Review MSI Bravo 15 (B5DD)



7.7

Laptop gaming menjadi alternatif yang amat menarik bagi para gamer di tengah tingginya harga komponen PC, terutama kartu grafis (GPU). Meski tidak se-fleksibel desktop untuk urusan upgrade, harga laptop gaming di pasaran saat ini cenderung masih cukup stabil. Bahkan ada yang ramah kantong seperti MSI Bravo 15 (B5DD).

MSI Bravo 15 (B5DD) merupakan laptop gaming entry-level untuk gamer dengan budget terbatas. Walaupun demikian, hardware yang tertanam di dalamnya tetap bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai game masa kini, termasuk game kelas AAA.

Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain serba hitam dengan backlit merah

MSI Bravo 15 (B5DD) mengusung desain yang cukup futuristik dan sudut-sudut yang tegas, tapi dengan paduan warna yang bisa dibilang minimalis. Warna hitam sangat dominan di sekujur bodinya. Backlit-nya kembali satu warna saja, merah, dengan tiga level kecerahan. Ya, tidak ada RGB di sini.

MSI Bravo 15 (B5DD)

Bagian luarnya tidak lagi polos seperti versi sebelumnya. Anda akan menemukan logo Thunderbird khas seri Bravo serta kontur seperti sayap untuk sekadar menambah kesan gaming. Satu catatan saya, bagian ini pula yang paling mudah kotor oleh bekas jari.

Sebagai laptop gaming, MSI Bravo 15 (B5DD) tampil dengan dimensi yang lumayan bongsor. Bobotnya 2,35 kilogram. Untuk dibawa bepergian sesungguhnya masih cukup ideal, asalkan Anda menggunakan tas punggung yang nyaman sehingga tidak bikin pundak cepat pegal.

Laptop ini memiliki engsel yang bisa diputar hingga 180 derajat. Untuk urusan pendinginan, MSI Bravo 15 (B5DD) mengandalkan teknologi Cooler Boost 5 dengan dua kipas dan 6 pipa yang diklaim mempunyai airflow 15 persen lebih baik.

Ketika laptop dibuka, Anda akan menemukan layar 15,6 inci dengan bezel yang cukup tipis di kiri dan kanannya dengan ketebalan hanya 5mm, tapi agak lebar di bagian dagu yang sekaligus menjadi lokasi logo MSI. Menurut pihak perusahaan, ratio screen-to-body yang disajikan mampu mencapai 85 persen. HD Webcam ada di atas layar.

Sementara keyboard full size-nya hadir dengan desain yang ergonomis dan dibuat dengan solid metal shielding dengan key travel 1.7mm. Selama pengujian, saya merasa keyboard ini cukup responsif dan mampu memberikan tactile feedback yang lumayan mantap. Tidak ketinggalan, MSI juga menyediakan number-pad dengan ukuran yang agak minimalis.

Bagaimana dengan konektivitas? Di sisi sebelah kanan, MSI Bravo 15 (B5DD) menawarkan port USB 3.0, Type-C, HDMI, Ethernet, dan audio jack 3.5mm. Sementara di sebelah kiri, ada port charging, USB 3.0 dan USB 2.0. Card reader? Sayangnya tidak ada. Selain itu, laptop ini juga telah mengadopsi teknologi WiFi6 dan Bluetooth 5.1.

Layar 144 Hz

MSI Bravo 15 (B5DD) dibekali layar dengan ukuran 15,6 inci IPS-Level Full HD, dengan refresh rate maksimal mencapai 144 Hz. Akurasi warna bukan nilai jual utamanya. Karena itu, jika Anda membutuhkan laptop untuk menunjang pekerjaan seperti editing foto atau video profesional, Anda mungkin kurang bisa mengandalkan akurasi warna dari layar MSI Bravo 15 (B5DD).

Tapi untuk keperluan lain seperti gaming maupun menonton film, layar laptop ini menurut saya sudah lebih dari cukup. Tampilannya tajam, tidak memantul, tingkat kecerahannya lumayan baik, dan view angle-nya luas.

Performa gaming cukup baik di kelasnya

MSI Bravo 15 (B5DD) yang kami review dipersenjatai prosesor AMD Ryzen 7 5800H dengan GPU AMD Radeon RX 5500M 4GB GDDR6. Selain varian ini, ada pula versi yang lebih terjangkau dengan prosesor Ryzen 7 5600H.

Perlu diketahui, unit yang datang ke meja pengujian kami sudah menggunakan RAM 16 GB DDR4 3200MHz dual-channel. Sementara untuk versi resmi yang dijual di pasaran adalah 8 GB DDR4 3200MHz single-channel.

Meski bawaannya ‘hanya’ 8 GB, Anda tetap punya opsi untuk menambah 1 slot RAM dan membuatnya menjadi dual-channel agar performanya lebih optimal. Untuk urusan storage, laptop ini didukung SSD 512 GB NVMe PCIe gen3.

