Intel Arc: Solusi Grafis Performa Tinggi untuk Gamer dan Pencipta Konten



Intel baru-baru ini memperkenalkan Arc, sebuah solusi grafis dengan performa tinggi yang bisa menjadi alternatif bagi para gamer maupun kreator konten. Kehadiran Intel Arc tentunya amat menarik untuk menyaingi dua nama besar di ranah tersebut, yakni Nvidia dan AMD.

Brand untuk hardware dan software

Perlu diketahui bahwa Arc merupakan sebuah brand yang meliputi hardware dan software. Produk pertama dari brand Intel Arc dikabarkan akan meluncur pada kuartal pertama tahun 2022 mendatang dengan nama Alchemist.

Sebelumnya, Alchemist disebut DG2. Kartu grafis ini berbasis arsitektur mikro Xe HPG (High-Performance Gaming) yang merupakan konvergensi dari Intel Xe LP, HP, dan HPC microarchitectures. Teknologinya diklaim dapat memberikan skalabilitas dan efisiensi komputasi dengan fitur grafis canggih.

Alchemist sendiri akan didukung beberapa fitur seperti ray-tracing berbasis hardware dan AI Accelerated Super Sampling (kemungkinan fungsinya mirip DLSS milik Nvidia atau FSR milik AMD). Selain itu, ada pula dukungan penuh untuk DirectX 12 Ultimate.

Sudah punya nama untuk generasi selanjutnya

Meski Alchemist baru akan dirilis awal tahun depan dan rincian informasinya diungkap pada akhir tahun 2021, Intel sudah langsung mengumumkan nama sandi untuk beberapa generasi penerusnya. Mereka adalah Battlemage, Celestial and Druid.

“Peluncuran merek Intel Arc dan pengumuman hardware generasi masa depan menandakan komitmen mendalam dan berkelanjutan Intel kepada para gamer dan para kreator,” kata Roger Chandler, Intel vice president and general manager of Client Graphics Products and Solutions.

Menarik? Kita tunggu saja update dari Intel di masa depan!

Your email address will not be published. Required fields are marked *