Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Review MSI Summit E13 Flip Evo

8
Cek Harga

MSI Summit E13 Flip Evo merupakan laptop yang dirancang untuk segmen bisnis. Menawarkan tampilan yang ramping dan pastinya performa kencang, laptop ini dijual dengan harga 21 jutaan rupiah. Sekadar informasi, seri Summit merupakan jajaran laptop bisnis yang juga menjanjikan keamanan kelas enterprise.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Laptop 2-in-1 yang elegan

Ketika pertama kali MSI Summit E13 Flip Evo datang ke meja pengujian, kami langsung merasa ini adalah laptop yang elegan dan menarik perhatian. Pada varian Ink Black yang kami review, kombinasi warna hitam dengan aksen rose gold juga menimbulkan kesan yang cukup mewah.

Seri Summit sendiri memang selalu mengunggulkan material premium sebagai salah satu nilai jual utamanya. Laptop compact ini mengusung bodi berbahan aluminum dengan proses CNC yang diklaim memiliki presisi tinggi.

Begitu menyentuhnya, Anda akan langsung menyadari bahwa MSI Summit E13 Flip Evo merupakan laptop kelas premium. Dimensinya tergolong ramping dan tipis (14,9mm saja), dengan kualitas rancang bangun yang terasa solid dan sudah memenuhi standar militer MIL-STD-810G. Sementara bobotnya hanya sekitar 1,35 kg.

Perlu diketahui, MSI Summit E13 Flip Evo tergolong laptop tipe 2-in-1. Engselnya bisa diputar hingga 360 derajat, sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan laptop tersebut dengan mode yang berbeda, misalnya tablet. Meski begitu, kami merasa ketika layar diputar engselnya terasa terlalu ringan. Mungkin akan lebih baik jika sedikit lebih kaku.

Sedikit membahas bagian keyboard, MSI Summit E13 Flip Evo menawarkan sensasi penggunaan yang menurut kami amat nyaman untuk ukuran laptop ramping seperti ini. Jarak antar tombol ideal, travel distance baik alias tidak terlalu pendek, dan sudah memiliki backlit yang bisa diatur terangnya. Touchpad-nya juga lega dan nyaman dipakai.

Untuk urusan konektivitas, di sisi sebelah kanan MSI Summit E13 Flip Evo memiliki audio combo jack, USB 3.2 Type-C, webcam Lock Switch, dan microSD reader yang tersembunyi (harus dibuka dengan alat semacam SIM-card ejector). Sementara di sebelah kiri, ada satu USB 3.2 Type-A dan dua USB Type-C yang sekaligus sebagai Display Port dan Thunderbolt 4 lengkap dengan dukungan PD Charging. Menariknya lagi, ini adalah paptop bisnis dan produktivitas pertama di dunia yang sudah dibekali Wi-Fi 6E.

Secara keseluruhan kami amat menyukai bagian eksterior dari MSI Summit E13 Flip Evo. Semua terlihat premium, cocok untuk Anda para pebisnis profesional yang selalu memperhatikan penampilan. Satu yang mungkin agak kurang adalah bagian luarnya yang sedikit mudah kotor oleh bekas jari.

Layar sentuh 16:10

Disebut Golden ratio, MSI Summit E13 Flip Evo mengusung layar 16:10. Bukan 16:9 seperti laptop pada umumnya. Penggunaan layar 16:10 tidak hanya soal estetika, tapi juga dirancang agar pengguna mendapatkan pengalaman visual yang lebih nyaman.

 

MSI menyebut layar sentuh dengan 100 persen sRGB ini memiliki bezel yang tipis. Tapi menurut kami, seharusnya bisa dibuat lebih tipis lagi. Layar ini berukuran 13,4 inci dan memakai panel IPS-Level dengan resolusi Full HD saja. Tidak ada opsi resolusi yang lebih tinggi seperti 1440p apalagi 4K.

Untuk berbagai kebutuhan pekerjaan, layar MSI Summit E13 Flip Evo memang amat baik. Aspect ratio 16:10 mampu menyajikan konten seperti halaman web atau spreadsheet dengan lebih lega. Tingkat kecerahannya juga cukup oke, sehingga ideal untuk melihat konten pada layar saat berada di luar ruangan.

Sajian warna panel IPS-Level terlihat kaya dan hidup. Tidak tampak ada penurunan kualitas yang berarti jika dilihat dari sudut yang berbeda. Untuk menonton konten seperti film pun masih terasa lumayan memuaskan meski aspect ratio-nya bukan 16:9. Soal suara, MSI Summit E13 Flip Evo sudah mendukung Hi-Res Audio dan kualitas speaker internalnya pun tergolong bagus.

Dukungan MSI Pen

Dengan bekal layar sentuh, MSI Summit E13 Flip Evo juga dilengkapi MSI Pen untuk mendukung berbagai kebutuhan pekerjaan Anda. Stylus ini mengusung teknologi MPP2.0 yang diklaim mampu memberikan performa stabil.

MSI Pen memiliki 4096 level tekanan. Selama pengujian, kami menilai MSI Pen dapat menyajikan pengalaman penggunaan yang cukup nyaman untuk keperluan seperti menulis dan menandatangani dokumen. Selain itu, stylus tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai remotre presentasi.

Ketika tidak sedang digunakan, Anda dapat menempelkan MSI Pen di bagian luar laptop. Tidak perlu khawatir stylus ini mudah jatuh dan hilang karena sudah ada sistem magnet untuk menjaganya tetap di posisi. Perlu digarisbawahi, MSI Pen memakai baterai yang bisa diisi ulang melalui port USB Type-C.

Performa tinggi, storage kencang

Beralih ke sektor performa, MSI Summit E13 Flip Evo dipersenjatai prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 terbaru yang tentunya mampu memberikan performa kencang untuk berbagai kebutuhan. Sementara urusan grafis dipercayakan kepada Intel Iris Xe (A11MT).

Kombinasi yang sesungguhnya sudah sesuai dengan standar laptop bisnis di kelas harga yang sama. RAM yang digunakan adalah LPDDR4X (on-board) dengan kapasitas 16 GB atau 32 GB. Tidak ada opsi untuk upgrade RAM. Sementara storage-nya mengusung teknologi NVMe PCIe Gen 4 dengan SSD M.2 berkapasitas 512 GB atau 1 TB.

Selama pengujian, menurut kami MSI Summit E13 Flip Evo mampu memberikan kinerja yang super mulus. Untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih berat seperti editing video masih memadai. Bahkan, untuk gaming ringan pun cukup menyenangkan, asal bukan game AAA yang menuntut kinerja grafis super berat. Wajar, karena ini bukan laptop gaming. DOTA 2 masih bisa mendapat sekitar 60 fps lebih di setting medium.

Acungan jempol juga patut ditujukan pada daya tahan baterai dari MSI Summit E13 Flip Evo. Sebagai penunjang produktivitas, laptop ini dijanjikan mampu menyala hingga hampir 20 jam. Dengan gaya pengujian kami yang selalu terhubung ke internet lewat WiFi, baterainya bisa mencapai 12 jam. Tetap merupakan angka yang cukup fantastis dan pastinya cocok untuk Anda yang selalu mobile. Pengisian dayanya juga cepat, 65W. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam 45 menit untuk terisi penuh.

Sistem keamanan dan fitur menarik lainnya

Bagi Anda para pebisnis yang selalu mementingkan sektor keamanan, MSI Summit E13 Flip Evo dilengkapi sistem keamanan berbasis hardware (TPM 2.0) yang menawarkan perlindungan data level tinggi. Anda dapat menyimpan data dan password dengan kunci terenkripsi.

Selain itu, ada pula dukungan Windows Hello serta webcam yang dilengkapi tombol fisik untuk menghidupkan dan mematikan. Webcam ini juga didukung noise reduction agar kualitas gambarnya lebih jernih terutama pada kondisi cahaya yang kurang baik. Ada pula MSI Noise Cancellation dengan algoritman online untuk meredam kebisingan. Kombinasi yang ideal untuk Anda yang sering meeting online.

Laptop bisnis premium untuk menunjang produktivitas

Di kisaran harganya, MSI Summit E13 Flip Evo merupakan salah satu opsi menarik yang bisa dipilih oleh Anda para pebisnis yang membutuhkan perangkat untuk bekerja kapan pun dan di mana pun. Keberadaan fitur seperti dukungan MSI Pen, sistem keamanan mumpuni, dan baterai yang tahan lama turut berperan menunjang produktivitas.

MSI Summit E13 Flip Evo dijual dengan harga mulai dari Rp21.999.000. Laptop ini sudah tersedia resmi di Indonesia melalui toko resmi MSI baik online maupun offline. Kabar baiknya, MSI memiliki promo Back To School yang juga berlaku hingga 30 September 2021 dengan penawaran berupa GoPay sebesar 500K untuk pembelian laptop MSI Summit E13 Flip Evo A11MT-066ID. Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui tautan berikut ini.

MSI Summit E13 Flip Evo cocok untuk:

  • Pebisnis profesional: Dengan desain yang premium, performa kencang, dan sistem keamanan level tinggi, MSI Summit E13 Flip Evo ideal sebagai partner kerja Anda.
  • Karyawan yang selalu mobile: Baterainya yang tahan lama menjadikan laptop ini bisa diandalkan untuk bekerja kapan pun dan di mana pun. Bodinya juga ramping dan lumayan ringan. Nyaman untuk dibawa bepergian.
  • Pelajar/Mahasiswa: Meski masuk ke segmen bisnis, MSI Summit E13 Flip Evo tetap ideal digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa. Kombinasi hardware dan fitur-fiturnya membuatnya bisa diandalkan untuk mengerjakan berbagai tugas.

Kelebihan MSI Summit E13 Flip Evo:

  • Desain mewah, solid, dan ramping
  • Performa CPU dan GPU tergolong oke di kelasnya
  • Opsi RAM hingga 32 GB
  • Layar sentuh 16:10 dengan kualitas yang baik (100 persen sRGB)
  • Didukung MSI Pen
  • Storage PCIe NVMe SSD yang kencang
  • Keyboard nyaman untuk ukuran laptop tipis
  • Memiliki 2 port Thunderbolt 4
  • Baterai tahan lama
  • Charging cukup cepat
  • Sistem keamanan mumpuni
  • Sudah didukung Wi-Fi 6E

Kekurangan MSI Summit E13 Flip Evo:

  • Akan lebih menarik jika ada opsi OLED atau 4K
  • Engsel terlalu ringan untuk diputar. Mungkin lebih baik jika dibuat sedikit lebih kaku.
  • Lumayan hangat saat kerja berat
Review MSI Summit E13 Flip Evo
MSI Summit E13 Flip Evo merupakan laptop yang dirancang untuk segmen bisnis. Salah satu opsi terbaik di kelasnya.
8
Cek Harga