Clubhouse Luncurkan Replays, Fitur untuk Menyimpan dan Mendengarkan Kembali Percakapan

Clubhouse mengumumkan kehadiran fitur terbarunya yang diberi nama Replays (Pemutaran Ulang). Dengan fitur ini, pengguna dapat menyimpan dan mendengarkan kembali percakapan atau diskusi yang telah terjadi di aplikasi tersebut.

Fitur Replays di Clubhouse

Clubhouse

 

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Selasa (9/11), dijelaskan bahwa dengan Replays Clubhouse ingin mengabadikan hal-hal yang terjadi selama diskusi di suatu room, dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh streaming audio non-interaktif.

Fitur ini secara opsional dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh para kreator. Ketika diaktifkan, siapa pun dapat memutar ulang dan mendengarkan kembali diskusi tersebut. Bahkan, pengguna akan merasakan pengalaman yang sama seperti orang-orang yang bergabung secara langsung dan menyaksikan dinamika yang ada di room, seperti melihat pergerakan jumlah audiens yang keluar dan masuk silih berganti ke dalam room, serta momen spesial lain yang terjadi di room tersebut.

Replays mendukung beberapa fungsi yang sudah lebih dulu tersedia di Clubhouse, seperti menyematkan tautan (link) eksternal di dalam room. Pengguna juga dapat berpindah dari satu pembicaran ke pembicaran berikutnya, berhenti sejenak, memutar diskusi kembali, memotong, dan mendengarkan jalannya diskusi 1,5 kali sampai 2 kali lebih cepat.

Di podcast, pengguna biasanya akan mengalami kesulitan untuk melihat siapa saja audiens mereka. Di Clubhouse, kreator dapat melihat langsung siapa saja audiens yang mendengarkan percakapan. Dengan fitur Replays, kreator dapat melihat langsung audiens yang ada di dalam room, bahkan jika mereka mendengarkan dengan cara memutar ulang sesi tersebut. Clubhouse juga membekali Replays dengan informasi Total Attendee Count atau Jumlah Total Audiens yang hadir di room.

Menariknya lagi, pembuat room dapat mengunduh audio dari diskusi room sehingga mereka dapat mengeditnya dan menggunakannya secara bebas, misalnya sebagai podcast, klip di YouTube, Instagram Story, atau video TikTok.

Hadir di iOS dan Android

Fitur Replays saat ini sudah tersedia di aplikasi Clubhouse baik yang ada di platform iOS maupun Android. Penasaran? Langsung saja update aplikasi Anda ke versi terbaru!

Your email address will not be published. Required fields are marked *