Review Razer Huntsman V2 Tenkeyless (Clicky Purple)



Razer Huntsman V2 merupakan generasi terbaru yang mengusung beragam peningkatan. Keyboard gaming mekanikal tersebut kini dipersenjatai teknologi Hyper Polling 8K alias 8000Hz. Untuk memenuhi kebutuhan gamer yang beragam, Razer menyediakan dua model Huntsman V2 yaitu full-sized dan TKL atau tenkeyless.

Pada artikel review kali ini saya akan membahas versi TKL yang menjadikan bodi ramping sebagai salah satu nilai jual utamanya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya!

Ringkas dan mudah dibawa bepergian

Membeli keyboard jenis tenkeyless artinya Anda mencari sesuatu yang ramping dan tidak menghabiskan banyak ruang di meja. Bonus ekstranya, Razer Huntsman V2 TKL mengusung desain yang ringkas sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Bobotnya pun ringan, sekitar 0,9 kilogram.

Razer Huntsman V2 TKL (Clicky)

Meskipun masih membutuhkan kabel USB-C untuk dapat terhubung ke PC (belum wireless), kabel ini sifatnya tidak permanen alias gampang dilepas. Kabelnya sendiri sudah braided fiber sehingga lebih tangguh dan tidak mudah rusak.

Sekadar informasi bagi yang belum tahu, satu hal yang membuat bodi Huntsman V2 TKL terlihat langsing adalah karena tidak adanya area tombol numpad. Tombol multimedia khusus pun tidak tersedia, dan beberapa fungsi harus Anda akses sambil menekan tombol Fn.

Tampilan eksterior Huntsman V2 TKL bisa dibilang khas Razer. Dominasi warna hitam doff yang cukup gahar akan tampak menawan begitu lampu RGB (Razer Chroma) menyala. Efeknya sendiri bisa Anda pilih dan modifikasi dengan total 16,8 juta pilihan warna.

Razer mengandalkan keycaps Doubleshot PBT yang diklaim punya durabilitas tinggi agar tulisannya tidak pudar meski sudah dipakai lama. Sementara di bagian bawah ada kaki penyangga untuk membantu mendapatkan sudut kemiringan keyboard yang ideal. Material utamanya adalah perpaduan aluminium di bagian top plate dan plastik ABS.

Perlu diketahui bahwa Razer juga menyediakan wrist rest dalam paket penjualan Huntsman V2 TKL. Bahannya empuk dan nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Tapi sayangnya, tidak ada semacam penyambung antara wrist rest dengan keyboard, sehingga seringkali posisinya mudah bergeser. Mungkin akan lebih oke jika diberikan konektor dengan sistem magnet.

Perlukah polling rate 8K pada keyboard?

Seperti disebutkan di atas, Razer Huntsman V2 TKL mengedepankan teknologi Hyper Polling 8K alias 8000Hz yang responsif. Razer mengklaim latensinya mendekati nol. Teknologi ini hadir bersama switch optical Razer yang tersedia dalam dua opsi, yakni Linear (Red) dan Clicky (Purple). Versi yang saya ulas adalah Clicky.

Sensasi tactile-nya mantap. Saat digunakan untuk bermain game, saya merasa keyboard ini mampu memberikan respon yang cepat. Karena pekerjaan utama saya sangat berkaitan dengan mengetik, saya merasa Huntsman V2 TKL juga bisa menjadi partner yang bisa diandalkan. Mengetik dengan kecepatan tinggi terasa begitu mudah dan tidak membuat jari pegal.

Nilai minusnya? Berisik! Ya, versi Clicky dengan switch purple ini terdengar bising dan sangat berpotensi mengganggu orang di sekitar Anda. Saya pribadi sebenarnya jauh lebih tertarik untuk mencoba model Linear dengan switch Red, karena katanya menggunakan peredam ekstra untuk mengurangi kebisingan.

