Ruangguru Luncurkan Ruang Literasi Digital dengan Beragam Konten Edukatif Gratis

Ruangguru mengumumkan kehadiran platform belajar daring terbarunya yang diberi nama ‘Ruang Literasi Digital’. Peluncuran platform ini merupakan bentuk dukungan dan kolaborasi dengan program Kementerian Komunikasi dan Informatik (Kemenkominfo), guna meningkatkan literasi digital masyarakat. Seperti apa?

Puluhan konten video edukatif gratis

Ruangguru

Dalam sebuah acara yang digelar secara virtual, Rabu (10/11), Ruangguru menjelaskan bahwa Ruang Literasi Digital berisi puluhan konten video edukatif yang mudah dicerna dan bisa diakses secara gratis oleh masyarakat Indonesia. Mereka berharap, dengan konten-konten edukatif tersebut, masyarakat dapat bermedia digital dengan lebih cakap, lebih aman, lebih etis, dan berbudaya.

Beberapa dampak negatif dari kurangnya literasi digital antara lain maraknya penyebaran berita bohong (hoaks), penipuan daring, perundungan siber, ujaran kebencian, dan radikalisme berbasis digital yang perlu diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

svg%3E

“Percepatan transformasi digital adalah fokus utama yang patut dilakukan seluruh pemangku kepentingan. Sebagai negara yang besar, hal ini tentu tidak mudah, namun dapat dilakukan melalui kolaborasi untuk mendukung pengoperasian teknologi oleh masyarakat secara produktif dan bertanggung jawab dengan pemahaman yang efektif dan komprehensif,” kata Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius W. Pudjianto.

Ia menambahkan, karena itulah literasi digital menjadi kunci utama untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia yang cakap memanfaatkan internet. Untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya, Kemenkominfo menggandeng Ruangguru sebagai mitra strategis guna mempercepat upaya merealisasikan target agenda Literasi Digital Nasional.

Tersedia di aplikasi Ruangguru

Platform belajar daring Ruang Literasi Digital sudah dapat diakses secara gratis melalui aplikasi Ruangguru yang dapat diunduh Play Store maupun AppStore. Masyakarat juga bisa langsung mengunjungi situs https://www.ruangguru.com/literasidigital untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Verified by MonsterInsights