Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10



Redmi 10 menjadi penawaran terbaru dari Xiaomi Indonesia untuk segmen entry-level. Hadir dengan berbagai peningkatan dibanding generasi sebelumnya, ponsel tersebut kini tampil lebih menggiurkan dengan harga yang tetap ramah kantong. Sektor kamera menjadi salah satu sajian utamanya.

Anda yang berminat bisa menyiapkan dana mulai dari 2,1 juta rupiah untuk meminangnya. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Redmi 10.

Kelebihan Redmi 10

1. Nyaman digenggam dan tidak mudah kotor oleh bekas jari

Redmi 10

Redmi 10 adalah perangkat dengan material polikarbonat. Anda akan menemukan tampilan cover belakang yang polos mirip dengan Redmi Note 10, serta tepian yang dibuat melengkung agar memberikan sensasi genggaman lebih mantap.

Dimensi dan bobotnya cukup ideal. Masih nyaman untuk pengguna yang selalu memasukkan smartphone ke saku celana. Asyiknya lagi, cover belakangnya tidak mudah kotor oleh bekas jari.

2. Layar Full HD+ 90Hz

Redmi 10 hadir dengan layar berukuran 6,5 inci. Panel yang digunakan IPS dan mengusung resolusi Full HD+. Yang cukup bikin kaget, Xiaomi kembali menyajikan refresh rate 90Hz pada layar ini. Sebuah daya tarik yang sepertinya belum banyak diberikan oleh ponsel lain dengan harga setara.

3. Kamera 50 MP yang bisa diandalkan

Xiaomi tampaknya ingin membuat standar baru di segmen ponsel entry-level dengan menghadirkan kamera 50 MP pada Redmi 10. Selain tiu, di belakang ada kamera ultra-wide 8 MP, makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 8 MP di depan.

Photo (normal mode) Redmi 10 (8)

Photo (normal mode) Redmi 10 (1)

Photo (normal mode) Redmi 10 (2)

Bagaimana hasil fotonya? Intinya kemampuan kamera Redmi 10 masih khas ponsel 2 jutaan rupiah. Detail yang ditangkap cukup tinggi. Untuk sekadar mengabadikan momen sehari-harinya tentunya sudah memadai. Anda tidak perlu ragu untuk memamerkan hasil foto dengan Redmi 10 di media sosial. Apalagi ketika pemotretan berada di kondisi dengan cahaya yang pas.

4. Performa kencang, cukup ideal untuk gaming

Redmi 10 merupakan ponsel pertama yang dipersenjatai chipset MediaTek Helio G88. Untuk pemakaian sehari-hari saya tidak merasakan ada kendala yang berarti. Performanya mulus dan gesit. Pengoperasian pun terasa begitu responsif.

Gaming pun cukup menyenangkan. PUBG Mobile dengan setting grafis Smooth-Ultra dapat berjalan dengan lancar. Sementara Mobile Legends juga bisa dimainkan dengan setting Ultra dan mode High Frame Rate aktif 60fps.

5. Ada fitur Memory Extension bagi yang membutuhkan RAM lebih lega

Opsi varian memori yang bisa Anda pilih ada dua, yaitu 4/64 GB atau 6/128 GB. Kalau RAM-nya masih kurang, Xiaomi menyediakan fitur Memory Extension untuk menambah RAM 2 GB lagi.

6. Speaker stereo

Ya, Redmi 10 sudah dibekali speaker stereo.

7. Baterai tahan lama

Redmi 10 memiliki kapasitas baterai 5000mAh yang mendukung pengisian cepat 18W dan 9W reverse wired charging. Dengan baterai tersebut, ponsel ini dapat menemani aktivitas saya dengan gaya pemakaian normal hingga sekitar 1,5 hari sebelum harus mengisi ulang daya.

Kekurangan Redmi 10

1. Night mode masih perlu ditingkatkan lagi

Night Mode milik Redmi 10 sebenarnya masih mampu menghasilkan foto yang lumayan terang. Meski begitu, mungkin Xiaomi bisa lebih mengoptimalkannya lagi melalui update software agar foto tampak sedikit lebih detail dan noise-nya bisa lebih diminimalisir.

2. Perekaman video tanpa fitur stabilisasi

Menurut kami cukup wajar untuk kelas harganya. Walaupun begitu, kekurangan ini tetap menjadi poin yang wajib Anda ketahui sebelum membeli agar bisa menjadi bahan pertimbangan.

3. Fungsi auto brightness terkadang kurang pas dalam mengatur kecerahan layar

Satu hal yang agak mengganggu dari layar ponsel ini adalah sensor yang bekerja sebagai penunjang fitur auto brightness. Terkadang kami mendapati sensor kurang pas dalam mendeteksi kondisi cahaya di sekitar. Hasilnya, layar menjadi terlalu gelap atau justru terlalu terang.

4. MIUI ada iklan

Bukan sesuatu yang baru. Tapi kami yakin tidak semua orang bisa memakluminya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *