Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Beragam peningkatan telah dihadirkan oleh Samsung demi menyempurnakan seri Galaxy Z Fold. Pada generasi ketiganya ini, Galaxy Z Fold3 5G menawarkan banyak perubahan yang cukup signifikan dengan harga yang justru lebih terjangkau.

Nah, untuk Anda yang berminat membeli smartphone canggih ini dalam waktu, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu semua hal yang perlu diketahui tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G.

Apakah Galaxy Z Fold3 5G tahan banting?

Galaxy Z Fold3

 

Sama seperti saudaranya, Galaxy Z Flip3 5G, Galaxy Z Fold3 5G juga menggunakan frame Armor Aluminum yang merupakan material paling kuat yang pernah dipakai oleh Samsung. Selain itu, ada pula kaca Gorilla Glass Victus yang lebih tangguh dari generasi sebelumnya. Yang menarik, Galaxy Z Fold3 5G juga merupakan ponsel yang tahan banting. Dengan catatan, saat terjatuh perangkat ini dalam kondisi layar terbuka.

Bagaimana dengan ketahanan terhadap air?

Jangan khawatir. Galaxy Z Fold3 5G juga sudah memiliki sertifikasi IPX8 yang artinya tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Usaha yang tidak mudah bagi Samsung untuk bisa mewujudkan hal ini, mengingat ponsel layar lipat memiliki bagian yang bergerak hingga celah yang tidak terhindari, terutama antara bodi dan engsel.

Intinya Samsung berhasil meminimalisir celah tersebut dan melindunginya dengan lapisan karet khusus agar tidak kemasukan air. Selain itu, engselnya juga aman dari korosi. Ketahanan engselnay sudah terjamin dan terverifikasi Bureau Veritas. Berdasarkan pengujian internal Samsung, engsel Galaxy Z Fold3 dapat bertahan hingga 200 ribu kali buka tutup.

Seberapa kuat layar lipatnya?

Wajar jika ada yang beranggapan bahwa ponsel layar lipat punya potensi lebih besar untuk, terutama pada bagian yang fleksibel. Samsung sangat memahami hal itu sehingga dalam merancang Galaxy Z Fold3 5G, layarnya dibuat 80 persen lebih tangguh dibanding generasi pendahulunya. Layar yang disebut Infinity Flex ini menggunakan film pelindung berbahan Polietilena tereftalat (PET) yang dapat meregang dengan lebih optimal.

Yang juga perlu diketahui, saat dilihat dari sudut tertentu lipatan layar utamanya memang masih tampak. Dari pengalaman penggunaan kami, lipatan akan terlihat lebih jelas di latar warna hitam, tapi akan tersamarkan pada latar warna terang. Ketika digunakan menonton film, melihat foto atau membaca teks, lipatan ini tidak akan terlihat mengganggu.

Mungkinkah membawa Galaxy Z Fold3 5G di saku celana?

Dengan dimensi yang cukup besar, sesungguhnya Galaxy Z Fold3 5G kurang ideal untuk dimasukkan ke saku celana. Kalau saku Anda longgar mungkin bisa, tapi kalau sempit, rasanya akan tidak nyaman. Jika Anda mencari ponsel layar lipat yang ringkas, Anda bisa melirik Galaxy Z Flip3 5G.

Seperti apa kecanggihan kamera bawah layarnya?

Anda yang belakangan sudah menjelajahi informasi seputar Galaxy Z Fold3 5G tentunya mengetahui kalau ponsel tersebut memiliki kamera di bawah layar. Bisa dibilang, ini yang pertama di jajaran produk Samsung. Yang mungkin jadi pertanyaan, seperti apa kecanggihan dan kualitasnya?

Secara logika menyembunyikan kamera di bawah layar tentu akan berpengaruh pada kualitas gambar yang ditangkap. Tapi Samsung telah memiliki solusinya. Jarak piksel yang berada di bagian atas kamera telah dioptimalkan agar memungkinkan cahaya melewati celah kamera. Dengan begitu, Anda tetap bisa melakukan panggilan video atau foto selfie dengan nyaman.

Bagaimana kemampuan S Pen pada Galaxy Z Fold3 5G?

Seperti diketahui, Galaxy Z Fold3 5G merupakan ponsel layar lipat pertama Samsung yang mendukung S Pen. Fungsi-fungsinya kurang lebih mirip dengan yang ditawarkan oleh Galaxy Note Series. Yang lebih menarik, ada fitur S Pen to text untuk menyempurnakan tulisan hanya melakukan gerakan-gerakan sederhana.

