[Tips] Cara Mengubah Smartphone Menjadi Mouse atau Touchpad untuk PC



Smartphone merupakan perangkat yang tidak hanya bisa diandalkan untuk kebutuhan komunikasi dan hiburan, tetapi juga untuk menunjang pekerjaan. OPPO Reno6 contohnya. Selain menawarkan desain yang stylish, kamera mumpuni, serta performa yang bertenaga, ternyata Anda juga bisa mengubahnya menjadi sebuah mouse untuk PC.

Cara mengubah smartphone menjadi mouse atau touchpad

Pada dasarnya, fungsi untuk mengubah smartphone menjadi mouse adalah dengan cara mengunduh aplikasi third party alias pihak ketiga. Anda bisa memilih berbagam aplikasi dengan fungsi serupa di Play Store. Berikut beberapa contohnya:

1. Remote Mouse

Remote Mouse dapat mengubah OPPO Reno6 maupun perangkat Android lainnya menjadi sebuah remote control untuk mengoperasikan PC. Selain menyediakan fungsi wireless mouse, keyboard dan touchpad, aplikasi ini juga memberikan sejumlah panel kontrol seperti Media Remote, Application Switcher dan Web Browsing Remote. Bahkan ada juga papan ketik beragam bahasa dengan tampilan keypad ala Mac/PC.

Klik tautan berikut ini jika berminat mencoba Remote Mouse.

2. WiFi Mouse

Fungsinya kurang lebih mirip, yaitu untuk mengubah Reno6 menjadi wireless mouse, keyboard dan trackpad untuk laptop atau desktop. Selain itu, WiFi Mouse juga bisa digunakan untuk mengontrol media player, dan file browser. Bahkan kalau ponsel telah mendukung infrared blaster (IR module) maka akan bisa digunakan sebagai remote control TV. Aplikasi ini juga mendukung dark mode untuk ponsel berbasis Android 10+ dan bisa untuk mengakses sistem Windows 7/8/10, Mac OS x atau Linux.

Klik tautan berikut ini jika berminat mencoba WiFi Mouse.

3. Remote Control Collection

Selanjutnya ada aplikasi bernama Remote Control Collection. Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan kompilasi pengontrol jarak jauh, yang bisa dipakai untuk mengubah perangkat OPPO Reno6 menjadi sebuah remote untuk komputer Windows atau Mac.

Yang membuatnya unik adalah ketersediaan fitur Live Stream, yakni menampilkan layar PC di perangkat smartphone dan mengontrol mouse secara real time. Selain itu, ada pula fasilitas untuk menjalankan Media Player dan Slideshows.

Klik tautan berikut ini jika berminat mencoba Remote Control Collection.

4. My Mobile Mouse

Aplikasi ini dapat mengubah Reno6 dan perangkat Android lainnya menjadi mouse lewat koneksi WiFi atau Bluetooth. Aplikasi berukuran mungil ini juga dilengkapi dengan keyboard shortcuts. Kamu bisa memilih gerakan kursor mouse tergantung dari kebiasaanmu saat melakukan klik-kanan atau klik-kiri. Namun untuk menjalankan aplikasi ini, kamu perlu meng-install aplikasi yang sama di komputer terlebih dahulu sebagai server.

Klik tautan berikut ini jika berminat mencoba My Mobile Mouse.

5. Wireless Mouse Keyboard

Wireless Mouse Keyboard akan menjadikan Reno6 milik Anda sebagai wireless remote control untuk mengendalikan komputer dari jauh. Berbekal aplikasi ini, Anda seakan-akan mendapat keyboard dan mouse pad virtual yang tersambung ke komputer via jaringan WiFi lokal.

Klik tautan berikut ini jika berminat mencoba Wireless Mouse Keyboard.

Itulah beberapa aplikasi untuk mengubah OPPO Reno6 maupun smartphone OPPO lainnya menjadi sebuah mouse. Walaupun juga bisa diunduh di ponsel Android apa saja, keunggulan menggunakan Reno6 sebagai mouse adalah karena tersedianya 50W Flash Charge untuk pengisian baterai super cepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir ketika akan melakukan presentasi tapi daya ponsel tinggal sedikit.

Your email address will not be published. Required fields are marked *