Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang OPPO Reno6

OPPO menjadikan Reno6 sebagai jagoan terbarunya untuk mendobrak pasar kelas menengah di Indonesia. Sama seperti pendahulunya, smartphone ini kembali mengedepankan sektor fotografi dan videografi sebagai nilai jual utama, dengan Bokeh Sinematik sebagai suguhan baru yang menarik untuk dicoba.

Nah, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk meminang OPPO Reno6 dalam waktu dekat, dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda untuk mengenal ponsel ini lebih jauh dan mendalam. Berikut adalah semua hal yang perlu Anda ketahui tentang OPPO Reno6:

1. Tetap tampil ramping dan ringan

svg%3E

Sama seperti generasi sebelumnya, OPPO Reno6 masih hadir dengan desain yang ramping dan ringan dengan tinggi 159.1mm dan lebar 73.3mm. Ketebalannya hanya 7,8mm saja, sedangkan beratnya 173 gram. Kombinasi bodi yang tipis dan bobot yang ringan membuat Reno6 sangat nyaman untuk digenggam dan dimasukkan ke dalam tas atau saku celana. Apalagi, ponsel ini juga tidak licin.

2. Teknik pewarnaan yang lebih canggih dari Reno5

Walaupu sekilas mirip dengan Reno5, sesungguhnya desain OPPO Reno6 menggunakan teknik pewarnaan 5 lapisan Diamond Spectrum, dari yang sebelumnya hanya 3 lapis saja. Bagi yang belum tahu, Diamond Spectrum merupakan teknik yang dapat memproyeksikan jutaan warna jika pengguna melihatnya dari berbagai sudut pandang.

svg%3E
Reno6 vs Reno5

Apa bedanya? Pada Reno6, masing-masing lapisan memiliki peran berbeda. Misalnya lapisan reflektif yang menghasilkan rangkaian warna layaknya pelangi, lapisan lensa fresnel yang dapat memproyeksikan spektrum warna beragam, hingga lapisan akhir transparan yang dapat memperkuat berbagai refleksi warna pada lapisan sebelumnya.

3. Dua warna menarik dan tidak mudah kotor

svg%3E

Di Indonesia, OPPO Reno6 akan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Aurora dan Stellar Black. Bukan hanya terlihat menawan sekaligus elegan, OPPO menjanjikan kedua warna tersebut tidak mudah kotor oleh bekas jari. Cocok untuk Anda yang kurang suka menggunakan casing.

4. Konfigurasi 4 kamera belakang

OPPO Reno6 menyuguhkan konfigurasi 4 kamera di belakang dengan sensor utama 64 MP f/1.7, sensor 8 MP dengan lensa ultra-wide 119 derajat, kamera makro 2 MP, dan kamera mono 2 MP. Untuk selfie, ada kamera 44 MP f/2.4 di depan. Jika ingin memotret dengan resolusi lebih tinggi, pengguna bisa mengandalkan fitur Ultra-Clear 108 MP Image.

svg%3E

5. Fitur baru: Bokeh Flare Portrait Video

Seperti disebutkan di atas, OPPO Reno6 merupakan ponsel dengan kemampuan untuk menciptakan konten video dengan efek bokeh sinematik. Teknologi baru yang dihadirkan khusus untuk menunjang fungsi tersebut adalah Bokeh Flare Portrait Video.

[Reno6] Nostalgia - Vanesha

[Reno6] Craving - Radit

Bokeh Flare Portrait mengusung konsep yang agak mirip dengan Night Flare Portrait, yaitu menggabungkan efek bokeh dan algoritma Low Light HDR untuk menghasilkan foto artistik dengan menambahkan efek neon menawan dengan latar belakang lampu. Bedanya, Bokeh Flare Portrait ada OPPO Reno6 tidak hanya bisa digunakan untuk foto, tetapi juga untuk merekam video.

svg%3E

Ketika Bokeh Flare Portrait Video aktif, teknologi tersebut secara otomatis akan menyajikan bokeh yang dinamis dan kaya warna pada video. Hasilnya adalah background yang terlihat memukau dengan subyek utama yang tetap tampak terang. OPPO mengklaim Reno6 memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai dengan lensa kamera aperture besar pada kamera DSLR, untuk meniru efek bokeh, ukuran, kecerahan, dan lingkaran bokeh pada setiap cahaya dalam video.

