Samsung Perkenalkan LPDDR5X DRAM untuk Perangkat Mobile



Samsung mengumumkan keberhasilannya mengembangkan memori LPDDR5X DRAM 16-gigabit (Gb) 14nm pertamanya di industri perangkat mobile. Selain menjanjikan kecepatan proses yang lebih tinggi, memori ini diklaim juga lebih hemat daya dibanding LPDDR5. Seperti apa?

Teknologi LPDDR5X DRAM

Samsung LPDDR5X

Sekadar informasi, LPDDR5X merupakan singkatan dari Low Power Double Data Rate 5X. Generasi terbaru ini menawarkan kecepatan hingga 8.5 Gbps yang menjanjikan performa 1.3 kali lebih baik dibanding LPDDR5 6.4 Gbps. LPDDR5 sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2018 lalu.

Yang lebih menarik, dengan kinerja yang lebih kencang LPDDR5X menggunakan daya yang 20 persen lebih rendah dibanding LPDDR5. Selain itu, chip 16Gb LPDDR5X memungkinkan penggunaan memori (RAM) hingga 64 GB pada perangkat seperti smartphone.

Samsung LPDDR5X DRAM dirancang untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut di seluruh aplikasi layanan data berkecepatan tinggi termasuk 5G, kecerdasan buatan atau AI, dan metaverse.

“Dalam beberapa tahun terakhir, segmen pasar hyperconnected seperti AI, augmented reality (AR) dan metaverse, yang mengandalkan pemrosesan data skala besar yang sangat cepat, telah berkembang pesat. LPDDR5X kami akan memperluas penggunaan memori berperforma tinggi dan berdaya rendah di luar smartphone, dan menghadirkan kemampuan baru ke aplikasi berbasis AI seperti server bahkan automobile,” kata SangJoon Hwang, Senior Vice President and Head of the DRAM Design Team, Samsung Electronics.

Kolaborasi dengan produsen chipset global

Samsung menjelaskan bahwa mulai akhir tahun ini, mereka akan berkolaborasi dengan produsen chipset global untuk lebih memperkenalkan teknologi LPDDR5X.

Your email address will not be published. Required fields are marked *