[Gadget Guide] 5 Ponsel Terbaik OPPO di Bawah 5 Juta Rupiah untuk Sekolah Online



OPPO dikenal sebagai salah satu brand yang memiliki lini produk lengkap untuk menjangkau tipe pengguna yang berbeda-beda. Dari entry-level yang harganya ramah kantong hingga kelas flagship dengan hardware canggih, semua tersedia secara resmi di Indonesia.

Untuk kebutuhan sekolah bagi para pelajar, setidaknya ada 5 seri smartphone yang ideal dan dibanderol dengan harga kurang dari 5 juta rupiah. Apa saja ponsel yang dimaksud? Langsung saja simak daftar di bawah ini!

1. OPPO A16

OPPO A16

OPPO A16 adalah salah satu jagoan terbaru OPPO di keluarga A-series. Harganya cukup terjangkau, yakni mulai dari 1,999 juta rupiah. Meski begitu, OPPO A16 dibekali beberapa fitur menarik yang membuatnya cocok untuk kebutuhan sekolah.

Sebut saja layar besar 6,5 inci yang didukung teknologi Eye Care Display. Menurut OPPO, fitur tersebut mampu membuat layar tetap nyaman dipandang di berbagai kondisi ruangan, sehingga mata pengguna tidak cepat lelah. Fitur yang bermanfaat untuk belajar daring.

Baterainya juga besar, 5.000 mAh, dengan daya tahan mencapai 1 hingga 2 hari (tergantung pemakaian). Soal kamera, sensor utama 13 MP yang dimiliki OPPO A16 sudah cukup oke untuk digunakan memotret maupun merekam video, misalnya ketika ingin membuat tugas sekolah.

Bagi yang berminat, OPPO A16 dijual dengan harga Rp1.999.000 untuk varian 3/32 GB dan Rp2.499.000 untuk varian terbaru dengan memori 4/64 GB. OPPO juga memperkenalkan warna Pearl Blue khusus untuk model 4/64 GB, selain dua opsi warna lainnya yakni Crystal Black dan Space Silver.

2. OPPO A54

Selanjutnya ada OPPO A54, smartphone dengan layar punch-hole 6,51 inci yang juga didukung fitur Eye Comfort. Perangkat ini menawarkan teknologi Oswap yang mampu membuat RAM 4 GB bawaannya bekerja layaknya RAM 6 GB. Selain itu, pilihan storage internalnya lega, yakni hingga 128 GB.

Smartphone dengan triple-camera ini bisa diandalkan di berbagai kondisi. Membuat tugas akan terasa lebih menyenangkan, terutama berkat kemampuan Night Mode-nya yang cukup berguna ketika pencahayaan ruangan kurang baik.

Sama seperti OPPO A16, OPPO A54 memiliki sertifikasi IPX4 yang artinya tahan cipratan air. Bodinya pun kokoh. Rangka tengahnya setebal 0,2mm dan memiliki bingkai aluminium. OPPO juga melakukan optimalisasi dengan meletakkan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan.

Bagi yang berminat, OPPO A54 dijual dengan harga mulai dari Rp2.499.000.

3. OPPO A74

Di atas OPPO A54 ada OPPO A74 yang punya fitur canggih bernama RAM Expansion. Fitur ini memungkinkan pengguna menambah dan memperbesar kapasitas RAM hingga total menjadi 11 GB! Cocok untuk pelajar yang membutuhkan perangkat untuk multitasking dan membuka banyak aplikasi sekaligus.

Soal spesifikasi lainnya, OPPO A74 dipersenjatai chipset Snapdragon 662, layar AMOLED 6,43 inci FHD+, kamera utama 48 MP, kamera selfie 16 MP, serta baterai 5.000 mAh lengkap dengan dukungan 33W Fast Charge yang mampu mengisi daya hingga 100 persen penuh dalam waktu hanya 72 menit saja.

Bagi yang berminat, OPPO A74 dijual dengan harga resmi Rp3.399.000. Sudah lebih murah dibanding ketika pertama kali diluncurkan di Indonesia. Perangkat ini tersedia dalam dua warna Prism Black dan Midnight Blue.

4. OPPO A74 5G

Untuk pelajar yang ingin merasakan teknologi jaringan terbaru yaitu 5G, OPPO A74 5G layak menjadi pilihan. Berbekal chipset Snapdragon 480 dengan modem 5G tabg mendukung mode ganda, Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA), ponsel ini kompatibel dengan jaringan 5G milik Telkomsel maupun Indosat Ooredoo.

Bukan hanya menjanjikan kecepatan tinggi berkat dukungan 5G, chipset OPPO A74 5G juga menawarkan kinerja yang kencang untuk berbagai kebutuhan. Menghadiri sekolah online, menonton video penjelasan materi, hingga mengerjakan tugas dari guru akan terasa lebih lancar.

Smartphone dengan layar punch-hole 6,49 inci Full HD+ 90Hz ini juga didukung RAM LPDDR4X sebesar 6 GB, serta storage UFS 2.1 berkapasitas 128 GB. Kamera utamanya 48 MP f/1.7, dengan kamera pendamping berlensa sudut lebar 8 MP f/2.2, kamera mono 2 MP, dan kamera macro 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 16 MP di depan.

Bagi yang berminat, OPPO A74 5G dijual dengan harga Rp3.999.000.

5. OPPO Reno5 F

Mengakhiri daftar dari panduan belanja kali ini, smartphone terbaik OPPO di bawah 5 juta rupiah versi Yangcanggih.com yang cocok untuk sekolah online adalah OPPO Reno5 F. Ya, Reno5 F merupakan salah satu anggota dari seri Reno generasi sebelum Reno6. Walaupun begitu, dari segi hardware dan fitur, Reno5 F tetap masih amat relevan untuk penggunaan di tahun 2021 dan ke depannya. Dan kalau Anda masih ingat, ponsel ini memang baru dirilis sekitar bulan Maret 2021, lho!

OPPO Reno5 F merupakan ponsel dengan desain yang trendi, ramping, dan ringan. Cocok untuk anak muda yang ingin selalu tampil gaya. Untuk kebutuhan belajar, perangkat ini menawarkan kinerja kencang berkat chipset Helio P95. Layarnya pun mantap, AMOLED 6,43 inci plus dukungan All-day AI Eye Comfort agar mata tidak cepat lelah saat belajar dengan durasi yang lama.

OPPO Reno5 F dibekali quad-camera dengan sensor utama 48 megapixel yang ditemani kamera ultra-wide 8 megapixel, kamera makro 2 megapixel, dan kamera mono 2 megapixel. Untuk yang gemar selfie, ada kamera 32 megapixel di depan. Tugas-tugas sekolah yang butuh foto maupun video akan dapat dibuat dengan kualitas yang jernih dan terang. Tidak ketinggalan, ada pula teknologi 30W VOOC Flash Charge untuk pengisian daya berkecepatan tinggi.

Bagi yang berminat, OPPO Reno5 F kini bisa dibeli dengan harga hanya Rp4.099.000 saja. Sudah jauh lebih murah dibanding ketika pertama kali hadir di Indonesia!

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *