Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Bermain Games Lebih Maksimal dengan OPPO Reno6

Seperti diketahui OPPO memang tidak pernah merancang satu smartphone khusus untuk kategori gaming. Bagi OPPO, gaming bisa dinikmati oleh semua kalangan, bukan hanya untuk segmen tertentu saja. Itulah mengapa pada setiap ponsel garapannya, OPPO selalu meracik hardware dan software-nya sedemikian rupa, agar bisa menghasilkan kinerja yang baik untuk bermain dengan lancar.

Mungkin sebagian tidak menyangka bahwa di balik desainnya yang tipis dan ringan, OPPO Reno6 menyimpan potensi gaming yang mumpuni. Ponsel ini dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang ditemani RAM 8 GB LPDDR4X lengkap dengan fitur eskpansi RAM untuk menambah hingga 5 GB. Jadi, bisa dibilang total kapasitas RAM pada Reno6 menjadi 13 GB.

Ada pula teknologi Hyperboost 4.0 yang dapat melakukan optimalisasi hardware agar selalu memberikan performa yang kencang tanpa mengorbankan konsumsi daya. Yang lebih menarik, OPPO Reno6 memiliki multi-cooling system untuk meredam suhu panas. Dengan begitu, kinerja akan tetap terjaga dan tidak terjadi throttling yang berpotensi menyebabkan frame drop (patah-patah).

Anda memang bisa langsung bermain games dengan mulus menggunakan OPPO Reno6 tanpa harus mengutak-atik pengaturan apa pun. Tapi tahukah Anda kalau pengalaman gaming di Reno6 bisa lebih dimaksimalkan lagi dengan beberapa langkah sederhana? Kalau penasaran, langsung saja simak beberapa tips berikut ini:

1. Aktifkan Pro Gamer Mode di Game Space

Game Space merupakan aplikasi yang akan memudahkan Anda mengakses berbagai fitur gaming di OPPO Reno6. Salah satunya adalah Pro Gamer Mode. Aktifkan fitur ini untuk mendongkrak performa CPU dan GPU yang dimiliki oleh Reno6. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan frame rate yang lebih tinggi dan stabil khususnya ketika menjalankan game yang cukup berat seperti PUBG Mobile.

2. Gunakan Low Power Mode agar baterai lebih awet

Sebaliknya, jika Anda ingin menghemat baterai agar dapat bermain dalam durasi yang lebih lama, cukup aktifkan Low Power Mode. Nantinya OPPO Reno6 secara cerdas mengalokasikan sumber dayanya, sehingga lebih efisien tanpa mengorbankan kenyamanan bermain.

3. Aktifkan Brightness Lock

Pernahkah ketika sedang bermain games layar tiba-tiba gelap dengan sendirinya karena Anda berpindah ruangan? Pastinya sangat mengganggu. Dengan mengaktifkan Brightness Lock, tingkat kecerahan layar akan dikunci pada level tertentu sesuai keinginan Anda. Fitur Brightness Lock bisa Anda temukan di Game Space.

4. Manfaatkan fungsi Quick Startup

Fitur ini secara cerdas akan mengidentifikasi game favorit yang paling sering dimainkan dan membuatnya tetap aktif pada latar belakang. Sehingga apabila kita kembali memilih game tersebut, secara otomatis Reno6 akan membuat jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda game dalam satu kali klik.

Fitur yang berguna untuk mempersingkat waktu pemuatan game. Itu artinya, Anda tidak perlu mengulang lagi berbagai pemuatan dalam game seperti jendela publisher game atau pemuatan ulang data game, dan bisa langsung menuju ke permainan. Quick Startup bisa Anda akses di Game Space.

5. Game Focus Mode untuk yang tidak ingin diganggu

Jika Anda ingin lebih fokus bermain dan tidak ingin terganggu oleh hal-hal seperti pop-up notifikasi atau panggilan telepon, Game Focus Mode jawabannya. Dengan fitur tersebut, notifikasi tetap masuk ke OPPO Reno6, tapi tidak ditampilkan sehingga layar Anda tidak tertutup.

Untuk mengaktifkan fungsi-fungsi pada Game Focus Mode, buka Game Assistant dengan cara menggeser panel kecil di bagian kiri atas layar.

6. Bullet Screen Message untuk yang ingin tetap terhubung selama permainan

Tapi apakah ada opsi yang memungkinkan Anda tetap melihat dan membuka notifikasi masuk, tapi dalam format yang lebih minimalis sehingga tidak mengganggu pandangan pada layar? OPPO Reno6 juga memiliki Bullet Screen Message agar Anda dapat membalas pesan dari aplikasi seperti WhatsApp, tanpa harus meninggalkan permainan.

7. Atur sensitivitas layar dengan Touch Optimization

Beberapa game mobile akan menuntut Anda untuk bereaksi lebih cepat dari musuh dalam sebuah pertempuran. OPPO Reno6 mengusung layar berkualitas tinggi, AMOLED 6,4 inci Full HD+ dengan refresh rate 90Hz dan kecepatan sampel sentuh maksimal 180Hz. Selain itu, OPPO Reno6 juga didukung fitur Touch Optimization sehingga Anda bisa mengatur sendiri sensitivitas layar yang diinginkan.

Caranya pun mudah. Ketika bermain, buka Game Assistant dengan menggeser panel kecil di kiri atas layar. Pilih Touch Optimization, lalu atur tingkat sensitivitasnya sesuai kebutuhan.

8. Selalu gunakan charger dan kabel bawaan OPPO Reno6

Pastinya sangat menyebalkan jika sedang asyik bermain tapi ternyata baterai sudah mau habis. Apalagi kalau kemampuan charging ponsel Anda lambat. Kabar baiknya, OPPO Reno6 dengan baterai 4.310 mAh didukung teknologi fast charging 50W yang hanya butuh waktu 45 menit saja untuk terisi penuh 100 persen.

Syaratnya, selalu gunakan charger dan kabel orisinal bawaan dari OPPO Reno6. Tidak disarankan untuk memakai charger atau kabel merek lain, karena ada potensi kemampuan pengisian dayanya tidak berjalan maksimal dan membuat charging berjalan lambat.

Performa gaming mulus, push rank lancar!

Dengan komposisi hardware dan software yang mumpuni, kami menilai kemampuan gaming OPPO Reno6 memang terbukti bisa diandalkan. Pasalnya, selama pengujian dengan menjalankan beberapa game populer, ponsel ini mampu memberikan frame rate yang stabil serta manajemen suhu yang baik sehingga tidak ada panas pada bodi yang mengganggu. Berikut beberapa game yang kami coba mainkan di OPPO Reno6:

1. Mobile Legends

Mobile Legends bisa berjalan amat mulus di setting grafis tinggi dan mode HFR (High Frame Rate) aktif. Tidak ada kendala berarti yang kami alami pada adegan pertarungan yang ramai. Frame rate stabil, tidak drop apalagi lagging. Perangkat yang ideal untuk Anda yang ingin push rank setiap hari!

2. PUBG Mobile

PUBG Mobile kami mainkan di setting grafis HD-High. Sejak mulai terjun dari pesawat, menelusuri map yang luas, hingga bertemu musuh dalam sebuah peperangan yang intens, OPPO Reno6 mampu menjaga frame rate tetap tinggi dan stabil.

3. Genshin Impact

Dikenal sebagai salah satu game yang menuntut kebutuhan grafis paling berat di perangkat mobile, Genshin Impact ternyata bisa dimainkan dengan cukup nyaman di OPPO Reno6. Bahkan dengan setting grafis Medium dan mode 60 fps aktif sekalipun!

Frame drop memang sesekali ada, khususnya di adegan yang ramai serta penuh animasi, tapi masih dalam batas yang bisa ditoleransi dan tidak terlalu mengganggu permainan. Cukup mengejutkan karena beberapa smartphone dengan Snapdragon 720G lain yang pernah kami coba agak kewalahan saat diajak menjalankan game ini.

4. Need for Speed No Limit

Game racing yang satu ini bisa berjalan dengan amat lancar di setting grafis Default alias bawaannya. Selama permainaan, OPPO Reno6 mampu menjaga responsivitas di level yang baik, sehingga kami bisa mengendalikan mobil dengan mulus dalam kecepatan tinggi.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengujian performa dan gaming dari OPPO Reno6, Anda bisa langsung menonton video review kami di bawah ini: