[Gadget Guide] Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G, Pilih Mana?



Dua ponsel layar lipat terbaru dari Samsung, Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G, sudah bisa dipesan di Indonesia. Meski terpaut dengan perbedaan harga yang cukup jauh, masing-masing perangkat ini tetap memiliki keunggulannya tersendiri.

Jika Anda mempunyai budget sebesar 25 jutaan rupiah, bukan berarti Anda harus langsung memilih Galaxy Z Fold3 5G. Belum tentu itu yang paling cocok untuk Anda. Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu, mana di antara keduanya yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup. Bisa jadi, dengan harga yang lebih terjangkau, Galaxy Z Flip3 5G justru dapat memberikan kepuasan yang lebih maksimal.

Nah, untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan, berikut kami sajikan panduan belanja Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G. Yuk, langsung saja simak!

Butuh perangkat untuk menunjang produktivitas?

Jika sasaran Anda adalah perangkat untuk menunjang produktivitas sehari-hari, maka Galaxy Z Fold3 5G adalah jawabannya. Dari segi layar tentunya ponsel ini jauh lebih besar, yakni Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci. Melakukan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus pun akan lebih leluasa.

Bukan cuma itu, Galaxy Z Fold3 5G juga menjadi ponsel layar lipat pertama Samsung yang didukung S Pen. Sama seperti seri Galaxy Note, S Pen pada Galaxy Z Fold3 5G bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan, seperti menulis catatan sambil melakukan panggilan video, hingga memeriksa to-do-list sembari membaca email. Yang lebih menarik, ada fitur S Pen to text untuk menyempurnakan tulisan hanya melakukan gerakan-gerakan sederhana.

Galaxy Z Flip3 5G: Dimensi lebih ringkas dan pocketable

Sebaliknya, Galaxy Z Flip3 5G dirancang sebagai ponsel layar lipat yang lebih ringkas. Dalam keadaan tertutup, dimensinya hanya 72,2 x 86,4 x 17,1mm saja. Bobotnya pun cukup ringan, 183 gram. Kombinasi yang membuatnya pocketable, alias mudah dimasukkan ke dalam saku.

Galaxy Z Flip3 5G juga ideal untuk Anda kaum hawa yang lebih menyukai memakai tas kecil. Jika biasanya Anda kesulitan memasukkan ponsel standar ke dalam tas, Galaxy Z Flip3 5G memiliki bodi yang lebih ramping dan tidak butuh banyak ruang.

Sama-sama tahan air dan tangguh

Kalau Anda bertanya mana di antara Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G yang punya bodi paling tangguh, menurut kami keduanya berada di level yang setara. Sama-sama punya sertifikasi IPX8 (tahan air hingga 1,5 meter), terlindungi Gorilla Glass Victus yang kuat, dan mempunyai ketahanan layar lipat yang sudah diperkuat hingga 80 persen dibanding generasi pendahulunya.

Jadi jika durabilitas perangkat menjadi pertimbangan utama Anda dalam memilih smartphone, Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G punya penawaran yang sama-sama bagus.

Anda seorang kreator konten?

Untuk Anda para kreator konten, Galaxy Z Fold3 5G menyuguhkan konfigurasi 12MP Wide-angle Camera + 12MP Ultra Wide Camera + 12MP Telephoto Camera. Kualitas foto dan videonya tidak perlu diragukan lagi. Ponsel ini didukung Capture View, fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk memotret di satu sisi layar dan melakukan review terhadap tangkapan foto di sisi layar lainnya secara instan tanpa harus membuka Gallery.

Kemampuan tersebut akan memudahkan pengguna saat memilih foto terbaik untuk disimpan atau dibagikan ke media sosial. Ada pula Dual Preview yang akan menampilkan preview dari hasil foto di layar utama dan Cover Screen secara bersamaan.

Dengan layar yang lebih besar dan dukungan S Pen, Anda juga lebih mudah dalam melakukan editing. S Pen untuk Galaxy Z Fold3 5G memiliki teknologi baru, yaitu Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih. Latensinya pun rendah.

Sementara Galaxy Z Flip3 5G menurut kami lebih ideal untuk generasi muda yang gemar membuat konten untuk dibagikan ke media sosial. Fitur Quick Shot Galaxy Z Flip3 5G memudahkan pengguna untuk masuk ke mode kamera langsung dari keadaan ponsel tertutup, dan memanfaat cover screen sebagai panduan.

Galaxy Z Flip3 5G didukung Flex Mode sehingga bisa diletakkan secara stabil dengan berbagai kondisi pelipatan, termasuk sudut 90 derajat. Flex Mode juga memungkinkan Anda menciptakan konten secara hands-free, jadi tidak butuh sandaran smartphone atau tripod.

Ingin tampil stylish dan trendi?

Kalau bicara soal tampilan eksterior, menurut kami Galaxy Z Flip3 5G punya penawaran yang lebih menarik. Samsung menyediakan beragam aksesori yang stylish, berupa ring grips dan strap cases. Anda bisa memilih aksesori mana yang paling cocok untuk mengekspresikan diri dan membuat Anda menjadi seorang trendsetter.

Perbedaan harga

Terakhir soal perbedaan harga. Di Indonesia, Galaxy Z Fold3 5G sudah bisa dengan harga Rp24.999.000 (12/256GB) dan Rp26.999.000 (12/512GB). Galaxy Z Fold3 tersedia dengan pilihan warna Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Sementara Galaxy Z Flip3 5G dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau, yakni Rp14.999.000 (8GB/128GB) dan Rp15.999.000 (8GB/256GB). Galaxy Z Flip3 tersedia dengan pilihan warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black. Sekadar informasi tambahan, Galaxy Z Flip3 5G juga tercatat sebagai ponsel layar lipat termurah saat ini!

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *