Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM

Tetap dengan Layar Ganda, Performa Tambah Bertenaga

8.7

Kemunculan ASUS ROG Zephyrus Duo 15 di tahun 2020 lalu berhasil mencuri perhatian dengan layar gandanya yang inovatif. Performa gamingnya pun sangat bertenaga. Di tahun ini ASUS menghadirkan versi pembaruannya yakni ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551. Penasaran bagaimana performanya? Simak ulasannya berikut ini.

 

svg%3E

Desain ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM

Di sektor desain tampilannya sekilas masih mirip dengan generasi pertamanya. Bedanya, warna bodinya kini abu-abu gelap. Patut diakui tampilannya yang minimalis semakin terlihat keren.

 

svg%3E

Secara keseluruhan rancangan bodinya relatif tipis. Rancangannya juga sangat kokoh. Bobotnya sekitar 2,48 Kg. Jadi, memang bukan masuk kategori laptop gaming yang tipis dan ringan. Kurang ideal untuk gamer yang memang mobilitasnya tinggi.

Port konektivitas yang dibawanya tergolong cukup lengkap. Di sisi kiri terdapat lubang audio jack 3.5mm, slot microSD, dan port power adapter. Di sisi kanan bisa ditemukan dua port USB 3.1 Type-A dan satu port USB-C. Sementara, di bagian belakang bisa ditemukan port HDMI output, port USB 3.1 Type-A dan Ehternet.

 

svg%3E

Satu yang absen dari laptop ini hanyalah webcam. Gantinya, ASUS menyediakan opsi webcam eksternal yang sudah tersedia dalam paket penjualan. Hadir juga Palm Rest yang bisa ditambahkan untuk menambah kenyamanan saat bermain game atau mengetik di keyboardnya.

Layar ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM

svg%3E

Sektor layar memang menjadi daya tarik utama dari laptop ini. Layar utamanya mengusung panel IPS 15,6 inci yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Panelnya ini sangat memanjakan mata dengan cakupan warna sRGB 100%. Akurasi warnanya juga telah mengantongi label Pantone Validated. Jadi, juga bisa diandalkan untuk kebutuhan konten kreasi. Untuk gaming panel layarnya telah mendukung refresh rate 300 Hz dan waktu respon 3 milidetik. Sangat cepat dan di atas rata-rata laptop gaming pada umumnya.

 

svg%3E

Sementara, layar keduanya hadir dengan ukuran 14.1 inci yang resolusinya 1920 x 550 pixel. Layar kedua yang bernama ScreenPad Plus ini dilengkapi fitur sentuhan. Rancangan layar keduanya memiliki mekanisme khusus yang bernama Active Aerodynamic System (AAS) Plus. Mekanisme ini memungkinkan panel layar tersebut sedikit terangkat dan membentuk sudut 13 derajat. Ini berguna untuk menghadirkan rongga udara tambahan sehingga sistem pendinginnya lebih optimal.

svg%3E

Dari pengujian kami layar kedua yang dibawanya ini memang fungsional. Beragam skenario penggunaan untuk gaming, konten kreasi, hingga multitasking bisa memanfaatkan layar keduanya tersebut. ASUS juga menyediakan beragam opsi pengaturan dan aplikasi untuk layar keduanya tersebut. Jadi, bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Keyboard ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM

svg%3E

svg%3E

Imbas dari kehadiran layar keduanya ada di sektor keyboard dan trackpad mouse. Tidak ada area Palm Rest di laptop ini. TrackPad mouse dipasang sejajar tepat di samping kanan keyboard. Bagi yang belum terbiasa memang perlu untuk beradaptasi. Agar lebih nyaman digunakan kami menyarankan untuk menggunakan palm rest tambahan yang ada di paket penjualannya.

Untuk mengetik dan bermain game keyboardnya cukup nyaman. Jarak antar tombol memang cukup berdekatan. Tapi, tidak mengurangi pengalaman kami untuk gaming atau mengetik cepat. Lampu backlit RGB juga tersedia untuk menemani bermain game di kondisi temaram. Sementara, untuk touchpad yang ada di sisi kanan keyboard-nya sangat responsif dengan sentuhan jari. Ukuran touchpad tersebut relatif kecil. Namun, cukuplah untuk mengakomodir kegiatan browsing atau produktivitas sehari-hari. Trackpad mouse-nya ini juga bisa difungsikan menjadi num-pad.

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM menggunakan AMD Ryzen 7 5800H dan gpu Nvidia GeForce RTX 3060 6GB. RAM yang didukungnya 16GB dengan konfigurasi 8GB onboard dan satu keping RAM 8GB. Kapasitas RAM maksimum yang didukungnya total 24GB. Artinya, satu keping RAM 8GB tersebut bisa diuprade dengan RAM maksimum 16GB. Sementara, untuk ruang penyimpanannya tersedia SSD 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 x4.

