Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Berminat Membeli TV dengan HDMI 2.1 untuk PS5 dan Xbox Series X? Simak Dulu Penjelasannya

Sebagian dari Anda tentunya sudah sering mendengar tentang HDMI 2.1. Standar HDMI terbaru ini memungkinkan pengguna untuk menikmati visual yang lebih tajam dengan frame rate yang lebih tinggi di TV, dengan konten yang dikirimkan dari sumber seperti media player, PC, atau konsol game.

Kemampuan itulah yang membuat TV dengan HDMI 2.1 ideal untuk dipasangkan dengan konsol generasi terkini, yaitu PlayStation 5 dan Xbox Series X. Kedua konsol tersebut memang dijanjikan mampu memberikan pengalaman gaming 4K di 120fps.

Nah, dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang HDMI 2.1, dan menentukan apakah Anda membutuhkan TV dengan HDMI 2.1 atau tidak untuk bermain PS5 atau Xbox Series X. Yuk, langsung saja simak!

1. Hadir di rangkaian TV terbaru

Beberapa TV keluaran tahun 2020 dan 2021 sudah banyak yang mengusung port HDMI 2.1. Setidaknya Anda akan menemukan satu port HDMI 2.1 pada TV kelas menengah ke atas dari berbagai brand seperti Samsung, Sony, dan sebagainya. Itu artinya, Anda pun wajib menyiapkan dana yang lumayan besar jika ingin memiliki TV dengan teknologi HDMI 2.1.

2. Apakah port dan kabelnya berbeda dengan HDMI lama?

Secara tampilan fisik, HDMI 2.1 memiliki desain connector dan kabel yang kurang lebih sama dengan HDMI pada umumnya. Meski sekilas sama, fiturnya jelas berbeda. Anda tetap membutuhkan kabel khusus yang mendukung teknologi HDMI 2.1 agar dapat memaksimalkan potensinya.

Anda wajib menggunakan kabel berkecepatan tinggi (Ultra High Speed HDMI Cable) yang memang didesain untuk mendukung teknologi HDMI 2.1. Kabel HDMI 2.1 memiliki bandwidth yang lebih besar dengan kecepatan hingga 48 Gbps, atau 2,6 kali lebih tinggi dari HDMI 2.0.

Bisakah port HDMI 2.1 digunakan dengan kabel HDMI lama? Bisa. Tapi tidak akan mampu menyajikan resolusi dan frame rate maksimal. Kabel HDMI 2.0 ‘hanya’ memiliki kecepatan 18 Gbps meski sesungguhnya masih sangat ideal untuk resolusi 4K 60fps, atau 8K 30fps. Sementara kabel HDMI 1.4 (yang lebih lawas) hanya memiliki kecepatan 10.2 Gbps.

Sekadar informasi, sinyal 4K dengan resolusi 3.820 x 2160 pixel besaran datanya sekitar 4 kali lebih besar dari Full HD 1080p. Begitu pula dengan frame rate. Intinya, semakin tinggi resolusi dan frame rate maka semakin tinggi pula kecepatan kabel yang dibutuhkan untuk mengirim sinyal dari PS5/Xbox Series X ke TV.

Kabar baiknya, paket penjualan PS5 dan Xbox Series sudah disertakan kabel HDMI berkecepatan tinggi yang mendukung HDMI 2.1. Jadi Anda tidak perlu membeli terpisah. Lalu, berapa resolusi dan frame rate maksimal HDMI 2.1 sehingga membutuhkan kabel yang lebih kencang? Simak penjelasannya di poin selanjutnya.

3. Resolusi dan frame rate yang mampu didukung oleh teknologi HDMI 2.1

Mengutip dari CNET, pada dasarnya teknologi HDMI 2.1 mampu mendukung resolusi 4K di 120fps, 5K di 60 atau 120 fps, 8K di 60 atau 120 fps, hingga yang paling tinggi adalah 10K di 120 fps. Meski bisa sampai 10K 120fps, kecepatan kabel HDMI 2.1 yang ada sekarang hanya sanggup hingga 4K 120fps atau 8K 60fps.

Tentunya berapa resolusi dan frame rate yang bisa Anda nikmati juga tergantung dari spesifikasi masing-masing TV. Membeli TV dengan teknologi HDMI 2.1 bukan berarti otomatis bisa menikmati visual 8K. Umumnya, TV dengan HDMI 2.1 yang ada di pasaran saat ini memiliki resolusi maksimal 4K dengan refresh rate 120 Hz, yang artinya mendukung 120 fps.

Ada pula yang 8K, tapi harganya sangat mahal. Lagipula, konten 8K pun masih amat minim. Dan kalau konteksnya gaming dengan PS5 atau Xbox Series X yang menawarkan pengalaman gaming 4K 120fps, jelas Anda belum butuh TV 8K.

Selain soal resolusi dan frame rate, beberapa TV dengan HDMI 2.1 biasanya juga didukung fitur seperti Variable Refresh Rate (VRR), Auto Latency Mode (ALLM), dan eARC atau Enhanced Audio Return Channel.

4. PS5 dan Xbox Series X: wajib beli TV dengan HDMI 2.1?

Untuk poin yang satu ini, saya sebagai penulis akan berbagi pengalaman setelah sekitar 3 bulan memiliki PS5 dan dipasangkan dengan Samsung TU8500. Menurut saya, jika Anda sudah memiliki TV 4K, tanpa teknologi HDMI 2.1 pun Anda tetap bisa bermain dengan lancar dan menikmati visual yang memanjakan mata.

Beberapa game PS5 memberikan opsi untuk memilih pengaturan grafis. Contohnya Spider-Man: Miles Morales yang menawarkan Performance Mode dengan fokus mengunci frame rate di 60fps. Ada pula Fidelity Mode yang mungkin bisa diartikan sebagai ‘rata kanan’, dengan resolusi 4K 30fps dan ray tracing aktif. Mode ketiga disebut Performance RT yang menawarkan 60fps dengan ray tracing aktif. Ya, belum ada opsi untuk 120fps.

Tapi adakah game PS5 yang berjalan di 120fps? Ada, antara lain Rainbox Six Siege, Borderlands 3, Call of Duty: Black Ops Cold War, Call of Duty: Warzone, Dirt 5, Devil May Cry 5, Fortnite, dan sebagainya. Untuk Xbox Series X, judul yang mendukung 120fps jauh lebih banyak lagi dibanding PS5.

Kembali ke pertanyaan di atas, perlukah membeli TV dengan HDMI 2.1 untuk bermain PS5 dan Xbox Series X? Jawabannya menurut saya: belum perlu jika Anda sudah memiliki TV 4K HDR. Setidaknya untuk saat ini. Yang perlu digarisbawahi, TV dengan HDMI 2.1 bukanlah syarat wajib untuk memainkan konsol generasi terbaru.

Namun jika TV Anda masih Full HD saja, saya sangat merekomendasikan untuk beralih ke TV 4K HDR. Sebenarnya tidak masalah bermain di TV Full HD. PS5 dan Xbox Series X tetap mampu dimainkan dengan nyaman. Hanya saja, potensi grafisnya kurang maksimal.

Umumnya TV 4K yang ada di pasaran sekarang memiliki refresh rate 60Hz. Artinya bisa untuk bermain di 4K 60fps. Sudah sangat ideal untuk menyajikan visual yang amat menawan pada hampir semua game AAA yang ada saat ini, baik di PS5 maupun Xbox Series X.

Kalau prioritas Anda adalah 120fps (mungkin agar bisa bermain lebih kompetitif) tapi dana terbatas, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli monitor Full HD dengan refresh rate 120Hz yang dari segi harga lebih ramah kantong.