AMD Radeon RX 6600 XT: Standar Baru Kartu Grafis untuk Gaming di Resolusi Full HD

Kebanyakan PC gaming kekinian fokus pada resolusi tinggi di resolusi 2K, 4K atau hingga 8K. Selain itu, kartu grafis juga mulai dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang menjadikan kartu grafis semakin canggih. Artinya, gaming di resolusi Full HD kini bisa dibilang mulai bergeser ke kelas entry.

svg%3E

Segmen ini memang masih terbuka lebar. Pasalnya, gaming di resolusi Full HD menawarkan keseimbangan antara kualitas grafis yang oke tanpa perlu spesifikasi PC yang kencang dan mahal. Melihat peluang inilah AMD menghadirkan kartu grafis Radeon RX 6600 XT.

Fitur AMD Radeon RX 6600 XT

Radeon RX 6600 XT hadir dengan 32 compute unit, RAM 8GB GDDR6 dan berlari di kecepatan 2359 MHz. Spesifikasinya memang bukan yang paling yang kencang. Tapi, kartu grafis ini semakin menarik di kelas harganya berkat sederetan teknologi teranyar kartu grafis AMD.

Sebut saja teknologi AMD FidelityFX Super Resolution (FSR) yang baru saja diperkenalkan ke publik Juni lalu di ajang Computex 2021. Teknologi ini adalah pesaing Nvidia DLSS (Deep Learning Super Sampling).

svg%3E

svg%3E

FSR memungkinkan teknik upscaling yang akan menghasilkan visual dengan resolusi lebih tinggi dari gambar resolusi rendah. Ini artinya, Radeon RX 6600 XT bisa mendongkrak performa grafis di resolusi Full HD dengan frame rate yang lebih tinggi. Menariknya, FSR didukung berbagai prosesor dan GPU AMD, serta GPU kompetitor.

Kartu grafis ini juga akan mendukung teknologi AMD Smart Access Memory (SAM). Saat memasangkan Radeon RX 6000 Series dengan prosesor Ryzen 5000 atau Prosesor Desktop Ryzen 3000 Series dan motherboard AMD 500-series yang kompatibel, SAM akan memberikan prosesor Ryzen akses ke seluruh memori GDDR6 berkecepatan tinggi kartu grafis untuk memberikan peningkatan performa.

Fitur menarik lain, Radeon RX 6600 XT mendukung DirectX 12 Ulimate Support, AMD Radeon Anti-Lag dan AMD Radeon Boost.

Harga AMD Radeon RX 6600 XT

Kartu grafis ini akan tersedia dari berbagai pabrikan seperti ASRock, ASUS, BIOSTAR, Gigabyte, MSI, PowerColor, SAPPHIRE, XFX dan Yeston di etailers/retailer global mulai 11 Agustus 2021. Harga AMD Radeon RX 6600 XT US$379 USD atau sekitar 5 jutaan Rupiah.

Verified by MonsterInsights