Kombinasi seperti itu masih cukup oke di kelas harganya. Kencang dan cukup bertenaga untuk menjalankan game-game masa kini. Walaupun tentunya dari segi GPU terasa agak ketinggalan dari laptop RTX 3050 yang lebih kekinian. Sebagai gambaran, berikut beberapa hasil pengujian dari aplikasi benchmark:

Bagaimana dengan performa gaming-nya? Berikut beberapa game yang kami coba mainkan di MSI Bravo 15 (B5DD):

(Disclaimer: hasil bisa berbeda dengan produk yang dijual resmi karena MSI Bravo 15 (B5DD) yang kami gunakan sudah dual-channel 16 GB)

1. Shadow of the Tomb Raider

Dengan setting grafis High di 1080p, Shadow of the Tomb Raider bisa berjalan dengan framerate yang amat playable. Rata-rata FPS yang didapat adalah 59. Sesekali bisa turun hingga kisaran 40an tapi tetap dapat dimainkan dengan nyaman.

2. Red Dead Redemption 2

Sementara RDR 2 dengan setting grafis Balanced (dominan Low) di 1080p bisa menghasilkan rata-rata FPS di 60an. Memang pada kondisi yang berat bisa lumayan drop, tapi menurut saya masih sangat playable.

3. Forza Horizon 4

Game racing yang satu ini juga dapat berjalan dengan mulus pada setting grafis High di 1080p. Rata-rata FPS yang didapat sekitar 70, dan bisa naik hingga 100 FPS atau turun tergantung efek cuaca.

4. World War Z

World War Z saya coba mainkan dengan setting grafis High 1080p (Vulkan) dengan fitur FidelityFX Super Resolution aktif di mode Balanced. Hasilnya, pengujian dengan tool benchmark bawaan menghasilkan skor FPS 127. Selama permainan pun saya tidak menemukan frame drop signifikan yang bisa mengganggu kenyamanan.

5. Valorant

Valorant adalah salah satu game yang paling sering saya mainkan ketika menguji MSI Bravo 15 (B5DD). Saya selalu menggunakan setting grafis High di 1080p, dengan frame rate yang saya kunci di 144 mengikuti refresh rate layarnya. Hasilnya, frame rate yang saya dapat pun cukup stabil di 144 FPS.

6. Rainbow Six Siege

Terakhir, R6 Siege, saya coba mainkan dengan preset High 1080p. Hasilnya adalah rata-rata 143 FPS dengan drop paling minimal ke 133 FPS saja.

Itulah hasil pengujian beberapa game di laptop gaming MSI Bravo 15 (B5DD). Saat kerja berat, kipas memang berputar kencang dan lumayan berisik. Tapi sebagai gantinya, saya tidak merasakan peningkatan suhu panas yang mengganggu di area yang paling sering digunakan saat gaming, misalnya sekitaran tombol WASD.

Sedikit membahas soal baterai, MSI Bravo 15 (B5DD) dibekali 3 cell 52Whr yang mampu bertahan sekitar 7-8 jam dengan gaya pemakaian normal (non-gaming).

Opsi menarik untuk gamer dengan budget terbatas

MSI Bravo 15 (B5DD) adalah salah satu opsi yang wajib dipertimbangkan oleh gamer dengan dana terbatas. Dari segi harga masih terbilang kompetitif, dan performa gaming yang ditawarkannya pun cukup bisa diandalkan.

Satu catatan, jika Anda berminat meminang MSI Bravo 15 (B5DD), saya sangat menyarankan untuk langsung upgrade RAM ke dual-channel 16 GB agar kinerjanya lebih mumpuni. MSI Bravo 15 dengan Ryzen 7 5600H dijual seharga Rp12.999.000, sementara model dengan Ryzen 7 5800H harganya Rp14.499.000. Pembelian selama promo Back To School yang berakhir pada 30 September 2021 akan mendapatkan hadiah berupa gaming mouse MSI.

MSI Bravo 15 (B5DD) cocok untuk:

  • Casual gamer: Jika Anda mencari laptop gaming entry-level dengan performa yang oke dan harga yang ramah kantong, MSI Bravo 15 (B5DD) bisa menjadi opsi yang layak untuk dilirik.
  • Pelajar/mahasiswa: Untuk kebutuhan seperti belajar online, MSI Bravo 15 mampu memberikan kinerja yang gesit. Selain itu, laptop ini juga bisa perangkat hiburan yang menyenangkan bagi anak muda.
  • Kreator konten: Jika Anda gemar membuat konten seperti foto dan video, MSI Bravo 15 cukup bisa diandalkan. Tapi kalau kebutuhannya untuk level profesional yang memerlukan layar dengan akurasi warna tinggi, Anda mungkin bisa menambahkan monitor ekternal.

Kelebihan MSI Bravo 15 (B5DD):

  • Kualitas rancang bangun terasa solid dan tidak murahan
  • Layar 144 Hz
  • Kinerja kencang
  • Performa gaming cukup mumpuni di kelasnya
  • Keyboard nyaman
  • Kemampuan sistem pendingin tergolong baik
  • Ada aplikasi MSI Center dengan berbagai fitur dan skenario penggunaan
  • Harga kompetitif

Kekurangan MSI Bravo 15 (B5DD):

  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • Tidak ada card reader
  • Akan lebih menarik jika RAM bawaan langsung dual-channel
MSI Bravo 15 (B5DD)
Laptop gaming menarik untuk Anda yang punya dana kurang dari 15 juta rupiah
7.7

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score