DJI Ronin 4D: Kamera Sinema 8K Mutakhir dengan Gimbal 4-Axis Pertama di Dunia

Persaingan kamera sinema semakin sengit. Lewat DJI Ronin 4D untuk pertama kalinya DJI kini mendobrak standar kamera sinema. Kamera ini membawa sederetan teknologi dan inovasi baru yang belum pernah ada di kamera sinema manapun.

svg%3E

Fitur DJI Ronin 4D

DJI Ronin 4D adalah satu paket lengkap kamera sinema. Artinya, satu unit Ronin 4D sudah terdiri dari kamera dengan sensor full frame, gimbal 4 axis, sistem focus LIDAR, transmisi video dan sistem kendali terintegrasi. Dengan begitu, produksi film atau video akan lebih efisien dan semudah mungkin bisa menghasilkan pergerakan kamera yang lebih impresif.

svg%3E

Menurut DJI, Ronin 4D mengadopsi platform sinematis paling canggihnya yang bernama CineCore 3.0. Platform ini mampu memungkinkan kamera untuk merekam video RAW di resolusi 8K dengan reproduksi warna sangat akurat, sederetan fungsi dengan dukungan teknologi AI, dan mendukung sistem pemantauan multi-link dengan kendali latensi rendah.

Kamera Zenmuse X9

Di sektor kamera DJI Ronin 4D membawa kamera Zenmuse X9 yang langsung terpasang pada gimbal. Modul kamera Zenmuse X9 hadir dengan sensor full frame. DJI menyediakan dua opsi kamera yakni Zenmuse X9-6K dengan kemampuan rekam video 6K dan Zenmuse X9-8K untuk perekaman video 8K.

svg%3E

Zenmuse X9 mendukung perekaman video dengan codec H.264. Keduanya juga bisa langsung merekam internal dengan format Apple ProRes dan ProRes RAW. Zenmuse X9-6K bisa merekam video hingga resolusi 6K 60 fps, dan 4K di 120 fps. Sementara, Zenmuse X9-8K bisa merekam hingga resolusi 8K 75fps.

Sensornya ini menjanjikan cakupan dynamic range lebih dari 14 stop. Dukungan ISO dual native di ISO 800 dan ISO 5000 juga tersedia yang menjadikannya sangat andal di segala kondisi pencahayaan. Sekalipun di kondisi yang sangat minim cahaya.

Berkat DJI Cinema Color System (DCCS) Zenmuse X9 diklaim mampu merekam dengan warna yang sangat konsisten dan tonal warna kulit yang sangat natural. Untuk mendukung pengambilan gambar di kondisi yang sangat terang Zenmuse X9 dilengkapi 9 filter ND terintegrasi yang bisa dipilih dari ND2 hingga ND512.

svg%3E

Untuk ekosistem lensa Zenmuse X9 bisa menggunakan lensa dengan DL-mount dari DJI dan M-mount dari Leica. Belum ada informasi lebih lanjut apakah DJI akan menyediakan aksesoris adapter atau mount yang mendukung eksositem lensa dari pabrikan kamera lain.

Gimbal 4-Axis

svg%3E

Masuk ke area gimbalnya, Ronin 4D adalah kamera sinema pertama di dunia yang langsung dilengkapi gimbal 4-axis. Gimbalnya ini sangat canggih dengan teknologi Z-axis pertama di industri yang mampu menghilangkan goyangan kamera vertikal secara efektif.

DJI juga mengadopsi teknologi drone miliknya ke gimbal ini. Teknologi yang dipinjam seperti sensor ToF sensor, sensor dual-visor, sensor IMU dan barometer. Semua sensor tersebut dihadirkan untuk menghadirkan kemampuan stabilisasi yang terbaik di kelasnya.

