Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Samsung Umumkan Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic dengan Wear OS

Selain mengumumkan kehadiran duo ponsel layar lipat terbarunya, Samsung juga punya produk terbaru dari kategori smarwatch, yakni Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic. Yang menarik, kedua jam tangan pintar ini mengadopsi WearOS.

Fitur Samsung Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic

Samsung Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic adalah dua smartwatch pertama yang menggunakan sistem operasi One UI Watch berbasis Wear OS. Sebelumnya, Samsung memakai Tizen. Selain itu, keduanya juga menjadi jam tangan pintar pertama dengan chipset 5nm Exynos W920.

Perbedaan keduanya ada pada ukuran. Galaxy Watch4 menawarkan ukuran 40mm (layar 1,19 inci) dan 44mm (layar 1,36 inci) dengan digital bezel berbasis sentuhan pada layar untuk navigasi, sementara Galaxy Watch4 Classic berukuran 42mm dan 46mm dengan rotation bezel fisik.

Samsung Galaxy Watch4

Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic dibekali teknologi baru yang disebut BioActive Sensor. Keunggulannya, dengan desain yang lebih ringkas tingkat akurasinya tetap baik. Samsung memberikan sensor 3-in-1 dengan single chip yang mampu memantau detak jantung, mendeteksi irama jantung (EKG), dan memantau tekanan darah.

Untuk fitur kesehatan lainnya, Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic memiliki kemampuan pemantau kualitas tidur yang lebih baik dan mampu mendeteksi dengkuran. Selama pengguna tidur perangkat tersebut akan terus memantau kadar oksigen dalam darah.

Samsung Galaxy Watch4 Classic

Bagi yang gemar olahraga, Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic juga dapat mendeteksi lebih dari 100 aktivitas fisik yang berbeda. Sebagian di antaranya bisa ditampilkan ke Samsung TV, seperti yoga atau aerobik.

Ada pula dukungan fungsi gesture yang memungkinkan pengguna untuk mengangkat panggilan telepon hanya dengan mengangkat pergelangan tangan ke kepala, atau menggoyangkan tangan untuk menolak panggilan.

Samsung Galaxy Watch4 Classic

Seperti disebutkan di atas, Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic dipersenjatai chipset Exynos W920 5nm. Chipset ini memiliki core terdedikasi khusus untuk Always-On Display. RAM-nya sendiri sebesar 1.5 GB sedangkan storage-nya 16 GB. Untuk baterai, Galaxy Watch4 mengusung kapasitas 247 mAh dan Watch4 Classic 361 mAh, dengan daya tahan hingga 40 jam dalam sekali charge.

Harga Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic di Indonesia

Samsung Galaxy Watch4

Bagi yang berminat, Samsung sudah membuka pre-order Galaxy Watch4 dan Watch4 Classic untuk konsumen di Indonesia. Galaxy Watch4 dijual dengan harga mulai dari Rp2.999.000 untuk varian Bluetooth, hingga Rp3.999.000 untuk varian LTE. Sementara Galaxy Watch4 Classic harganya mulai dari Rp4.499.000 untuk varian Bluetooth, hingga Rp5.999.000 untuk varian LTE.