Tips Bikin Video Keren dengan OPPO A16



Membuat konten video yang keren tidak harus menggunakan kamera DSLR atau smartphone flagship yang harganya bikin kantong jebol. Ponsel terjangkau seperti OPPO A16 pun bisa diandalkan, terutama jika Anda tau cara memaksimalkan berbagai faktor pendukung lainnya seperti pencahayaan dan proses editing atau penyuntingan.

Dengan berbekal kamera OPPO A16, Anda bisa berkreasi membuat video-video pendek yang menarik untuk dipamerkan di media sosial seperti TikTok. Siapa tahu, dari yang sekadar hobi, suatu saat video Anda bisa viral dan membuka jalan ke sebuah kesempatan yang lebih besar.

Nah, jika untuk Anda yang baru ingin memulai untuk menjadi seorang kreator konten dan kebetulan juga baru meminang OPPO A16, langsung saja simak beberapa tips berikut ini:

1. Usahakan selalu gunakan kamera belakang

OPPO A16

Umumnya, ponsel terjangkau seperti OPPO A16 punya kamera belakang yang kualitasnya lebih baik dibanding kamera depan. Smartphone ini didukung kamera utama 13 MP yang punya sudut lebar 80 derajat dengan fokus otomatis.

Kamera belakang OPPO A16 mampu merekam video hingga resolusi Full HD di 30fps. Di atas kertas, sudah ideal untuk nantinya diunggah ke TikTok atau bahkan YouTube. Kalau memang harus menggunakan kamera depan, usahakan untuk merekam dengan kondisi pencahayaan yang baik. Ngomong-ngomong soal pencahayaan, yuk kita lanjut ke tips nomor dua!

2. Perhatikan pencahayaan! Jika diperlukan, tambahkan ring light

Ya, pencahayaan adalah salah satu faktor yang paling menentukan hasil dari sebuah foto maupun video. Cahaya natural dari sinar matahari merupakan opsi terbaik jika Anda enggan mengeluarkan dana lebih untuk membeli perlengkapan lighting.

 

Meski begitu, Anda wajib mengetahui kapan waktu yang paling pas untuk merekam dengan bantuan sinar matahari. Usahakan untuk merekam di pagi atau sore hari, karena sinar mataharinya akan lebih soft. Saat ingin membuat konten di rumah, Anda bisa merekam di area teras atau di dekat jendela arah sinar matahari masuk. Yang penting, jangan membelakangi arah datangnya cahaya.

Lalu, bagaimana jika butuh merekam di ruangan dengan pencahayaan minim atau malam hari? Anda bisa membeli alat tambahan seperti ring light yang sudah banyak dijual dengan harga yang cukup terjangkau di berbagai e-commerce.

3. Gunakan tripod atau gimbal

Sebagai ponsel dengan harga yang tergolong murah, wajar jika OPPO A16 belum dibekali fitur stabilizer seperti OIS atau EIS. Kami sarankan Anda untuk membuat konten video dengan kondisi perangkat diam alias tidak bergerak.

Anda bisa menggunakan alat tambahan seperti tripod untuk memudahkan mendapatkan sudut pengambilan gambar yang lebih pas. Di e-commerce, banyak tripod kelas entry-level yang dijual dengan harga murah. Bahkan, ada yang hanya puluhan ribu rupiah saja.

Kalau Anda ingin membuat video sambil bergerak, misalnya vlog jalan-jalan, Anda bisa membeli gimbal untuk menjaga agar gambar tetap stabil. Perlu diketahui, harga gimbal biasanya lumayan mahal, meski ada juga yang murah di kisaran 500 ribu rupiah.

4. Maksimalkan proses editing lewat Soloop

Tips terakhir adalah selalu memaksimalkan proses penyuntingan alias editing sebelum mengunggah konten video ke media sosial. Jangan khawatir bila Anda sama sekali tidak punya kemampuan editing video. Di OPPO A16, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bernama Soloop.

Di SoLoop, Anda hanya perlu memilih file mana saja (bisa video maupun foto) yang ingin mereka satukan menjadi sebuah karya. Nantinya, Soloop secara cerdas akan menambahkan musik sesuai dengan waktu dan transisi yang ideal.

SoLoop menyediakan banyak pilihan Smart Template bawaan yang bisa Anda pilih sesuai selera. Di dalamnya sudah termasuk efek transisi, teks, filter, hingga musik. Tool sederhana seperti Trim untuk memotong bagian video yang tidak penting juga ada. Aplikasi yang sangat mudah digunakan.

Itulah beberapa tips sederhana untuk membuat video yang keren menggunakan OPPO A16. Selain seri A16, tips di atas juga bisa Anda terapkan pada berbagai smartphone OPPO seri lainnya yang ada di pasaran saat ini.

Sekadar informasi, OPPO A16 baru saja kedatangan varian baru dengan memori 4/64 GB serta warna Pearl Blue. Harganya Rp2.499.000. Untuk varian 3/32 GB, harganya Rp1.999.000. Smartphone ini didukung layar 6,52 inci dengan Eye Care Display, baterai 5.000 mAh, serta sertifikasi IPX4 yang artinya tahan terhadap percikan air.

Your email address will not be published. Required fields are marked *