Sistem Focus LiDAR

svg%3E

svg%3E

Fitur DJI Ronin 4D yang inovatif lainnya adalah sistem focus yang bernama LiDAR Range Finder. Mengandalkan teknologi laser pengguna bisa mendapatkan pengalaman pengaturan focus yang jauh lebih cepat dan presisi. LiDAR Autofocus menyediakan tiga mode kendali focus yakni Manual, Autofocus, dan Automated Manual Focus (AMF) mode.

svg%3E

Di mode Autofocus dan AMF sistem focus yang dibawanya secara otomatis akan mengirimkan 43.200 titik focus dari jarak sejauh 10 meter untuk melacak subyek secara cepat dan akurat. Hal ini tentu tidak dimungkinkan sebelumnya di kamera manapun mengingat dari jarak sejauh itu sistem focus mungkin tidak akan berfungsi karena kurang cahaya.

svg%3E

Mode Automated Manual Focus (AMF) juga sangat unik. Di mode ini sistem focus akan melacak subyek secara otomatis saat perekaman video. Jika dibutuhkan kamera operator juga dimungkinkan untuk langsung mengambil alih pengaturan focus. Untuk mendukung kendali focus manual dan AMF ini, DJI menyediakan monitor khusus yang akan mempermudah sinematografer untuk mengatur focus dengan sangat presisi.

Sistem pemantauan multi-link dengan kendali latensi rendah

svg%3E

DJI Ronin 4D dilengkapi teknologi transimi video O3 Pro. Teknologi ini memungkinkan kamera mengirimkan gambar 1080p 60fps ke layar terpisah hingga jarak sekitar 6 Km. Dengan tingkat latensi yang rendah artinya gambar yang terkirim akan sangat mulus dan minim delay. Selain itu, kemampuan transmisi videonya ini juga telah dilengkapi dengan fitur pengaman enkripsi AES 256-bit.

O3 Pro mengandalkan frekuensi 2,4GHz dan 5.8 GHz dengan dukungan frekuensi DFS. DFS berguna untuk meningkatkan kemampuan pengiriman gambar yang lebih stabil dan tahan terhadap gangguan frekuensi sinyal di tempat yang ramai atau terhalang struktur bangunan.

svg%3E

DJI Ronin 4D juga mendukung penggunaan monitor eksternal. Tapi, ekosistem Ronin 4D juga sudah langsung didukung monitor nirkabel berukuran 7 inci dengan tingkat kecerahan 1500 nits. Berbeda dengan monitor eksternal lain, monitor besutan DJI ini dilengkapi giroskop. Dengan begitu, monitor ini bisa difungsikan sebagai kendali gerak kamera Ronin 4D.

Untuk mendukung fungsinya tersebut monitor ini telah dilengkapi slot microSD untuk ruang penyimpanan, Ronin 4D hand grip, DJI Master Wheels, DJI Force Pro dan DJI Three-Channel Follow Focus. Hal menarik lain penggunaan multi monitor juga masih dimungkinkan menyesuaikan kebutuhan produksi.

Ruang penyimpanan, audio dan baterai

svg%3E

Ronin 4D mendukung tiga opsi ruang penyimpanan yakni USB SSD, CFExpress Type-B dan DJI PROSSD. DJI PROSSD adalah SSD besutan DJI yang menawarkan kapasitas 1TB dengan performa terbaik untuk ruang penyimpanan di resolusi maksimum dan frame rate tinggi.

Untuk sektor audionya dilengkapi mikrofon terintegrasi yang mendukung audio 2-channel 240bit dan tersedia dua port headphone 3.5mm. Kamera ini juga telah membawa dua port XLR.

Sementara, asupan tenaganya mengandalkan baterai yang sama seperti baterai DJI Ronin 2 dan Inspire 2. Baterai tersebut bisa digunakan hingga sekitar 2,5 jam untuk perekaman video.

Harga DJI Ronin 4D

DJI Ronin 4D rencananya akan tersedia di pasaran bulan Desember 2021. Harga DJI Ronin 4D 6K US$7100 atau sekitar 101 Juta Rupiah. Sementara, untuk Ronin 4D 8K harganya US$11499 atau sekitar 162 Jura Rupiah.

Verified by MonsterInsights