Review Kamera OPPO Find X3 Pro

4 Inovasi Baru yang Jadi Keunikan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Inovasi Samsung pada perangkat foldable dengan teknologi layar lipat semakin berkembang. Terbukti, melalui Galaxy Z Fold3 5G, Samsung menghadirkan begitu banyak peningkatan yang menjadikan perangkat ini jauh lebih menarik dibanding generasi sebelumnya.

Mulai dari form factor yang semakin tangguh hingga sederet fitur anyar, Galaxy Z Fold3 5G menawarkan kemampuan lebih lengkap untuk menembus batas antara smartphone dan tablet. Menurut Samsung, Galaxy Z Fold3 5G dirancang sebagai powerhouse bagi konsumen yang mengharapkan cara-cara baru dalam menjalani produktivitas dan menikmati hiburan.

Untuk lebih mengenalnya, kami sudah merangkum 4 fitur terbaru Galaxy Z Fold3 5G yang tidak hanya membuat perangkat premium ini semakin canggih, tetapi juga unik dan berbeda dari produk lainnya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

1. Perangkat foldable pertama yang tahan air

Samsung berhasil melakukan peningkatan form factor yang memungkinkan Galaxy Z Fold3 5G menjadi perangkat layar lipat pertama dengan sertifikasi IPX8. Bagi yang belum tahu, IPX8 artinya perangkat ini memiliki bodi yang tahan air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Dengan sertifikasi IPX8, Anda akan merasa lebih aman dan tidak perlu khawatir ketika Galaxy Z Fold3 5G tiba-tiba terkena hujan. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, Galaxy Z Fold3 5G tentunya sudah melalui beragam serangkaian pengujian.

Perlu diketahui bahwa menghadirkan bodi tahan air pada sebuah perangkat layar lipat bukan sesuatu yang mudah. Perangkat foldable memiliki kompleksitas tersendiri, mulai dari banyaknya bagian yang bergerak hingga celah yang tak terhindari dalam mendukung perangkat agar dapat dilipat.

Samsung memastikan celah antara bodi dan engsel dirancang sekecil mungkin. Selain itu, ada lapisan karet khusus untuk menjaga komponen elektronik tidak kemasukan air. Bagian engselnya pun diberi lapisan anti karat untuk melindunginya dari korosi.

2. Layar penuh tanpa notch dan punch hole

Layar utama pada Galaxy Z Fold3 5G disebut Infinity Flex Display dengan ukuran 7,6 inci. Kata ‘Infinity’ di sini memiliki arti yang sebenarnya. Tampilan layarnya penuh tanpa gangguan poni maupun punch hole. Anda akan lebih terpuaskan saat sedang menikmati konten atau melakukan multitasking.

Bahkan Samsung juga menggunakan teknologi layar Eco yang mampu meningkatkan tingkat kecerahan hingga 29 persen dibanding pendahulunya, tapi dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Pergerakan pada layar pun terlihat mulus berkat Adaptive Refresh Rate 120Hz. Sekadar informasi tambahan, Cover Screen atau layar eksternal pada Galaxy Z Fold3 5G juga memiliki refresh rate 120Hz.

Bagaimana dengan ketahanan layarnya? Galaxy Z Fold3 5G mengandalkn film pelindung berbahan Polietilena tereftalat (PET) yang dapat meregang dengan lebih optimal. Hasilnya, layar utama pada Galaxy Z Fold3 5G 80 persen lebih tangguh dibanding generasi sebelumnya.

3. Teknologi kamera di bawah layar

Keberhasilan Samsung dalam menghadirkan layar penuh tanpa punch hole diraih berkat dukungan inovasi lainnya, yaitu Under Display Camera alias kamera di bawah layar. Ya, di balik layar utama Galaxy Z Fold3 5G ada sebuah kamera yang tersembunyi.

Rahasianya, kamera 4 MP ini dirancang sedemikian rupa dengan mengurangi jumlah piksel yang berada tepat di atas kamera. Jarak piksel yang berada di bagian atas kamera telah dioptimalkan agar memungkinkan cahaya melewati celah kamera. Dengan begitu, Anda tetap bisa melakukan panggilan video dengan nyaman sembari menikmati tampilan layar yang lebih luas.

4. Dukungan S Pen dengan teknologi baru

Mungkin kurang lengkap rasanya jika sebuah perangkat dengan layar seluas tablet tidak didukung fitur penunjang produktivitas dan kreativitas yang mumpuni. Untuk pertama kalinya, Samsung memberikan dukungan S Pen pada perangkat lipatnya. Ada dua varian S Pen yang tersedia, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro.

Sama seperti seri Galaxy Note, S Pen pada Galaxy Z Fold3 5G bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan, seperti menulis catatan sambil melakukan panggilan video, hingga memeriksa to-do-list sembari membaca email. Yang lebih menarik, ada fitur S Pen to text untuk menyempurnakan tulisan hanya melakukan gerakan-gerakan sederhana.

Tentunya S Pen pada Galaxy Z Fold3 5G juga dirancang dengan teknologi baru. Keduanya dibekali Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih. Latensinya pun rendah. Samsung menjanjikan, ini adalah teknologi terdepan S Pen yang akan membuat pengalaman menulis, menggambar, mengedit dokumen, maupun berkirim pesan menjadi lebih baik.

Harga Samsung Galaxy Z Fold3 5G di  Indonesia

Itulah 4 inovasi baru yang sekaligus menjadi keunikan dari Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Di Indonesia, Galaxy Z Fold3 5G sudah bisa dipesan lewat program pre-order dengan harga Rp24.999.000 (12/256GB) dan Rp26.999.000 (12/512GB). Galaxy Z Fold3 tersedia dengan pilihan warna Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Kabar menarik bagi Anda, pre-order di www.galaxylaunchpack.com atau Indosat Gallery dan XL Center sampai 29 Agustus 2021 akan mendapatkan penawaran khusus hingga Rp5.239.000 yang terdiri dari proteksi Samsung Care+ selama 1 tahun, e-voucher hingga Rp1.500.000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-Store, dan cashback dari bank tertentu hingga Rp1.000.000.

Selain itu, tersedia juga program buy-back 60% untuk pembelian smartphone foldable seri berikutnya di tahun depan dan program cicilan 0% sampai 24 bulan melalui mitra-mitra bank berikut: Mandiri, BRI, Panin Bank, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered, dan Bank Mega.