Review Olike Edutab E3

Tablet Android untuk Edukasi Anak dengan Layar Besar dan Konektivitas 4G



Tablet PC kembali mulai dilirik pengguna. Ini karena layar tablet PC yang besar bisa sebagai alternatif laptop untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara daring di rumah. Melihat peluang inilah Olike meluncurkan tablet Edutab E3. Penasaran bagaimana performa tablet PC ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Desain Olike Edutab E3

Olike Edutab E3 adalah tablet yang dirancang untuk anak-anak. Tapi, secara desain tablet ini tergolong standar seperti tablet umumnya. Tidak ada yang istimewa di desainnya.

Di bagian muka panel layar sentuhnya yang berukuran 10.1 inci dibingkai dengan bezel berbahan plastik. Bezelnya yang tebal menjadikan tampilannya memang kurang kekinian. Di bezelnya tersebut terdapat kamera depan dengan resolusi 5 megapixel.

Secara keseluruhan rancangan bodinya cukup baik. Bobotnya yang sekitar 505.8 gram cukup ringan dan ideal digunakan oleh anak-anak. Tapi, sebagai orang tua juga wajib waspada. Pasalnya, bagian belakang bodinya cukup licin. Rawan slip untuk pengguna anak-anak. Apalagi yang sangat aktif bergerak. Di bagian belakang bodinya ini bisa ditemukan kamera dengan resolusi 13 megapixel.

Port konektivitas dan penempatan tombol semua ditempatkan di samping kanan bodi. Port yang dibawanya terdiri dari USB-C dan audio jack 3.5mm. Tersedia juga slot untuk memasang kartu SIM dan microSD yang menjadi nilai tambah.

Layar Olike Edutab E3


Olike Edutab E3 hadir dengan panel layar sentuh IPS 10.1 inci. Tampilan di layarnya tajam berkat resolusi layar Full HD 1920 x 1080 pixel.

Respon layar sentuhnya dengan sentuhan jari tergolong baik. Sementara, tingkat kecerahan layarnya juga cukup tinggi. Ideal untuk penggunaan di dalam atau luar ruangan. Panel layarnya yang besar ini memang lebih nyaman untuk beragam kebutuhan dari belajar, menikmati konten multimedia hingga bermain game.

Fitur Olike Edutab E3

Seperti tablet ramah anak umumnya beragam fitur pengaman untuk membatasi penggunaan tablet pada anak bisa ditemukan di Olike Edutab E3. Olike menyiapkan manajemen tablet ini lewat aplikasi bernama Olike Edu. Melalui aplikasi tersebut orang tua dapat mengawasi penggunaan tablet oleh Anak lewat smartphone mereka.

Dari detil aplikasi Olike Edu yang kami baca di toko aplikasi PlayStore, Olike Edu apps memungkinkan orang tua untuk membuat jadwal penggunaan tablet, mengatur waktu penggunaan, memilih aplikasi yang bisa diakses, mengetahui lokasi tablet, dan membuat daftar akses pengguna tablet Olike Edutab E3.

Ide dan fitur yang ditawarkan memang sangat baik. Semua fitur tersebut memang berguna untuk memantau dan membatasi penggunaan tablet pada anak. Apalagi, bisa dipantau secara remot lewat ponsel orangtua.

Tapi, pada prakteknya aplikasi ini cukup membingungkan. Dari pengujian kami, setelah proses menghubungkan tablet Olike Edutab E3 ke ponsel lewat pemindaian bar code berhasil, aplikasi di ponsel tidak menampilkan menu atau akses ke fitur-fitur tersebut. Sementara, di tablet hanya tersedia tabel weekly plan.

Untunglah tablet ini menjalankan Android 11. Tidak bisa dimungkiri sistem operasinya yang kekinian memang menjadi salah satu daya tariknya. Setidaknya, Anda masih bisa memanfaatkan fitur-fitur Android 11 seperti Digital Wellbeing dan Parental Control untuk memonitor penggunaan tablet ini pada anak. Dukungan mode gelap, pengingat jarak pandang dan mode hitam putih juga tersedia yang berguna untuk melindungi mata anak-anak. Atau, bisa juga memanfaatkan aplikasi pihak ketiga lain yang tersedia di Play Store.

