Review Lenovo Legion 5i Pro

Laptop gaming Legion Pertama dengan Bodi Warna Putih

Sebagai laptop gaming pertama Lenovo dengan panel layar 16 inci, Legion 5 Pro memang sangat menggoda. Apalagi, Lenovo kini juga menghadirkan Legion 5i Pro. Laptop ini adalah Legion 5 Pro versi dengan prosesor Intel. Keistimewaannya yang lain, Legion 5i Pro juga menjadi laptop gaming Legion pertama dengan bodi warna putih (Stingray White) yang sangat cantik. Penasaran bagaimana performa Legion 5i Pro? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Lenovo Legion 5i Pro

Legion 5i Pro dan Legion 5 Pro hadir dengan desain yang sama. Perbedaan keduanya memang hanya di warna bodi saja. Untunglah lapisan warna putih di bodinya ini tidak mudah kotor. Walau begitu, memang sebaiknya tetap rajin dibersihkan agar tampilannya selalu terlihat cantik.

Meski membawa rancangan bodi yang sama, jika dicermati Legion 5i Pro dan Legion 5 Pro tetap ada perbedaan. Hal tersebut bisa terlihat di port konektivitas. Legion 5i Pro dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 4. Port ini absen di Legion 5 Pro.

Layar Lenovo Legion 5i Pro

Legion 5i Pro membawa panel layar IPS berukuran 16 inci. Panel layarnya tersebut menawarkan rasio aspek 16:10. Jadi, area pandanganya lebih luas jika dibandingkan dengan layar standar 16:9. Sementara, untuk gaming panel layarnya juga telah mendukung refresh rate 165 Hz.

Resolusi Panel layarnya 2K 2560 x 1600 pixel. Sangat ideal untuk menikmati konten dengan resolusi tinggi. Tampilan di layar terlihat sangat tajam. Patut diakui layarnya ini memang sangat memanjakan mata. Dengan standar cakupan warna sRGB 100% dan telah dikalibrasi dengan standar X-Rite dari Pantone layarnya bisa diandalkan untuk konten kreasi.

Layarnya juga tidak pantang di kondisi pencahayaan sangat terang. Tingkat kecerahan layarnya maksimum 500 nits. Selain itu, panel layarnya telah mendukung Dolby Vision, HDR 400, Free-Sync dan G-Sync.

Keyboard Lenovo Legion 5i Pro


Keyboard Legion 5i Pro dan Legion 5 Pro membawa keyboard TrueStrike khas Legion dan trackpad yang sama. Keyboard ini sangat responsif dengan fitur anti ghosting 100%. Sangat nyaman digunakan untuk bermain game atau mengetik. Perbedaannya, Legion 5i Pro membawa lampu backlit dengan pencahayaan warna biru. Bukan lampu backlit RGB seperti Legion 5 Pro.

Audio Lenovo Legion 5i Pro


Di sektor audio Legion 5 Pro membawa speaker 2x2W. Kualitas speakernya mirip dengan Legion 5 Pro. Cukup jernih namun agak sedikit kurang bertenaga. Untuk mendongkrak performa suaranya tersedia fitur Nahimic Audio 3D. Fitur ini menyediakan beragam opsi mode dan efek pengaturan suara.

Lebih detil ulasan desain dan fitur Lenovo Legion 5i Pro yang lain bisa dilihat di review Legion 5 Pro berikut.

Performa Lenovo Legion 5i Pro


Perbedaan yang paling utama Legion 5i Pro dan Legion 5 Pro ada di sektor spesifikasi. Legion 5i Pro yang kami ulas berikut ini datang dengan prosesor Intel Core i7-11800H dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060 6GB. RAM yang dibawanya 16GB. Jika kurang RAM tersebut bisa ditingkatkan hingga besaran 32GB.

Untuk ruang penyimpanannya menggunakan SSD M.2 2280 PCIe 4.0×4 NVMe kapasitas 1TB. Cukup lega untuk menampung semua game dan konten multimedia yang semakin besar dan rakus ruang penyimpanan. Kinerja SSD tersebut juga cepat. Menambah kapasitas ruang penyimpanannya juga dimungkinkan lewat satu slot M.2 SSD cadangan. Hasil benchmark Legion 5i Pro sebagai berikut.

