Quantcast
Mobile GadgetNewsTablet Android

MediaTek Umumkan Kompanio 1300T, Chipset untuk Tablet dan Laptop

MediaTek mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang diberi nama Kompanio 1300T. Yang menarik, chipset ini dirancang khusus untuk mempersenjatai perangkat seperti tablet, laptop, dan 2-in-1. Seperti apa teknologi yang ditawarkannya?

Spesifikasi MediaTek Kompanio 1300T

MediaTek Kompanio 1300T

MediaTek Kompanio 1300T dibangun dengan fabrikasi 6nm. Chipset ini memiliki CPU octa-core dengan 4-core Cortex-A78 untuk menunjang performa yang bertenaga, serta 4-core hemat daya Cortex-A55. Sementara urusan grafis dipercayakan kepada GPU Mali-G77 MC9.

Selain itu, MediaTek Kompanio 1300T juga mendukung penggunaan memori quad-channel hingga kapasitas 16 GB, serta storage dual-channel UFS 3.1. Kombinasi yang cukup menggiurkan dan diyakini mampu memberikan performa yang kencang untuk beragam kebutuhan.

Yang tidak kalah menarik, chipset ini mampu memfasilitasi penggunaan layar 2.5K dengan refresh rate 120 Hz. Ada pula dukungan HDR10+ dan teknologi MediaTek MiraVision untuk memaksimalkan kualitas visual. Sementara untuk keperluan kamera, MediaTek Kompanio 1300T mendukung sensor hingga 108 MP lengkap dengan kemampuan perekaman video 4K 60fps dan 4K HDR.

“Ada permintaan perangkat PC yang dirancang untuk bekerja secara remote dan untuk hiburan multimedia. Itulah mengapa MediaTek fokus untuk mengintergrasikan teknologi terkini di komputasi, komunikasi, multimedia, AI, gaming, dan koneksi nirkbale ke dalam seri Kompanio,” ujar PC Tseng, General Manager of Intelligent Multimedia Business Unit MediaTek.

Perlu diketahui bahwa MediaTek Kompanio 1300T merupakan chipset yang telah dibekali teknologi 5G Sub-6GHz. Pada sektor konektivitas lainnya MediaTek tidak lupa menambahkan teknologi Bluetooth 5.2 dan WiFi 6.

Jadwal kehadiran MediaTek Kompanio 1300T

Perangkat yang mengadopsi MediaTek Kompanio 1300T diprediksi akan meluncur ke pasaran pada kuartal ke-3 tahun 2021 mendatang. Sayangnya belum ada informasi tablet atau PC dari brand mana yang pertama menggunakan chipset ini.

Back to top button