Kelebihan dan Kekurangan MSI Bravo 15 (B5DD)



Laptop gaming kini menjadi alternatif yang menarik di tengah tingginya harga komponen PC. Dengan dana kurang dari 15 juta rupiah, gamer bisa mendapatkan sebuah laptop dengan performa yang cukup oke untuk menjalankan game-game terbaru. Contohnya MSI Bravo 15 (B5DD).

MSI Bravo 15 (B5DD) merupakan laptop dengan harga mulai dari 12,9 jutaan rupiah. Untuk Anda yang berminat menjadikannya sebagai target belanja, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan MSI Bravo 15 (B5DD):

1. Kualitas rancang bangun terasa solid dan tidak murahan

MSI Bravo 15

MSI Bravo 15 (B5DD) mengusung desain yang cukup futuristik dan sudut-sudut yang tegas, tapi dengan paduan warna yang bisa dibilang minimalis. Kualitas rancang bangunnya terasa solid dan sama sekali tidak mencerminkan laptop gaming entry-level.

2. Layar 144 Hz

MSI Bravo 15 (B5DD) dibekali layar dengan ukuran 15,6 inci IPS-Level Full HD, dengan refresh rate maksimal mencapai 144Hz. Akurasi warna bukan nilai jual utamanya. Tapi untuk gaming, layar ini sudah tergolong memuaskan.

3. Performa gaming oke, sistem pendingin bekerja dengan baik

MSI Bravo 15 (B5DD) dibekali prosesor dengan opsi Ryzen 7 5600H atau Ryzen 7 5800H. GPU yang dibenamkan adalah RX 5500M. Perlu diketahui, unit yang datang ke meja pengujian Yangcanggih sudah menggunakan RAM 16 GB DDR4 3200MHz dual-channel. Sementara untuk versi resmi yang dijual di pasaran adalah 8 GB DDR4 3200MHz single-channel.

Hasilnya, game-game populer seperti Shadow of the Tomb Raider, Red Dead Redemption 2, Forza Horizon 4, Valorant, DOTA 2, Rainbow Six Siege, dan sebagainya bisa dimainkan dengan lancar. Tentunya Anda harus memilih pengaturan grafis yang sesuai untuk masing-masing game.

Untuk urusan pendinginan, MSI Bravo 15 (B5DD) mengandalkan teknologi Cooler Boost 5 dengan dua kipas dan 6 pipa yang mempunyai airflow 15 persen lebih baik. Terbukti, selama bermain suhu tetap stabil dan tidak ada rasa panas yang mengganggu baik di palm rest maupun area WASD.

4. Keyboard nyaman

Keyboard full size pada laptop ini menampilkan desain yang ergonomis dan dibuat dengan solid metal shielding serta key travel 1.7mm. Selama pengujian, keyboard ini terasa cukup responsif dan mampu memberikan tactile feedback yang lumayan mantap.

Kekurangan MSI Bravo 15 (B5DD):

1. Bodi mudah kotor oleh bekas jari

Meski didominasi warna hitam, sayangnya bodi MSI Bravo 15 (B5DD) tetap mudah terlihat kotor karena menjadi magnet sidik jari.

2. Tidak ada card reader

Ya, laptop ini tidak punya card reader. Kurang praktis untuk pengguna yang sering memindahkan foto atau video dari kamera ke PC.

3. Akan lebih menarik jika RAM bawaan langsung dual-channel

Seperti disebutkan sebelumnya, RAM bawaannya masih 8 GB. Kami sarankan Anda meng-upgrade sendiri ke 16 GB agar performa yang ditawarkan jauh lebih optimal.

Your email address will not be published. Required fields are marked *