Selain itu, menurut saya Hyper Polling 8K bukan sesuatu yang bisa langsung dirasakan dampaknya oleh gamer-gamer casual seperti saya. Jujur saja, walaupun terasa responsif, saya pribadi tidak menemukan perbedaan yang signifikan dari segi kecepatan dibanding ketika bermain dengan keyboard Razer Blackwidow Ultimate yang sudah saya pakai sejak tahun 2016 lalu.

Saya adalah penggemar game First-Person Shooter (FPS). Bagi saya, polling rate setinggi ini bakal lebih terasa manfaatnya pada mouse, seperti di seri mouse Razer Viper 8K. Apalagi kalau saya bermain game dengan frame rate tinggi dan menggunakan monitor dengan refresh rate yang tinggi pula.

Entahlah. Mungkin Anda yang seorang gamer profesional bisa lebih merasakan benefit dari polling rate 8K di Huntsman V2 TKL. Kalau ada, yuk ceritakan pengalaman Anda lewat kolom komentar di bawah.

Razer Synapse 3 untuk kustomisasi

Pengaturan terkait efek RGB bisa Anda akses melalui aplikasi Razer Synapse 3. Melalui software yang sama pula terdapat opsi untuk mengatur fungsi tiap-tiap tombol. Huntsman V2 TKL memiliki memori on-board untuk menyimpan macro maupun konfigurasi lainnya.

Keyboard gaming ringkas yang responsif

Razer Huntsman V2 Tenkeyless merupakan keyboard gaming mekanikal yang ringkas dan ideal untuk dibawa bepergian. Di balik desainnya yang ramping, keyboard ini tetap menawarkan teknologi terkini agar bisa menunjang gamer bermain di level kompetitif. Walaupun harus diakui, saya tidak punya data untuk menjamin bahwa polling rate 8K Hz akan memberikan dampak yang signifikan pada performa, dibanding keyboard gaming lainnya.

Bagi yang berminat, Razer Huntsman V2 Tenkeyless Clicky Purple dijual dengan harga Rp2.499.000. Untuk varian Linear Red yang dijanjikan lebih senyap, harganya Rp2.699.000.

Razer Huntsman V2 Tenkeyless cocok untuk:

  • Gamer kompetitif: Huntsman V2 TKL adalah keyboard premium dengan performa tinggi dan kenyamanan ekstra. Cocok untuk gamer yang sering bermain di level kompetitif. Nilai plusnya, perangkat ini tidak makan banyak tempat di meja.
  • Gamer casual: Bagi Anda yang bermain games untuk sekadar melepas penat, keyboard ini bisa menjadi opsi menarik. Apalagi desainnya ringkas dan mudah masuk ke dalam tas jika ingin dibawa bepergian.
  • Karyawan yang mobile: Huntsman V2 TKL juga cocok untuk pekerja yang mobile dan membutuhkan keyboard untuk mengetik cepat.
  • Kreator konten: Jika Anda menginginkan keyboard ramping dengan fungsi kustomisasi tombol dan penyimpanan profile agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan, Huntsman V2 TKL mungkin bisa jadi jawabannya.

Kelebihan Razer Huntsman V2 TKL (Clicky Purple):

  • Konstruksi kokoh
  • Bodi ramping dan ringkas, mudah dibawa bepergian
  • Hyper Polling 8K: cocok untuk gamer kompetitif (?)
  • Switch Clicky Purple asyik untuk mengetik dan bermain games
  • Razer Chroma RGB dengan 16,8 juta warna
  • Kustomisasi mudah lewat Razer Synapse 3
  • Kabel braided yang bisa dilepas
  • Dapat wrist rest yang empuk dan nyaman

Kekurangan Razer Huntsman V2 TKL (Clicky Purple):

  • Berisik!
  • Wrist rest tidak dilengkapi penghubung ke keyboard, sehingga posisinya mudah bergeser
  • Harga relatif tinggi
  • Polling rate 8K pada keyboard mungkin belum menjadi fitur yang dibutuhkan oleh sebagian besar gamer casual
Razer Huntsman V2 TKL (Clicky)
Huntsman V2 TKL merupakan keyboard gaming mekanikal yang ringkas dan ideal untuk dibawa bepergian
7

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score