6. Snapdragon 720G dan teknologi ekspansi RAM

Dari sektor performa, OPPO Reno6 kembali mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang ditemani RAM 8 GB. Kombinasi yang di atas kertas sudah amat memadai untuk menunjang berbagai kebutuhan, termasuk gaming. Apalagi, OPPO Reno6 memiliki Multi-Cooling System untuk meredam suhu panas sehingga performanya tetap terjaga di berbagai kondisi.

svg%3E

Satu fitur menarik lainnya terkait performa adalah ekspansi RAM. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menambah memori dengan opsi 2 GB, 3 GB, atau 5 GB sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan membuat Reno6 tetap berjalan dengan lancar walaupun beberapa aplikasi berjalan bersamaan.

7. Storage besar 128 GB UFS 2.1

Untuk pengguna yang butuh ruang penyimpanan besar, OPPO Reno6 dibekali storage internal 128 GB berteknologi UFS 2.1. Bukan hanya lega, UFS 2.1 juga merupakan teknologi storage yang kencang. Jika kapasitas tersebut dirasa masih kurang, pengguna bisa memperluasnya dengan memasang microSD.

8. Quick Startup: fitur cerdas untuk main game

svg%3E

Selain Bokeh Sinematik, salah satu fitur menarik lainnya yang hadir pada OPPO Reno6 adalah Quick Startup. Fitur ini secara cerdas akan mengidentifikasi game favorit yang paling sering dimainkan dan membuatnya tetap aktif pada latar belakang. Sehingga apabila kita Kembali memilih game tersebut, secara otomatis Reno6 akan membuat jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda game dalam satu kali klik.

Fitur yang akan membuat nyaman para pengguna karena dapat mempersingkat waktu pemuatan game. Itu artinya pengguna Reno6 tidak akan memulai lagi berbagai pemuatan dalam game seperti jendela publisher game atau pemuatan ulang data game, dan bisa langsung menuju ke permainan. Selain Quick Startup, Reno6 juga didukung fitur gaming lainnya seperti Game Focus Mode untuk menghindari gangguan selama bermain, dan teknologi Hyperboost 4.0 untuk menjamin game berjalan optimal.

9. Teknologi fast charging 50W

svg%3E

Sektor daya OPPO Reno6 dipersenjatai baterai 4.310 mAh. Meski sekilas kurang besar, dengan manajemen daya yang baik dari ColorOS baterai tersebut mampu untuk menemani aktivitas sepanjang hari. Apalagi, Reno6 didukung pengisian daya cepat 50W. Menurut OPPO, Reno6 dapat diisi hingga 100% dalam  waktu 45 menit saja, dan pengisian daya 5 menit akan memberi daya yang cukup untuk 3 jam pemutaran video berkelanjutan.

10. Layar AMOLED 90Hz

OPPO Reno6 mengusung layar AMOLED 6,4 inci Full HD+ yang memiliki rasio 91,7 persen. Itu artinya, bezel di sekitar layar amat tipis. Layar ini juga sudah mengusung refresh rate 90Hz dan respon sentuhan 180Hz, untuk memberikan tampilan yang mulus saat menulusuri konten dan bermain game.

Selain itu, layar Reno6 memiliki sertifikasi SGS Eye Care Display yang memastikan kenyamanan untuk penggunaan dengan durasi yang lama, serta sertifikasi Netflix dan Amazon Video HD Streaming. Tingkat kecerahannya maksimumnya mencapai 600 nits sehingga tetap terang dan nyaman ketika digunakan di bawah sinar matahari.

svg%3E

11. Sensor sidik jari di dalam layar

Sama seperti Reno5, OPPO Reno6 juga menempatkan sensor sidik jari secara tersembunyi di dalam layar. Yang pasti, sensor ini cukup responsif dan akurat dalam mengenali jari penggunanya.

