Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Canon EOS R3: Mirrorless Full Frame Canon Paling Cepat dengan Sistem Autofocus Mutakhir

Canon akhirnya resmi mengumumkan kehadiran EOS R3. Kamera mirrorless dengan sensor full frame untuk kelas profesional ini membawa sederetan teknologi canggih yang belum pernah ada di lini EOS R sebelumnya.

Desain tangguh dengan vertikal grip

Canon EOS R3 hadir dengan bodi magnesium alloy. Desain bodinya sudah termasuk dengan vertikal grip. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna untuk penggunaan landscape atau portrait. Untuk fitur ketahanan, rancangan bodinya tahan debu dan cuaca dengan standar yang sama seperti kamera DSLR EOS-1D.

Spesifikasi Canon EOS R3

Di sektor spesifikasi Canon EOS R3 datang dengan Stacked CMOS sensor full frame yang resolusinya 24.1 megapixel. Sensornya ini disokong prosesor EOS DIGIC X. Menurut Canon, EOS R3 adalah mirrorless full frame EOS R yang diciptakan dengan mengedepankan kecepatan.

Kamera ini sanggup memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 30 frame per detik, tanpa jeda di jendela bidik. Kemampuan memotretnya yang sangat cepat juga mengijinkan sinkronisasi flash dengan kecepatan hingga 1/180 detik. Canon EOS R3 juga telah mendukung perekaman video hingga resolusi 6K RAW 60 fps, atau oversample 4K dari video 6K.

Untuk memastikan hasil tangkapan gambar terhindar dari blur, kamera ini telah dilengkapi fitur penstabil di sensor yang bisa meredam getaran hingga delapan stop.

Meski termasuk generasi EOS-R paling anyar resolusi sensornya ini memang tergolong kecil. Apalgi, jika dibandingkan EOS R5 sebelumnya yang menggunakan sensor full frame 45 megapixel. Alasan utama mengapa EOS R3 menggunakan sensor 24.1 megapixel adalah target pengguna. Dengan menawarkan kemampuan memotret tanpa henti yang sangat cepat, kamera ini dipersembahkan untuk para fotografer jurnalistik dan olahraga yang sering meliput di lapangan. Dengan begitu, fotografer tidak perlu lagi repot memperkecil ukuran file foto untuk mengirim ke kantor redaksi atau agensi foto.

Sistem autofocus sangat canggih

Pembaruan kemudian merambat di sektor autofocus. Canon meningkatkan sistem autofocus Dual Pixel AF andalannya dengan kemampuan algoritma mengenali subyek yang lebih baik. Kamera ini bisa mengenali beragam subyek dari manusia, hewan hingga kendaraan seperti mobil dan motor balap. Semua area autofocus kini juga mendukung fitur pelacakan subyek secara otomatis. Tapi, satu yang paling menarik adalah kemampuan pelacakan autofocus. EOS R3 kini bisa lebih cepat dan presisi melacak wajah dan mata subyek.

Bahkan, Canon EOS R3 menjadi varian EOS R Pertama yang jendela bidiknya mendukung fitur Eye Control Autofocus. Fitur ini sangat canggih karena memungkinkan jendela bidiknya bisa mendeteksi mata pengguna untuk menentukan area focus yang diinginkan secara otomatis. Jadi, pengguna hanya perlu melihat subyek dan tidak perlu repot lagi memindahkan area focus menggunakan kendali joystick saat memotret dengan jendela bidik.

Untuk fitur lainnya Canon EOS R3 telah dilengkapi kartu slot CF Express dan kartu memori SD UHS-II. Konektivitas yang dibawanya termasuk LAN, WiFi 5GHz, USB dan Bluetooth.

Harga Canon EOS R3

Canon EOS R3 dijadwalkan akan tersedia di pasaran bulan November 2021. Untuk harga Canon EOS R3 US$5999 atau sekitar 85 jutaan Rupiah.