Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 5G



OPPO Reno6 5G merupakan perangkat yang komplit bagi pengguna yang membutuhkan ponsel kelas menengah dengan desain menawan, performa kencang, dan kamera yang mumpuni. Dengan mengesampingkan harganya yang relatif agak tinggi, harus diakui bahwa OPPO berhasil meracik Reno6 5G menjadi sebuah produk yang benar-benar bagus.

Meski begitu, smartphone ini belum bisa disebut sempurna. Untuk Anda yang berminat meminang OPPO Reno6 5G dalam waktu dekat, ada baiknya untuk menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan OPPO Reno6 5G

1. Mendukung jaringan 5G di Indonesia

OPPO Reno6 5G kompatibel dengan jaringan milik Telkomsel maupun Indosat.

2. Desain nyaman digenggam dan tidak mudah kotor

OPPO menyebut desain Reno6 5G dengan nama Retro Ultra-Slim. Bingkai tengahnya ‘flat-edge’, tidak melengkung seperti saudaranya. Awalnya kami mengira tepian yang dibuat rata ini akan mengganggu kenyamanan saat menggenggam Reno6 5G. Tapi ternyata, yang dirasakan justru sebaliknya.

Didukung dimensi yang ramping dan ringan (bobot 182 gram, ketebalan 7.59mm), OPPO Reno6 5G adalah salah satu ponsel di bawah 10 juta rupiah yang paling nyaman digenggam saat ini. Gradasi warnanya cantik. Selain itu, finishing Reno Glow juga membuat bodi bagian belakangnya tidak mudah kotor oleh bekas jari.

3. Kualitas layar baik

Reno6 5G dibekali layar AMOLED 6,4 inci Full HD+ dengan refresh rate 90Hz. Tampliannya sudah memuaskan untuk penggunaan sehari-hari, termasuk hiburan seperti menonton film HD di Netflix. Ketajamannya bagus, transisinya mulus, dan warna yang disajikan juga terlihat hidup serta menyegarkan dengan cakupan mencapai 93,28 persen DCI-P3 (menurut website OPPO).

4. Kamera oke untuk berbagai kondisi pemotretan

OPPO Reno6 5G dipersenjatai kamera utama 64 MP F/1.7 yang ditemani kamera sudut lebar 8 MP f/2.2 dan kamera makro 2 MP f/2.4. Untuk fotografi, kamera ini tergolong bisa diandalkan karena mampu menghasilkan foto yang tajam, reproduksi warna yang hangat, dan dynamic range yang luas.

Auto - OPPO Reno6 5G (6)

Auto - OPPO Reno6 5G (4)

Night Mode - OPPO Reno6 5G

5. Fitur videografi mantap

Efek bokeh sinematif untuk video merupakan salah satu nilai jual utamanya. Dengan fitur Bokeh Flare Portrait Video, kamera Reno6 5G bisa menciptakan visual yang lebih dramatis yang secara otomatis dapat disesuaikan dengan pergerakan kamera dan subyek photo. Yang menarik, ponsel ini bisa langsung memberikan preview dari video yang dibuat.

Bokeh video - OPPO Reno6 5G

6. Charging 65W yang super cepat

Reno6 5G didukung teknologi pengisian daya 65W SuperVOOC 2.0 yang super cepat. Baterai OPPO Reno6 5G dapat terisi hingga 100 persen hanya dalam waktu 30 menit saja!

7. Performa didukung Dimensity 900, ada fitur Ekspansi RAM

OPPO Reno6 5G mengandalkan chipset terbaru dari MediaTek, yakni Dimensity 900 5G. Ada pula fitur Ekspansi RAM yang dapat menambah RAM hingga 5 GB dari RAM fisik bawaannya yaitu 8 GB. Agar menjaga kinerjanya tetap stabil, OPPO Reno6 5G dibekali Multi-cooling System yang telah ditingkatkan dengan Ultra-large Vapor Chamber 31,68 cm persegi dan ketebalan 0,4mm.

Kinerjanya amat mulus. Membuka berbagai aplikasi dan melakukan multitasking terasa begitu lancar serta gesit. Untuk gaming pun menyenangkan. Semua game populer yang saya coba bisa dimainkan dengan frame rate yang tinggi, terutama berkat sederet fitur yang bisa diakses melalui Game Space.

8. Ada NFC

Butuh NFC? Ada!

Kekurangan OPPO Reno6 5G

1. Tidak ada slot microSD

Walaupun dibekali storage 128 GB, ketiadaan slot microSD menutup opsi bagi pengguna yang ingin memasang kartu memori untuk memperluas ruang penyimpanan data.

2. Speaker belum stereo

Umumnya smartphone di kisaran harga yang sama sudah mengusung speaker stereo. Bahkan yang lebih murah pun banyak. Sayangnya speaker pada Reno6 5G masih mono saja.

3. Akan lebih menarik jika tetap disediakan port audio jack 3.5mm

Sekarang memang musimnya TWS. Tapi kami yakin, masih ada sebagian pengguna yang lebih menyukai headset kabel favoritnya. Di Reno6 5G butuh converter karena ponsel ini tidak memiliki port audio 3.5mm.

4. Harga kurang kompetitif

Sekilas berbagai keunggulan dari ponsel ini memang tampak menggiurkan. Tapi kalau bicara persaingan harga, banderol Reno6 5G menurut kami agak kurang kompetitif.

Your email address will not be published. Required fields are marked *