Intel EVO: Standar Baru Laptop Tipis dan Ringan dengan Baterai Tahan Lama

Kemunculan Intel Generasi Ke-11 berhasil mendongkrak kembali pamor laptop tipis dan ringan. Pasalnya, laptop tipis dan ringan kini bisa hadir dengan spesifikasi yang semakin bertenaga. Daya tahan baterainya juga semakin baik. Rahasianya adalah platform teranyar Intel yang bernama Intel EVO.

svg%3E

Apa itu Intel EVO?

Intel EVO adalah generasi terbaru dari Proyek Athena yang dipelopori oleh Intel. Lewat Intel EVO ini Intel menetapkan sederetan standar ideal untuk sebuah laptop yang ditenagai prosesor Intel Core Generasi Ke-11. Khususnya untuk kategori laptop tipis dan ringan. Dengan begitu, laptop dari pabrikan manapun yang telah mendapatkan sertifikasi Intel EVO artinya telah berhasil memenuhi standar Intel.

Standar Intel EVO

Lalu apa saja standar dari Intel EVO? Ada enam kriteria standar Intel EVO. Enam kriteria ini adalah spesifikasi minimum yang mencakup prosesor, layar, daya tahan baterai, fitur isi ulang cepat, konektivitas, dan responsivitas.

svg%3E

svg%3E

1. Prosesor: Wajib menggunakan prosesor Intel Core Generasi Ke-11 dengan gpu Intel Iris Xe. Jadi, hanya yang menggunakan Intel Core i5 dan Intel Core i7 Generasi Ke-11. Intel Core i3 tidak termasuk.
2. Layar: Layar laptop berukuran lebih besar dari 12 inci hingga 15 inci. Resolusi layar Full HD. Panel layar Sentuh atau tidak layar sentuh dengan bingkai layar tipis. Desain laptop boleh standar atau 2-in-1.
3. Daya tahan baterai: Daya tahan baterai setidaknya minimum bisa hingga 9 jam ( menggunakan panel layar resolusi Full HD).
4. Fitur isi ulang cepat lewat USB Type-C: Baterai wajib mendukung fitur isi ulang cepat. Setidaknya pengguna bisa mendapatkan waktu guna hingga 4 jam untuk pengisian daya baterai di bawah 30 menit. ( menggunakan panel layar resolusi Full HD)
5. Konektivitas: Wajib mendukung konektivitas WiFi6 dan dilengkapi port Thunderbolt 4.
6. Responsivitas: Laptop wajib memiliki kemampuan booting cepat. Termasuk, kemampuan sistem untuk hidup kembali dari kondisi sleep yang harus kurang dari 1 detik.

Pengguna laptop Intel EVO

Setelah mengetahui apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh Intel EVO pertanyaan yang pasti muncul adalah target pengguna. Dari semua kriteria tersebut bisa terlihat Intel tidak hanya memprioritaskan performa saja. Tapi, sebaliknya fokus pada pengalaman penggunaan dan daya tahan baterai. Ini menjadikan laptop Intel EVO akan sangat ideal untuk mendukung produktivitas pengguna dengan mobilitas tinggi seperti para pekerja, profesional, hingga pelajar atau mahasiswa. Kurang cocok untuk Gamer ataupun konten kreator yang umumnya memerlukan laptop berperforma tinggi.

Ketersediaan laptop Intel EVO

Di pasaran saat ini sudah banyak bermunculan laptop dengan standar Intel EVO dari pabrikan ASUS, Acer, Dell, HP, Lenovo dan Realme. Harganya juga sangat variatif dengan harga jual mulai 11 jutaan Rupiah.