GoPro HERO10 Black: Pertama dengan Chip GP2 dan Hypersmooth 4.0



GoPro resmi mengumumkan HERO10 Black. Kamera aksi generasi teranyarnya ini masih mewariskan desain dan fitur HERO9 Black. Namun, performanya diklaim meningkat signifikan dengan penggunaan chip prosesor baru.

Pertama dengan Chip GP2

GoPro HERO10 Black menjadi yang pertama menggunakan chip prosesor GP2. Menggantikan prosesor GP1 yang diperkenalkan GoPro sejak kemunculan HERO6 Black.

Berkat prosesor GP2 HERO10 Black menawarkan lompatan performa hingga dua kali lebih baik dari GoPro HERO9 Black. Kemampuan pemrosesan data juga lebih cepat. HERO10 Black kini bisa mengirim video ke smartphone pengguna 30 persen lebih cepat dari HERO9 Black secara nirkabel. Bahkan, HERO10 Black menjadi varian GoPro pertama yang bisa langsung disambungkan ke smartphone. Lewat kabel USB pengguna bisa menikmati kecepatan pemindahan foto atau video ke smartphone 50 persen lebih cepat.

Berkat Chip GP2 HERO10 Black kini juga mampu menghasilkan gambar yang lebih detil dan kontras lebih baik. Sekalipun di kondisi yang minim cahaya.

Bisa rekam video hingga resolusi 5.3K


Kemampuan rekam videonya juga meningkat. Chip GP2 memungkinkan HERO10 Black bisa merekam video hingga resolusi 5.3K/60p. Untuk perekaman video gerakan lambat yang lebih sinematik kini mendukung hingga resolusi 4K/120p dan 2.7K/240p. HERO9 Black hanya mendukung perekaman video di resolusi 5.3K/30p, 4K/60p dan Full HD/240p.

Untuk memotret HERO9 Black bisa menghasilkan foto hingga resolusi maksimum 23 megapixel. Menariknya, kini pengguna dimungkinkan mengambil foto dengan resolusi 19.6 megapixel dari klip video resolusi 5.3K 4:3. Sebelumnya, di HERO9 Black hanya bisa mengambil foto 12 megapixel dari klip video 4K 4:3.

Fitur penstabil HyperSmooth 4.0

Kemunculan generasi terbaru GoPro HERO Black pasti bersamaan dengan generasi terbaru fitur penstabilnya, HyperSmooth. Di HERO10 Black HyperSmooth kini memasuki generasinya keempat. Kemampuan stabilisasinya semakin baik. GoPro menyediakan tiga opsi stabilisasi yang bisa dipilih yakni: off, standar dan boost. Menurut GoPro, di opsi Boost video memang akan mengalami crop. Tapi, opsi ini yang paling optimal menstabilkan pengambilan video. Jika ingin tanpa crop bisa pilih opsi standar.

Desain mirip HERO9 Black

HERO10 Black terlihat masih mirip HERO9 Black. Rancangan tangguh yang tahan banting tetap dipertahankan. Baterai yang digunakan juga kapasitasnya masih sama besar yakni 1720 mAh.

Layar kedua di bagian depan juga masih sama. Tapi, layar keduanya kini hadir dengan frame rate lebih tinggi. Dengan begitu tampilan di layar depannya akan terlihat lebih mulus. Perbedaan paling utama, HERO10 Black kini hadir dengan emblem berwarna biru.

Fitur lainnya HERO10 Black tetap mendukung sederetan aksesoris modular GoPro Mod yang terdiri dari Max Lens Mod, Media Mod, Display Mod dan Ligth Mod. kamera ini juga mendukung kendali lewat perintah suara, bisa digunakan untuk siaran langsung, dan kini membawa dukungan mode Webcam.

Harga GoPro HERO10 Black

GoPro sudah langsung menjual HERO10 Black di pasaran Amerika. Untuk harga GoPro HERO10 Black US$499.

Your email address will not be published. Required fields are marked *