Tentunya S Pen pada Galaxy Z Fold3 5G juga dirancang dengan teknologi baru. Ada dua varian S Pen yang tersedia, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Keduanya dibekali Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih. Latensinya pun rendah.

Samsung menjanjikan, ini adalah teknologi terdepan S Pen yang akan membuat pengalaman menulis, menggambar, mengedit dokumen, maupun berkirim pesan menjadi lebih baik.

Apakah Galaxy Z Fold3 5G cocok untuk menunjang produktivitas?

Tentu iya. Layar utamanya yang berukuran 7,6 inci ketika dibuka sangat ideal untuk memaksimalkan multitasking. Didukung fitur Multi-Active Window, Anda bisa membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Contoh skenario penggunannya: menulis email sambil browsing, melihat presentasi/meeting online sambil mencatat poin-poin penting dengan S Pen, dan sebagainya.

Sekadar informasi bagi yang belum tahu, Galaxy Z Fold3 5G memiliki dua layar, yaitu layar eksternal atau Cover Display dengan panel Dynamic AMOLED 2X 6,2 inci HD+, dan layar lipat utama Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,3 inci QXGA+ (2208 x 1768 pixel) dengan ratio 22.5:18.

Apakah Galaxy Z Fold3 5G ideal untuk kreator konten?

Samsung membekali Galaxy Z Fold3 5G dengan kamera 12MP Wide-angle Camera + 12MP Ultra Wide Camera + 12MP Telephoto Camera. Kualitas tangkapan gambarnya tidak perlu diragukan lagi. Khas perangkat flagship Samsung. Kamera ini telah mengemas beragam fitur unggulan yang ada di Galaxy S21 Ultra seperti Night Portrait, Single Take (Dynamic Video), Director’s View, dan AI face restoration.

Bahkan, ponsel ini didukung Capture View, fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk memotret di satu sisi layar dan melakukan review terhadap tangkapan foto di sisi layar lainnya secara instan tanpa harus membuka Gallery.

Kemampuan tersebut akan memudahkan pengguna saat memilih foto terbaik untuk disimpan atau dibagikan ke media sosial. Ada pula Dual Preview yang akan menampilkan preview dari hasil foto di layar utama dan Cover Screen secara bersamaan. Dengan layar yang lebih besar dan dukungan S Pen, Anda juga lebih mudah dalam melakukan editing foto atau video secara on-the-go.

Apakah Galaxy Z Fold3 5G nyaman untuk gaming? 

Performa Galaxy Z Fold3 5G mengandalkan chipset Qualcom Snapdragon 888 5nm (lengkap dengan dukungan 5G) yang ditemani RAM 12 GB LPDDR5 dan storage UFS 3.1 dengan opsi 256 GB atau 512 GB. Baterainya berkapasitas 4.400 mAh dengan kemampuan charging 25W dan wireless charging 10W. Kombinasi yang bisa diandalkan untuk Anda yang gemar bermain games. Beberapa judul game bahkan sudah bisa ditampilkan dengan maksimal pada layar utamanya yang besar. Misalnya Genshin Impact. Anda bisa memulai permainan melalui cover screen atau layar eksternal, lalu melanjutkannya ke layar utama secara mulus alias tanpa jeda.

Apa saja pilihan warna untuk Galaxy Z Fold3 5G?

Tidak hanya tampil dengan desain yang lebih trendi, Galaxy Z Fold3 juga menawarkan opsi warna yang berbeda dari Galaxy Z Fold2. Anda bisa memilih antara Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Berapa harga Galaxy Z Fold3 5G di Indonesia?

Dibanding ketika Galaxy Z Fold2 pertama kali meluncur di Indonesia dengan harga 33 jutaan rupiah, Galaxy Z Fold3 5G yang memiliki sederet fitur lebih canggih justru dijual dengan harga lebih terjangkau. Galaxy Z Fold3 5G bisa ditebus dengan dana Rp24.999.000 untuk varian 12/256GB, dan Rp26.999.000 untuk varian 12/512GB.

Di mana saya bisa melakukan pemesanan Galaxy Fold3 5G?

Samsung Galaxy Z Fold3 5G sudah bisa dipesan lewat program pre-order hingga 9 September 2021, melalui www.galaxylaunchpack.com, atau lewat tombol di bawah ini: