Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Inilah Keunggulan Fitur Portrait Beautification Video di OPPO Reno6 Series 5G

Satu fitur lagi diperkenalkan oleh OPPO Indonesia menjelang peluncuran Reno6 Series 5G. Disebut Portrait Beautification Video, fitur ini mampu menghadirkan efek kecantikan yang halus dan alami untuk video portrait yang direkam dengan Reno6 Series 5G.

Keunggulan Portrait Beautification Video di Reno6 Series 5G

OPPO Reno6 Series 5G Nikita Willy

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Kamis (12/8), OPPO menyebutkan bahwa semua orang bisa menjadi pembuat konten yang kreatif di media sosial. Karena itu, OPPO membenamkan sederet fitur videografi di Reno6 Series 5G. Setelah sebelumnya Bokeh Flare Portrait Video dan AI Highlight Video, kini giliran Portrait Beautification Video yang diperkenalkan.

“OPPO senantiasa ingin memberikan pengalaman video terbaik kepada para pengguna sehingga kami fokus pada 4 tahapan proses video end-to-end mulai dari pengambilan gambar (shooting) dan pengeditan (editing), hingga penayangan (viewing) dan berbagi (sharing). Bagi para generasi Z, fitur Portrait Beautification Video yang ada di OPPO Reno6 Series 5G akan menjadi fitur yang layak ditunggu,” kata Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia.

Lalu, seperti apa keunggulan Portrait Beautification Video? Menurut OPPO, fitur ini menggunakan teknologi AI untuk mendeteksi warna kulit, jenis kelamin, usia, dan karakteristik lain yang ada di video untuk menerapkan efek/filter.

Efek yang dihasilkan beragam, seperti penyesuaian bentuk wajah, make up enhancement (warna lipstik dan blush on), serta kontur yang disesuaikan untuk setiap orang, dan dapat secara otomatis diatur untuk temperatur warna tinggi, temperatur warna rendah, dan cahaya latar.

Portrait Beautification Video pada OPPO Reno6 Series 5G mampun mengenali 193 titik wajah. Ada 8 filter kencantikan, contohnya tekstur kulit lebih halus, wajah yang lebih tirus, mata lebih besar dan lainnya yang tersedia saat memotret dengan kamera depan.

Selain itu, efek kecantikan video potret akan menghilangkan ketidaksempurnaan kulit di wajah sambil tetap mempertahankan fitur alami, menyesuaikan warna kulit wajah dengan leher dan lengan, dan mencerahkan mata agar terlihat lebih istimewa.

Fotografi komputasional dengan teknologi AI

OPPO Reno6 Series 5G Arifin Putra

Di OPPO Reno6 Series 5G, fitur ini mudah ditemukan ketika membuka kamera. Pengguna hanya perlu mengetuk icon AI Beautification.Pada kamera depan(photo/video/portrait/night mode) ada 8 filter kecantikan yang tersedia di panel. Untuk kamera belakang (photo/video/portrait/dual-view video mode) pengguna dapat membuat sendiri level filter kecantikan dari skala 1 – 100.

Patrick Owen menambahkan, OPPO Reno6 Series 5G terus memanfaatkan keahlian OPPO dalam fotografi komputasional dan kekuatannya dalam teknologi AI untuk menciptakan fitur-fitur inovatif. Menurutnya, ditambah dengan Fitur Portrait Beautification Video, kualitas video yang dihasilkan tidak kalah dengan kualitas film yang kita lihat di sinema.

Berkat R&D jangka panjang OPPO dalam AI dan eksplorasi teknik fotografi komputasionalnya, OPPO telah membangun lebih dari 10 juta basis data untuk melatih teknologi AI-nya. Data dalam database mencakup adegan gambar yang berbeda, postur dan posisi orang dalam gambar, perbedaan sudut pengambilan gambar, perubahan pencahayaan, jarak antara objek dan kamera, dll.

Dengan menggunakan data ini, algoritma dilatih puluhan ribuan kali untuk memastikan cakupan adegan yang mungkin ditemui pengguna saat memotret. Berkat database besar dan pelatihan ekstensif ini, Bokeh Flare Portrait Video mampu mengidentifikasi karakteristik potret dengan akurasi 97%. Terlebih lagi, seluruh proses dapat diselesaikan dalam 10ms, memungkinkan pratinjau video secara langsung.

Back to top button