Dari pengujian kami, spesifikasi Legion 5i Pro memang sama kencangnya dengan Legion 5 Pro yang menggunakan prosesor AMD Ryzen. Beragam kebutuhan komputasi dari ringan hingga berat seperti untuk penyuntingan foto dan video bisa ditangani dengan lancar tanpa masalah. Performa gamingnya juga memuaskan.

Beberapa judul game AAA dari Cyberpunk 2077, Shadow Of Tomb Raider, Metro Exodus Enhanced Edition di pengaturan grafis rata kanan masih bisa mendapatkan rata-rata framerate di kisaran 40-60 fps di resolusi Full HD. Jika bermain di resolusi 2K memang sebaiknya pengaturan grafis dan opsi efek lain diatur ke pengaturan medium untuk mendapatkan fps lebih tinggi.

Sistem pendingin Legion 5i Pro


Legion 5i Pro dilengkapi teknologi pendingin Legion Coldfront generasi ketiga. Sistem pendinginnya ini tergolong mumpuni untuk menjaga kinerja sistem tetap stabil saat di kinerja maksimal. Rasa hangat di area permukaan keyboard memang masih cukup terasa. Tapi, tidak menggangu pengalaman gaming secara keseluruhan. Kinerja kipas pendinginnya juga terdengar agak berisik di mode thermal performance. Untuk pengalaman penggunaan yang lebih senyap dan dingin gamer bisa memilih mode quiet atau balance. Mode ini bisa diakses lewat tombol pintas FN+Q atau lewat Lenovo Vantage.

Baterai Legion 5i Pro

Daya tahan baterainya juga rata-rata. Untuk penggunaan non gaming kami menggunakan pengaturan mode Quiet, power saver, hybrid mode aktif, dan mematikan fitur Always On USB Charge.Kemudian, kami juga tidak menyalakan koneksi Bluetooth, Location dan keyboard backlit. Tingkat kecerahan layar diatur 30%.

Dengan pengaturan tersebut untuk browsing dan mengetik dokumen di aplikasi office kami bisa mendapatkan waktu guna hingga nyaris 5 jam. Cukup mirip dengan Legion 5 Pro yang kami uji sebelumnya. Seperti varian Legion yang lain, baterainya turut mendukung fitur Rapid Charge untuk mempersingkat waktu isi ulang baterainya.

Kesimpulan

Dengan bodinya yang berwarna putih, Legion 5i Pro memang memberi penyegaran di segmen laptop gaming yang didominasi laptop berbodi warna gelap. Ini menjadikannya juga bisa menjadi opsi laptop gaming untuk para gamer wanita.

Performanya juga kencang. Sangat andal untuk gaming dan konten kreasi. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 28 jutaan Rupiah, Legion 5i Pro sangat kami rekomendasikan untuk para gamer atau konten kreator yang ingin tampil beda.

Legion 5 Pro cocok untuk:

Gamer: Performa kencang dan layar 2K 16 inci menjadkannya sangat bisa diandalkan untuk game AAA.
Gamer Wanita: Bodinya yang berwarna putih dan lampu backlit berwarna putih menjadikan tampilannya sangat cantik.
Konten kreator: Layar akurat dengan standar cakupan warna sRGB 100% menjadikannya sangat cocok untuk konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video.

+ Warna bodi putih yang cantik
+ Tidak mudah kotor
+ Performa kencang
+ Layar 2K 16 inci 165 Hz
+ Warna layar akurat dan dilengkapi X-Rite Color Assistant untuk kalibrasi warna
+ Kapasitas SSD besar dan masih bisa diekspansi
+ Keyboard nyaman digunakan
+ Dilengkapi Thunderbolt 4
+ Webcam dengan e-shutter untuk privasi

Kekurangan Lenovo Legion 5i Pro:

– Audio kurang bertenaga
– Tidak dilengkapi slot microSD
– Tidak dilengkapi sensor sidik jari atau IR Camera
– Kinerja paling maksimal agak panas
– Baterai agak boros
– Kipas pendingin agak berisik

Jika tidak keberatan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 28 jutaan Rupiah, Legion 5i Pro sangat kami rekomendasikan untuk para gamer atau konten kreator yang ingin tampil beda.
9

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Harga
Final Score