, Anda bisa meminta Google Assitant lewat perintah suara untuk mengendalikan kedua perangkat ini.

Kesimpulan

Jika dibandingkan pabrikan lain jumlah perangkat di ekosistem rumah pintar dari PROLiNK memang masih relatif sedikit. Kendati demikian, kehadiran Smart Bulb (DS-3601) dan Smart IR Controller (DS-3301) menurut kami cukup untuk membuat PROLiNK unjuk gigi dan bersaing dengan pabrikan lain di kelas yang sama. Dibanderol dengan harga yang kompetitif, fungsional dan mudah digunakan keduanya memang sangat menarik. PROLiNK Smart Bulb (DS-3601) dan Smart IR Controller (DS-3301) bisa dipilih sebagai starter pack untuk Anda yang ingin memulai membuat ekosistem rumah pintar.

Kelebihan PROLiNK Smart Bulb DS-3601 dan Smart IR Controller DS-3301:

+ Harga kompetitif
+ Mudah digunakan
+ Sangat fungsional
+ Bohlam Smart Bulb DS-3601 opsi kustomisasi lengkap
+ Smart IR Controller DS-3301 kompatibel dengan banyak perangkat
+ Mendukung ekosistem Google Home
+ Dukungan asisten virtual lengkap

Kekurangan PROLiNK Smart Bulb DS-3601 dan Smart IR Controller DS-3301:

– Smart IR Controller DS-3301 kabel bawaan relatif pendek
– Antarmuka di aplikasi untuk opsi Lighting sebaiknya menggunakan nama tipe produk

Bisa dipilih sebagai starter pack untuk Anda yang ingin memulai membuat ekosistem rumah pintar.
8.5
Verified by MonsterInsights