 

svg%3E

ASUS juga menyediakan varian lain yang lebih kencang. Opsinya menggunakan AMD Ryzen 9 5900HX dengan pilihan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3070 atau RTX 3080. Jadi, untuk model Ryzen 7 ini bisa dibilang model paling entry di lini ROG Zephyrus Duo 15 SE. Untuk performanya secara keseluruhan sangat memuaskan.  Hasil benchmark bisa dilihat berikut ini.

Kebutuhan gaming, produktivitas hingga konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video resolusi tinggi bisa ditangani dengan amat baik. Performa gamingnya juga memuaskan.

 

Nvidia GeForce RTX 3060 6G cukup bertenaga untuk beberapa judul game AAA. Seperti misalnya Red Dead Redemption 2 (RDR2) dan Metro Exodus. Kedua game ini  bisa dijalankan dengan lancar di pengaturan grafis tertinggi dan opsi DLSS aktif di kisaran 30-50 fps. Game seperti Shadow of Tomb Raider dan Death Stranding pun bisa dimainkan dengan lancar.

Manajemen thermal tergolong baik meski rancangan bodinya ramping. Sistem pendinginnya terbukti mampu mengimbangi performanya yang kencang. Performa bisa dijaga tetap stabil dan adem, sekalipun saat gaming atau konten kreasi. Kinerja kipas pendinginnya juga relatif senyap.

Keunggulan lain ada di sektor audio. Kualitas audionya amat baik dengan performa suara yang bertenaga lewat empat speaker yang dibawanya. Dukungan Dolby Atmos dan surround 5.1.2 juga tersedia untuk memberikan pengalaman audio yang lebih nyata saat gaming atau menonton koleksi film favorit.

svg%3E

Untuk mengoptimalkan performanya ASUS menyediakan beragam mode pengaturan performa. Opsi ini  bisa diakses lewat aplikasi Armoury Crate. Mode yang tersedia dari mode Windows, Silent, Performance, dan Turbo. Opsi Manual juga tersedia. Jadi, gamer bisa mengatur kecepatan kipas pendingin, CPU hingga GPU sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baterai ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM

Pengujian baterai ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM kami gunakan untuk melakukan produktivitas standar seperti membuat dokumen dan browsing. Pengujian juga dilakukan tanpa menyalakan keyboard backlit dan terhubung ke WiFi. Kemudian, mode Power Saver Windows dan mode Silent aktif, dan tingkat gelap terang layar sekitar 30%. Dengan pengaturan tersebut baterainya bisa bertahan sekitar 6 jam. Lumayan tahan lama mengingat performanya yang bertenaga dan membawa dua panel layar. Untuk pengisian baterai laptop ini juga telah mendukung fitur isi ulang cepat.

Kesimpulan

Mengusung konsep dua layar yang inovatif laptop gaming ini memang tidak biasa. Kehadirannya jelas bisa menjadi alternatif untuk gamer yang ingin tampil beda. Ditenagai prosesor AMD Ryzen 5000 Series dan kartu grafis Nvidia RTX 30-series performanya memang tambah bertenaga jika dibandingkan generasi pertamanya. Sekalipun yang kami uji ini model dengan spesifikasi paling entry performanya tetap sangat bisa diandalkan untuk gaming hingga konten kreasi.

Hal lain yang perlu dicermati adalah harga jualnya. Harga ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM dengan AMD Ryzen 7 5800H dan RTX 3060 sekitar 35,99 Juta Rupiah. Harga jualnya ini memang premium dan tidak untuk semua gamer.  Laptop gaming ini wajib dipertimbangkan untuk para gamer dan konten kreator sultan yang ingin tampil beda. Atau, cocok juga untuk gamer dan konten kreator yang ingin mencoba laptop gaming dengan layar ganda.

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM Cocok untuk:

– Gamer sultan yang ingin tampil beda: Konsep layar gandanya memang sangat istimewa. Cocok untuk gamer sultan yang ingin tampil beda
– Konten kreator: Performa bertenaga dan layar yang akurat sangat ideal untuk konten kreasi. Layar keduanya juga sangat fungsional untuk mendukung konten kreasi.

Kelebihan ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM:
+ Konsep inovatif
+ Layar Menawan dan akurat
+ ScreenPad Plus fungsional
+ Refresh rate layar tinggi
+ Performa kencang
+ Audio bertenaga
+ Desain relatif ramping
+ RAM bisa diupgrade

Kekurangan ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551QM:
– Harga premium
– Tidak dilengkapi webcam terintegrasi
– Bobot lumayan berat

Ditenagai prosesor AMD Ryzen 5000 Series dan kartu grafis Nvidia RTX 30-series performanya memang tambah bertenaga jika dibandingkan generasi pertamanya
8.7
Verified by MonsterInsights