Review realme TV 50 inch (RMV2005)



8.6

Era pandemi yang memaksa sebagian besar penduduk dunia lebih banyak beraktivitas di rumah juga menyadarkan bahwa berlama-lama menonton film di layar ponsel atau layar laptop. Untuk pengalaman hiburan terbaik, televisi dengan ukuran besar masih menjadi solusi terbaik di rumah.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat mencari televisi untuk keperluan hiburan? Salah satunya tentu adalah fitur Smart TV yang kini semakin mudah ditemukan di TV harga terjangkau sekalipun. Seperti Realme TV 4K terbaru berikut ini.

Fitur realme TV 50″

TV pintar dari realme ini menggunakan OS Android versi 10 untuk TV. Ini berarti Anda tidak perlu pusing saat ingin memasang aplikasi streaming atau pemutar film yang lengkap tersedia di Play Store. Anda juga bisa masuk ke akun Google di TV untuk menyelaraskan beberapa aplikasi, seperti playlist atau daftar pencarian di YouTube.

Sebagai TV yang ditujukan untuk kebutuhan hiburan, realme TV 50″ ini telah dilengkapi banyak fitur yang biasanya ditemukan di TV kelas atas yang jauh lebih mahal. Sebut saja fitur Dolby Vision yang dapat mengoptimalkan tampilan film yang mendukung fitur ini, serta DTS dan Dolby Atmos yang memberikan tata suara surround virtual dari speaker internal TV untuk film yang mendukungnya.

Pengaturan beragam fungsi TV ini amat sederhana dan mudah dicerna. Ini juga terpancar dari desain remote yang minimalis. Contoh, tekan tombol dengan ikon tiga garis dan opsi pengaturan gambar dan suara akan muncul di sudut kanan bawah.

Remote ini juga mendukung Google Assistant sehingga Anda bisa mengucapkan perintah ke remote untuk menjalankan fungsi di TV. Menu pengaturan fungsi lainnya juga tidak kompleks, mengingat realme TV ini hanya memberikan pengaturan yang mendasar seperti gambar, suara, koneksi, serta pengaturan fitur-fitur bawaannya.

Anda bisa memilih mode tampilan gambar atau mengatur tampilan sesuai selera, mulai dari tingkat kecerahan, kontras, dan warna. Tersedia juga setting preset untuk berbagai skenario pemakaian yang hasilnya amat berbeda. Misalnya, pada setting Film, warna yang ditampilkan cenderung warm dan tidak mencolok mata. Memilih Vivid, dan semua warna akan ditampilkan dengan matang dan lebih dalam.

Kualitas gambar

Kami mencoba memutar berbagai film dari Disney+ Hotstar dalam resolusi Full HD dan hasilnya termasuk memuaskan untuk sebuah TV 50 inci di harga 6 jutaan rupiah. TV ini mampu menampilkan warna hitam yang cukup pekat, walaupun masih terlihat abu-abu pada adegan film yang amat gelap. Menggunakan preset Film menjadi resep mudah untuk menikmati tontonan film dengan nyaman.

Sebagian film di Disney+ Hotstar juga telah mendukung Dolby Vision sehingga dapat menampilkan film Dolby Vision dalam tampilan HDR yang memiliki dynamic range lebih luas dibandingkan film biasa. Saat memutar konten 4K, kami juga cukup puas dengan TV realme ini.  Gambar terlihat tajam dengan noise yang tidak mengganggu di beberapa kondisi.

Kami juga menikmati bermain game Nintendo Switch seperti Mario Kart dan Super Smash Bros di resolusi Full HD. Dengan pengaturan setting gambar manual, kami bisa mendapatkan gambar yang enak dipandang dan tidak membuat mata lelah.

Kualitas suara dari speaker internalnya termasuk biasa saja. Dialog dapat diperdengarkan cukup jernih tapi agak menusuk telinga saat memperdengarkan nada suara yang tinggi di volume yang keras. Tidak ada subwoofer atau woofer di TV ini. Jadi tidak perlu bingung kenapa tidak ada dentuman bass menggelegar saat memutar film aksi.

