Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Inilah Deretan Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold3 5G dari Galaxy Z Fold2

Sebagai generasi perangkat layar lipat terbaru dari Samsung, Galaxy Z Fold3 5G tentunya membawa beragam peningkatan menarik dari pendahulunya. Yang menjadi pertanyaan, apakah Anda yang saat ini memiliki Galaxy Z Fold2 perlu untuk melakukan upgrade ke Galaxy Z Fold3?

Untuk menjawab hal tersebut, berikut kami beberkan beberapa peningkatan yang ditawarkan oleh Galaxy Z Fold3 5G dari generasi sebelumnya:

1. Bodi tahan air

Salah satu peningkatan paling signifikan adalah soal sertifikasi IPX8. Itu artinya, Galaxy Z Fold3 5G memiliki bodi yang tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Keunggulan yang belum dimiliki oleh Galaxy Z Fold2. Dengan IPX8, Galaxy Z Fold3 5G akan memberikan rasa aman dan ketenangan selama penggunaan.

Perlu diketahui pula bahwa menghadirkan bodi tahan air pada perangkat foldable merupakan pekerjaan yang cukup rumit. Menurut Samsung, perangkat layar lipat memiliki bagian yang bergerak hingga celah yang tak terhindari.

Meski begitu, Samsung berhasil meminimalisir celah antara bodi dan engsel. Ada pula lapisan karet khusus untuk menjaga komponen elektronik tidak kemasukan air. Bagian engselnya pun diberi lapisan anti karat untuk melindunginya dari korosi.

2. Durabilitas tinggi

Dibanding seri sebelumnya, Galaxy Z Fold3 5G diklaim punya durabilitas yang lebih baik berkat material Aluminum Armor. Menurut Samsung, ini adalah material terkuat yang pernah digunakan. Sisi bagian luar dari Galaxy Z Fold3 5G juga dilindungi Gorilla Glass Victus yang 50 persen lebih tangguh dari Gorilla Glass 6.

3. Layar berukuran lega tanpa punch hole

Kalau layar utama Galaxy Z Fold2 masih memiliki punch hole untuk menampung kamera, Galaxy Z Fold3 5G kini hadir dengan layar berdesain penuh. Panel Dynamic AMOLED 2X 7,6 incinya tidak lagi memiliki poni maupun punch hole, yang artinya lebih lega dan bebas gangguan untuk menikmati konten atau melakukan multitasking.

4. Infinity Flex dengan daya tahan yang lebih baik

Masih soal layar utama Galaxy Z Fold3, atau yang disebut dengan nama Infinity Flex, Samsung mengklaim sudah menggunakan film pelindung berbahan Polietilena tereftalat (PET) yang dapat meregang dengan lebih optimal. Hasilnya, layar utama Galaxy Z Fold3 5G punya ketahanan 80 persen lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Ketahanan hinge (engsel) smartphone lipat ini juga terjamin dan sudah terverifikasi Bureau Veritas. Berdasarkan pengujian internal Samsung, engsel Galaxy Z Fold3 dapat bertahan hingga 200 ribu kali buka tutup.

5. Under Display Camera

Seperti disebutkan di atas, layar utama Galaxy Z Fold2 masih mempunyai punch hole untuk kamera. Hal yang tidak akan Anda temukan lagi di Galaxy Z Fold3 5G berkat teknologi Under Display Camera, alias kamera di bawah layar. Ya, di balik layar utama Galaxy Z Fold3 5G ini tersembunyi sebuah kamera 4 MP.

Meski tertanam di bawah layar, Anda tidak perlu khawatir soal kualitasnya. Jarak piksel yang berada di bagian atas kamera telah dioptimalkan agar memungkinkan cahaya melewati celah kamera. Dengan begitu, Anda tetap bisa melakukan panggilan video atau foto selfie dengan nyaman.

6. Cover Screen 120Hz

Bukan hanya layar utamanya saja yang mengusung Adaptive Refresh Rate 120Hz, layar eksternal atau cover screen pada Galaxy Z Fold3 5G juga memiliki Refresh Rate 120Hz. Peningkatan yang cukup menggiurkan karena Refresh Rate layar eksternal pada Galaxy Z Fold2 masih terbatas di 60Hz.

7. Dilengkapi S-Pen baru

Ini juga merupakan salah satu upgrade yang paling signifikan. Galaxy Z Fold3 5G mendukung penggunaan S Pen. Kemampuan ini baru pertama kali dihadirkan Samsung untuk perangkat foldable.

Ada dua varian S Pen yang tersedia, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Keduanya dibekali Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat menekan S Pen pada layar lipat Galaxy Z Fold 3 5G.

8. Chipset generasi terbaru

Samsung tentunya tidak lupa membenamkan chipset generasi terbaru untuk memberikan performa yang mumpuni. Pada Galaxy Z Fold3 5G, chipset yang digunakan adalah Qualcomm Snapdragon 888. Tentunya performanya lebih baik dibanding Snapdragon 865 Plus yang dibenamkan pada Galaxy Z Fold2.

9. Pilihan warna baru

Tidak hanya tampil dengan desain yang lebih trendi, Galaxy Z Fold3 juga menawarkan opsi warna yang berbeda dari Galaxy Z Fold2. Anda bisa memilih antara Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

 

10. Harga lebih terjangkau

Ini yang tidak kalah menarik. Dibanding ketika Galaxy Z Fold2 pertama kali meluncur di Indonesia dengan harga 33 jutaan rupiah, Galaxy Z Fold3 5G yang memiliki sederet hardware dan fitur yang lebih canggih justru dijual dengan harga lebih terjangkau. Galaxy Z Fold3 5G sudah bisa dipesan lewat program pre-order dengan harga Rp24.999.000 (12/256GB) dan Rp26.999.000 (12/512GB).

Informasi pemesanan awal Samsung Galaxy Z Fold3 5G bisa dilihat di tautan berikut. atau klik tombol di bawah ini.

Perlukah Anda upgrade?

Jika Anda ingin menggunakan smartphone tercanggih yang ada di tahun 2021, maka jawabnya jelas iya. Memilih Galaxy Z Fold3 5G akan memberikan pengalaman berbeda yang tidak akan Anda temukan pada perangkat kelas premium lainnya. Galaxy Z Fold3 5G dirancang sebagai powerhouse bagi konsumen yang mengharapkan cara-cara baru dalam menjalani produktivitas dan menikmati hiburan.

Bagi yang sudah memiliki Galaxy Z Fold2 dan menginginkan perangkat yang lebih canggih lagi, berganti ke Galaxy Z Fold3 5G cukup kami rekomendasikan. Selain peningkatan yang ditawarkannya amat signifikan, harganya juga lebih murah. Jadi bukan sekadar desain yang lebih fresh maupun performa yang lebih bertenaga saja yang dapat Anda nikmati di Galaxy Z Fold3 5G.

 

Artikel ini merupakan kerjasama YANGCANGGIH.COM dan Samsung Indonesia untuk mengedukasi pengguna gadget di Indonesia.