OPPO Luncurkan ColorOS 12 Versi Global



OPPO baru saja mengumumkan soal sistem operasi teranyarnya, ColorOS 12, yang kini sudah tersedia secara global. Menurut OPPO, OS tersebut bertujuan untuk menghadirkan pengalaman mulus yang serupa dengan stock Android 12. Seperti apa?

Utamakan kenyamanan dan daya tahan perangkat

ColorOS 12

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, Selasa (12/10), OPPO menjelaskan bahwa ColorOS 12 mengedepankan kenyamanan dan daya tahan perangkat. OPPO mengklaim, ColorOS 12 mampu mengurangi lag dan stutter bahkan setelah perangkat digunakan dalam waktu yang lama.

ColorOS 12 dibekali teknologi anti-fragmentation dan intelligent resource allocation, yang menjanjikan masa hidup perangkat menjadi lebih lama dengan 2,75 persen system ageing rate dalam 3 tahun, penggunaan memori 30 persen lebih rendah, dan konsumsi baterai 20 persen lebih efisien.

OPPO Infinite Design

ColorOS 12

Sistem operasi yang mengusung konsep OPPO Infinite Design ini menawarkan tampilan yang ringan dan bisa dikustomisasi. Desain ikon dan animasinya lebih lembut. Ada pula information framework yang dapat disesuaikan dengan berbagai bahasa dan budaya, serta framework yang dapat disesuaikan dengan format telepon yang berbeda.

Yang tidak kalah menarik, ColorOS 12 memiliki Quantum Animation Engine dengan lebih dari 300 animasi. Dengan memanipulasi gerakan resistensi, inersia dan memantul, fitur tersebut membuat pengalaman keseluruhan lebih halus dan lebih selaras dengan kognisi dan kebiasaan otak manusia.

Fitur produktivitas dan privasi

ColorOS juga memiliki sejumlah fitur yang mudah diakses dan dijanjikan dapat meningkatkan produktivitas penggunanya, seperti PC Connect, 3-Finger Translate powered by Google Lens, FlexDrop, dan Phone Manager.

Untuk meningkatkan privasi atau keamanan penggunanya, ColorOS 12 dipersenjatai fitur seperti Privacy Dashboards, Approximate Location Sharing, dan Microphone and Camera Indicators. Selain itu, sejumlah fitur yang dikembangkan oleh OPPO tetap ada, seperti Private System, Private Safe, App Lock, dan lainnya.

Soal transparansi, OPPO menerapkan ata compliance dan memiliki sejumlah server yang tersebar di seluruh dunia. OPPO dapat menjamin bahwa data pengguna akan tetap berada di server terdekat yang disimpan dalam non-plain text format dan dikirimkan menggunakan proprietary protocol. OPPO telah menerima sertifikasi keamanan seperti EPRivacy dan ISO27001 dan bermitra dengan third-party supervisor untuk memastikan keamanan data dan proses kepatuhan.

Versi public beta dirilis di Indonesia

OPPO akan meluncurkan ColorOS 12 public beta untuk pertama kalinya hari ini di Indonesia, Thailand, dan Malaysia melalui Find X3 Pro 5G. ColorOS 12 kemudian akan terus dikembangkan dan tersedia pada perangkat lain dan negara lain pada tahun tahun 2021 dan 2022. OPPO menargetkan agar ColorOS 12 dapat diunduh pada 110 juta perangkat dan menjangkau 150 juta pengguna.

Your email address will not be published. Required fields are marked *