Antarmuka Android 11 yang dijalankannya juga mendekati antarmuka Android 11 murni yang sederhana. Jadi, mudah untuk digunakan tanpa banyak aplikasi-aplikasi bawaan yang menggangu. Satu nilai tambah Olike Edutab juga mendapat dukungan konten lokal khusus edukasi yakni Ruangguru dan beragam aplikasi edukasi lain.

Performa Olike Edutab E3

Olike Edutab E3 ditenagai chipset octacore Helios P35 dari pabrikan MediaTek. RAM yang didukungnya 4GB dengan memori internal 64GB. Jika kurang tersedia slot kartu memori microSD yang bisa dipasang kartu memori hingga 512GB. Benchmark Olike Edutab E3 bisa dilihat berikut ini.

Spesifikasinya tersebut sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari sebagai sarana belajar atau bermain anak. Kamera depan dengan resolusi 5 megapixel yang dibawanya juga cukup memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Bagi orang tua yang ingin menggunakan tablet ini untuk mendukung produktivitas atau menikmati konten multimedia juga cukup bisa diandalkan. Keunggulan lain, tablet ini telah mendukung penggunaan kartu SIM yang berjalan di jaringan 4G. Jadi, sangat ideal untuk dibawa kemana saja dan akses internet tidak perlu bergantung pada WiFi.

Untuk baterainya Olike Edutab E3 ditenagai baterai yang kapasitasnya 7200mAh. Pengujian sintetis dengan aplikasi benchmark baterai PC Mark dengan tingkat gelap terang 50% dan terhubung ke WiFi waktu gunanya sekitar 6 jam 38 menit. Memang bukan yang terbaik. Pada prakteknya untuk penggunaan yang tidak terlalu intens daya tahan baterainya masih bisa tahan seharian. Baterainya ini juga belum mendukung fast charging atau isi ulang cepat. Isi ulang baterainya hingga penuh sekitar 3 jam.

Kesimpulan

Tablet PC ramah anak memang saat ini sudah cukup banyak tersedia di pasaran. Fitur yang ditawarkan juga cukup beragam. Walau fitur parental control yang dibawanya kurang optimal, Olike Edutab E3 tetap cukup menarik dengan layar IPS yang besar, Android 11 dan dukungan konektivitas 4G. Ini menjadikannya cukup serbaguna dan bisa akses internet di mana saja. Ideal untuk sarana edukasi anak-anak dan bisa untuk mendukung produktivitas orang tua. Harga tablet ini yang ada di kisaran 3,799jt memang tidak murah jika dibandingkan tablet ramah anak dari pabrikan lain. Tapi, jika memerlukan layar besar dan konektivitas 4G Olike Edutab E3 wajib dipertimbangkan.

Olike Edutab E3 Cocok untuk:

Pelajar: Tablet ideal untuk para pelajar hingga tingkatan SD. Layarnya yang besar dan spesifikasinya sudah cukup untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara daring sebagai pengganti laptop.

Keluarga: Tablet ini juga bisa menjadi tablet keluarga. Dengan konektivitas 4G Anda bisa membawanya ke mana saja untuk mengakses konten hiburan atau mendukung produktivitas tanpa perlu bergantung pada WiFi.

Kelebihan Olike Edutab E3:
+ Layar IPS Full HD 10.1 inci
+ Memori internal 64GB cukup besar
+ Tersedia slot microSD
+ Android 11
+ Konektivitas 4G
+ USB-C

Kekurangan Olike Edutab E3:
– Bodi agak licin
– Desain kurang kekinian
– Aplikasi Olike Edu kurang optimal
– Baterai relatif boros
– Belum mendukung isi ulang cepat
– Harga relatif mahal

Harga tablet ini memang tidak murah jika dibandingkan tablet ramah anak dari pabrikan lain. Tapi, jika memerlukan layar besar dan konektivitas 4G Olike Edutab E3 wajib dipertimbangkan.
7

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score