12. Codec audio yang didukung

OPPO Reno6 menggunakan Bluetooth 5.1 untuk terhubung dengan beragam perangkat secara nirkabel, termasuk produk audio seperti TWS. Smartphone ini mendukung beberapa codec audio mulai dari SBC, AAC, aptX HD, dan LDAC. Cocok untuk Anda yang gemar mendengarkan musik.

13. Masih menyediakan port audio jack 3.5mm

Kabar baik bagi Anda yang masih membutuhkan port audio jack 3.5mm. Meski tampil dengan bodi yang bisa dibilang amat ramping, OPPO Reno6 tetap menyediakan port tersebut.

svg%3E

14. Ada NFC

Ya, OPPO Reno6 memiliki NFC. Anda yang sering menggunakan kartu e-money saat beraktivitas sehari-hari bisa langsung mengecek dan mengisi saldo dari ponsel.

15. Triple Slot

Kapasitas storage internal masih kurang dan butuh untuk menambahkan microSD? Tidak perlu khawatir. OPPO Reno6 mengusung triple slot yang artinya ada satu slot terdedikasi khusus untuk microSD. Itu artinya, Anda tidak perlu mengorbankan SIM-card 2 seperti pada ponsel-ponsel dengan slot hybrid.

16. Sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11

OPPO Reno6 mengadopsi sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11 terbaru. Menurut OPPO, ColorOS 11 mampu memberikan efisiensi yang baik, kelancaran, dan privasi yang diperkuat untuk pengalaman penggunaan yang lebih nyaman.

17. Rangkaian fitur menarik di ColorOS 11

Bukan hanya fitur yang ditujukan untuk menunjang pengalaman gaming, ColorOS 11 pada OPPO Reno6 juga memiliki sederet fitur lainnya yang tidak kalah menarik. Salah satunya O Relax, aplikasi bawaan yang berisi serangkaian suara yang menenangkan dan permainan kasual untuk membantu pengguna menghilangkan kecemasan dan menemukan kedamaian diri.

Ada pula Artist Wallpaper Project yang menghadirkan serangkaian wallpaper khusus menawarkan keindahan sains dan inspirasi setiap kali menatap layar Reno6. Yang lebih fungsional, Freeform Screenshots memungkinkan pengguna menangkap layar dalam berbagai bentuk dan kemudian dapat menerjemahkan secara langsung dengan dukungan lebih dari 100 bahasa.

svg%3E

18. Fitur terkait keamanan

OPPO selalu mengutamakan keamanan dan kenyaman bagi para pengguna produknya. Pada Reno6, OPPO menyediakan fitur Anti-peeping untuk notifikasi yang dapat secara otomatis menyembunyikan detaail pesan pada pop-up ketika ada orang lain di sekitar yang ikut menatap layar pengguna. Selain itu, ada juga Private System yang memungkinkan pengguna membuat beberapa akun di ponsel dengan aplikasi dan data yang terpisah.

19. Jadwal penjualan OPPO Reno6 di Indonesia

OPPO membuka pre-order Reno6 di Indonesia mulai 16-22 Juli 2021. Konsumen yang melakukan pemesanan selama periode pre-order berkesempatan mendapatkan bonus Reno Wireless Mini Home Theatre senilai 1,5 juta rupiah.

svg%3E

20. Eksklusif di Shopee

Pada tahap awal penjualannya di Indonesia, OPPO Reno6 menggandeng Shopee sebagai partner e-commerce eksklusif.

21. Harga OPPO Reno6

OPPO Reno6 dijual dengan harga Rp5.199.000. Sedikit di atas Reno5 ketika pertama kali meluncur di Indonesia, tapi masih sepadan dengan beberapa peningkatan fitur yang ditawarkannya.

Verified by MonsterInsights