Xiaomi Smart Glasses: Kacamata Pintar dengan Dukungan Navigasi hingga Penerjemah Teks



Xiaomi mengumumkan kehadiran perangkat wearable terbarunya yang diberi nama Xiaomi Smart Glasses. Ya, ini adalah kacamata pintar dengan sederet teknologi menarik seperti dukungan navigasi hingga kemampuan untuk menerjemahkan teks yang ada tepat di depan mata pengguna.

Fitur Xiaomi Smart Glasses

Xiaomi Smart Glasses

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, Selasa (14/9), Xiaomi menjelaskan bahwa Smart Glasses garapannya hadir dengan desain yang menyerupai kacamata biasa. Meski begitu, kacamata ini mampu menampilkan pesan dan pemberitahuan, membuat panggilan, layanan navigasi, menangkap foto dan menerjemahkan teks

Xiaomi Smart Glasses mengadopsi MicroLED imaging technology untuk menurunkan kebutuhan ruang dalam hal struktur desain kacamata, termasuk bobot dari perangkat. Menurut Xiaomi, keputusan untuk menggunakan microLED adalah karena pikselnya dapat menyala secara individual, sehingga tampilan bisa lebih terang dengan warna hitam yang lebih pekat.

Dengan struktur yang lebih sederhana, MicroLED memiliki kerapatan piksel lebih tinggi serta usia yang lebih panjang. Kelebihan ini membuka jalan bagi tampilan yang lebih ringkas sekaligus integrasi yang lebih mudah dengan lensa kacamata.

Xiaomi Smart Glasses mengandalkan chip display berukuran 2,4 x 2,02 mm. Penggunaan layar monokrom ditujukan agar konsumsi dayanya lebih efisien, serta mampu menampilkan tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits. Xiaomi mengklaim, teknologi tersebut memastikan cahaya yang cukup untuk melintasi struktur optik yang cukup kompleks sebelum ke mata meski di siang terik.

Dengan bobot hanya 51 gram, Xiaomi Smart Glasses dibekali pula prosesor ARM quad-core, baterai, touch pad, modul Wi-Fi/Bluetooth, sistem operasi Android, dan masih banyak lagi.

Perangkat independen, bukan sekadar layar kedua

Yang lebih menarik, Xiaomi menjelaskan bahwa Smart Glasses bukan sekadar layar kedua, melainkan sebuah perangkat yang independen. Xiaomi Smart Glasses mengintegrasikan sebanyak 497 komponen termasuk sensor dan modul komunikasi dalam ukuran kecil.

Sebagai tambahan untuk menampilkan notifikasi dan panggilan, kacamata ini juga bisa menjalankan fungsi secara mandiri seperti navigasi, mengambil foto, menjadi teleprompter, dan penerjemahan dari teks maupun gambar secara langsung.

Dari sisi penggunaan, Xiaomi Smart Glasses menerapkan logika interaksi kunci untuk mengurangi gangguan pada waktu yang tidak semestinya, dan hanya menampilkan informasi yang penting saat dibutuhkan.

Contohnya adalah notifikasi yang mustahil ditampilkan seluruhnya di depan mata pengguna karena mengganggu. Untuk itulah perangkat ini memilih dan menampilkan pesan paling penting seperti alarm smart home, pesan mendesak dari kontak yang diprioritaskan, agar pengguna tidak terpecah konsentrasinya.

Pengguna Xiaomi Smart Glasses juga dapat menjawab panggilan telepon serta melihat nomor dari orang yang menghubungi. Fitur tersebut didukung mikrofon dan speaker yang disusun dengan teknologi beamforming. Ada pula Kamera 5MP di depan kacamata untuk mengambil foto serta menerjemahkan teks secara langsung, sebuah fitur yang akanmemudahkan ketika sedang bepergian ke negara lain.

Your email address will not be published. Required fields are marked *