Valve Perkenalkan Steam Deck, PC Gaming dengan Desain ala Konsol Genggam

Kabar menarik untuk para gamer PC. Perusahaan pemilik Steam, Valve, baru saja memperkenalkan Steam Deck. Ini adalah sebuah PC gaming yang dikemas dalam desain ala konsol genggam. Seperti apa kecanggihannya?

Spesifikasi Steam Deck

svg%3E

Dengan form factor yang sedikit lebih besar dari Nintendo Switch, Steam Deck menawarkan kemampuan layaknya PC gaming pada umumnya. Perangkat ini mengadopsi versi modifikasi dari SteamOS, sistem operasi garapan Valve sendiri.

Antarmukanya dibuat lebih sederhana agar memudahkan navigasi. Gamer tentunya bisa mengakses seluruh game miliknya di Steam Library, maupun membeli game baru melalui Steam Store. Bayangkan sebuah mesin gaming portabel yang ringkas dengan ekosistem yang begitu kaya untuk bisa dimainkan kapan pun dan di mana pun.

Dari segi spesifikasi, Steam Deck dipersenjatai prosesor AMD APU Zen 2 quad-core 8-thread dengan GPU 8 RDNA 2 CU, serta RAM LPDDR5 16 GB. Ada beberapa pilihan storage yang tersedia, mulai dari eMMC 64 GB, SSD NVMe 256 GB, hingga yang paling tinggi SSD NVMe 512 GB. Jika masih kurang, gamer juga bisa memasang microSD.

Layarnya berukuran 7 inci dengan resolusi 1200 x 800 pixel dan refresh rate 60Hz. Valve tidak lupa membenamkan teknologi Bluetooth 5.0, WiFi dual-band 2.4GHz dan 5GHz, serta baterai 40Whr yang mampu membuatnya menyala antar 2 hingga 8 jam (tergantung game yang dijalankan) lengkap dengan dukungan charging 45W USB-C atau PD 3.0.

svg%3E

Sistem controller pada Steam Deck pun cukup lengkap. Mulai dari sepasang analog stick, D-pad, tombol ABXY, L1/L2 dan R1/R2, serta 4 tombol ekstra di bagian grip. Tidak ketinggalan Valve juga menambahkan 6-axis gyroscope.

Harga dan tanggal rilis Steam Deck

Steam Deck dijadwalkan akan mulai dilepas ke pasaran pada bulan Desember 2021 mendatang. Bagi yang berminat, Steam Deck dijual dengan harga mulai dari US$399 untuk varian 64 GB, US$529 untuk varian 256 GB, serta US$649 untuk varian 512 GB.