Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Ray-Ban Stories: Kacamata Pintar Pertama dari FaceBook dan Ray-Ban

Perkembangan kacamata pintar memang tergolong lambat. Perangkat wearable lain seperti earbud nirkabel atau jam tangan pintar jauh lebih berkembang. Tidak heran jika harganya kini semakin murah. Tapi, Facebook dan Ray-Ban nampaknya masih melihat ada peluang di segmen kacamata pintar. Kerjasama keduanya berhasil diwujudkan lewat kacamata pintar yang bernama Ray-Ban Stories.

Fitur Ray-Ban Stories

Seperti kacamata pintar dari Bose, Huawei, dan Snapchat, Ray-Ban Stories tampil seperti kacamata hitam biasa. Desainnya tidak futuristik atau terlihat aneh sehingga mencuri perhatian orang di sekitar.

Ray-Ban Stories mengadopsi desain kacamata hitam Ray-Ban Wayfarer yang lengendaris. Bobotnya hanya lebih berat sekitar 5 gram dari Wayfarer standar. Wajar mengingat kacamata pintar ini membawa sederetan sensor, speaker, modul kamera dan baterai.

Modul kameranya hadir dengan sensor 5 megapixel. Cukup memadai untuk mengambil foto atau video untuk langsung dibagikan ke jejaring sosial. Kameranya juga telah mendukung fitur penstabil untuk memastikan tangkapan gambar tetap tajam meski saat sedang bergerak.

Sementara, speaker yang dibawanya bisa diandalkan untuk mendengarkan musik saat terhubung smartphone. Atau, bisa juga digunakan untuk menjawab panggilan telepon. Untuk navigasi tersedia panel sentuh. Opsi yang lebih mudah juga tersedia dukungan kendali lewat perintah suara.

Untuk asupan tenaganya Ray-Ban Stories ditenagai baterai isi ulang. Untuk sekali isi ulang baterainya bisa bertahan hingga sekitar 3 jam untuk penggunaan nonstop mendengarkan musik. Untuk penggunaan hanya memotret atau merekam video bisa hingga sekitar 6 jam. Isi ulang baterainya bisa lewat case pelindungnya yang disertakan dalam paket penjualan.

Harga Ray-Ban Stories

Selain fitur dan desain khas Ray-Ban Wayfarer, satu keunggulan lain dari kacamata pintar ini ada di harga jualnya. Harga Ray-Ban Stories mulai dari US$299 atau sekitar 4 jutaan Rupiah. Harganya lebih murah jika dibandingkan kacamata pintar dengan kamera lain seperti Spectacles 3 dari Snapchat yang harganya US$380.