[Tips] Menjaga Kinerja dan Keamanan tetap Optimal pada Ponsel OPPO dengan ColorOS 11



Smartphone OPPO yang mengadopsi sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11 memang menjanjikan performa yang ringan dan mulus, meski dibekali sederet fitur bawaan. Walaupun begitu, seiring pemakaian, Anda sebagai pengguna tetap harus melakukan beberapa hal untuk memastikan kinerjanya tetap optimal.

Cara memastikan kinerja ponsel tetap optimal dengan ColorOS 11

Berikut langkah-langkah sederhana untuk memastikan kinerja ponsel dengan ColorOS 11 selalu optimal untuk jangka waktu yang lama:

1. Bukan aplikasi Phone Manager.

2. Biarkan proses scanning atau pemindaian selesai, lalu ketuk tombol Optimize.

3. Setelah itu, lanjutkan dengan mengetuk tombol Clean Up Storage. Lewat fitur ini Anda bisa membuang berbagai file-file sampah yang tidak dibutuhkan. Storage yang terlalu penuh juga menjadi salah satu penyebab kinerja menurun.

4. Anda juga bisa melakukan pembersihan lebih lanjut melalui fungsi Deep Cleanup. Fitur ini akan menyaring file foto yang obyek atau sudut pengambilan gambarnya sama, untuk dihapus secara manual. Dengan begitu, Anda tidak akan menyimpan foto-foto yang mirip satu sama lain.

Cara menjaga keamanan ponsel dengan ColorOS 11

Selain kinerja, sistem keamanan pada ponsel pun perlu Anda perhatikan secara berkala agar terhindar dari virus. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Phone Manager.

2. Pilih Virus Scan.

3. Biarkan prosesnya selesai, lalu pilih Clear All jika ditemukan file yang mencurigakan.

Bagaimana? Mudah, ‘kan?

Your email address will not be published. Required fields are marked *