Nikon Luncurkan Aplikasi NX MobileAir dan NX Tether

Nikon mengumumkan kehadiran aplikasi NX MobileAir dan NX Tether. Kedua aplikasi teranyarnya ini menawarkan fungsi berbeda dan dihadirkan untuk lebih mempermudah pengguna kamera Nikon.

svg%3E

Nikon NX MobileAir

Nikon NX MobileAir adalah aplikasi untuk smartphone. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Lewat NX MobileAir Nikon menawarkan solusi tethering kamera Nikon yang kompatibel dengan smartphone. Ini artinya, pengguna bisa memanfaatkan koneksi internet di jaringan 4G atau 5G smartphone untuk mengunggah foto ke server FTP.

svg%3E

Fitur ini akan sangat berguna terutama untuk para foto jurnalis yang sering meliput di lapangan. Dengan NX MobileAir fotografer kini tidak perlu lagi membutuhkan koneksi WiFi ataupun PC untuk sekedar mengirimkan foto. Semuanya kini bisa dilakukan hanya lewat smartphone.

Di NX MobileAir Nikon juga menyediakan dukungan fitur lain. Seperti misalnya penyuntingan foto sederhana, menyisipkan memo suara pada gambar, menambahkan data IPC, dan tersedia opsi pengiriman foto sekaligus dalam jumlah banyak.

svg%3E

Nikon MobileAir kompatibel dengan kamera Nikon Z9 untuk pengguna iOS. Sementara, untuk pengguna Android Nikon MobileAir kompatibel dengan kamera Nikon Z9, Z 7II, Z 6II, Z 50, D6 dan D5.

svg%3E

Nikon Mobile Air akan tersedia dalam waktu dekat di PlayStore dan AppStore. Versi gratisnya menyediakan dukungan album untuk menyimpan hingga 999 foto. Sementara, versi berbayarnya dijual dengan harga US$4.99 per bulan dan pengguna bisa mendapatkan album untuk menyimpan foto dengan jumlah yang tidak dibatasi.

Nikon NX Tether

Aplikasi kedua adalah NX Tether. Beda dengan NX MobileAir, NX Tether hadir untuk pengguna PC. Aplikasi ini kompatibel dengan sistem operasi Windows minimal 8.1 dan untuk macOS minimal 10.14.

svg%3E

NX Tether menawarkan solusi tethering antara kamera Nikon yang kompatibel dengan PC untuk alur kerja yang lebih cepat. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk langsung mengirimkan foto ke PC secara real-time. Pengguna juga bisa melakukan pengaturan kamera untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang konsisten.

svg%3E

Menurut Nikon, NX Tether mendukung semua ekosistem aplikasi Nikon. Seperti misalnya NX Studio, Nikon Image Space, Nikon Picture Control Utility 2 dan masih banyak lagi. NX Tether juga bisa digunakan secara nirkabel ke kamera Nikon yang kompatibel.

Nikon NX Tether bisa digunakan dengan kamera Nikon Z9. Dengan kamera Nikon Z7, Z7 II, Z6, Z6 II, Z5, Z fc, Z50, D780 dan D6 harus menggunakan tambahan wireless transmitter. NX Tether tersedia secara gratis dan bisa didapatkan melalui situs Nikon di sini.

Verified by MonsterInsights