Menariknya realme TV 50″ ini dapat memutar konten dengan tata suara Dolby Atmos True HD. Efek surround Dolby Atmos memang tidak terlalu terasa, tapi masih dimaklumi mengingat efeknya disimulasikan dari speaker TV yang kecil. Tapi setidaknya Anda dapat memutar berbagai konten dalam Dolby Atmos dan DTS tanpa kendala di TV ini.

Desain realme TV

Tidak ada yang istimewa dari desain TV ini, selain bingkainya yang termasuk tipis untuk harganya. Proses pemasangan stand plastiknya juga cukup mudah. Walaupun bahannya plastik, stand ini terasa kokoh dan mampu menopang layar dengan baik.

Beragam koneksi penting seperti HDMI dan USB yang ada di belakang ditempatkan agak ke tengah. Ini agak menyulitkan jika TV diposisikan berdekatan dengan tembok. Kelengkapan koneksi sendiri cukup baik, dengan adanya 2 port USB, 1 port HDMI Arc dan dua port HDMI biasa, optical audio, Ethernet dan port audio 3,5mm. TV ini juga dapat menangkap siaran digital, sehingga tidak membutuhkan peralatan tambahan jika ingin menampilkan siaran TV berbasis digital yang sedang digulirkan pemerintah.

TV murah yang tidak murahan

Dengan harga 6,3 juta rupiah, realme TV 50″ hadir dengan fitur yang melebihi TV sekelasnya. Memang ada beberapa kekurangan, tapi rasanya berlebihan jika kita kembali melihat bandrol harganya. Realme TV RMV2005 ini masih menjadi TV 50 inci 4K dengan OS Android versi 10 yang paling terjangkau.

Lalu untuk siapa realme TV ini?

Bagi anak sekolah

Menonton YouTube untuk tujuan hiburan dan edukasi akan nyaman sekali dilakukan di TV ini. Selain ukuran layarnya yang besar, menavigasi menu dan video YouTube di TV realme ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan remote atau suara.

Bagi penggemar film

Kualitas gambarnya akan memuaskan para penggemar film. Apalagi TV realme ini sudah dilengkapi fitur Dolby Vision, Dolby Atmos dan DTS Surround Sound. Ketiga fitur ini akan memberikan pengalaman menonton yang menyerupai bioskop, jika Anda menambahkan soundbar atau speaker yang lebih mumpuni.

Bagi console gamer

Pemain game konsol dengan dana terbatas akan menyukai TV ini, apalagi jika konsol yang dimiliki masih Nintendo Switch atau Sony PS4 Pro yang belum mendukung refresh rate 120Hz.

Bagi fans sepakbola dan olahraga lain

TV realme ini punya Sports Mode yang dapat menampilkan aksi cepat seperti sepakbola dengan mulus. Kualitas suaranya juga cukup memadai, cukup untuk membangkitkan semangat saat menonton.

 

Kelebihan realme TV RMV2005

+ Kualitas gambar yang baik

+ Dukungan DTS dan Dolby Atmos

+ Koneksi lengkap, dengan dukungan ARC

+ Sudah mendukung siaran TV digital

+ Tatanan menu sederhana dan mudah dimengerti

+ Remote minimalis dengan dukungan Google Assistant

+ Bingkai layar tipis

+ Harga amat terjangkau untuk fiturnya

 

Kekurangan realme TV RMV2005

– Suara dari speaker terdengar tipis

– Konektor diletakkan di bagian tengah, agak menyulitkan jika TV diletakkan berdekatan dengan tembok

– Tidak banyak pengaturan yang diberikan

– Estetika desain biasa saja

 

 

 

 

 

Review realme TV 50 inch (RMV2005)
Dengan harga 6,3 juta rupiah, realme TV 50" hadir dengan fitur yang melebihi TV sekelasnya. Memang ada beberapa kekurangan, tapi rasanya berlebihan jika kita kembali melihat bandrol harganya. Realme TV RMV2005 ini masih menjadi TV 50 inci 4K dengan OS Android versi 10 yang paling terjangkau.
8.6

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur & Konektivitas
Kualitas Gambar
Harga
Final Score