Samsung Perkenalkan ISOCELL Auto 4AC, Sensor Gambar Pertamanya untuk Mobil

Samsung memperkenalkan sensor gambar terbarunya bernama ISOCELL Auto 4AC. Berbeda dengan kebanyakan sensor gambar Samsung sebelumnya yang ditujukan untuk kamera ponsel, ISOCELL Auto 4AC dirancang untuk mobil. Seperti apa kecanggihannya?

Fitur Samsung ISOCELL Auto 4AC

Samsung ISOCELL Auto 4AC 2

ISOCELL Auto 4AC merupakan sensor gambar pertama Samsung yang dibuat secara khusus untuk mobil. Mengutip dari Samsung Newsroom, Selasa (13/7), sensor ini nantinya bisa digunakan pada kamera mundur yang ada di bagian belakang mobil, atau untuk mendukung surround view camera.

Menurut Samsung, ISOCELL Auto 4AC menawarkan solusi bernama CornerPixel yang memungkinkan pengemudi untuk melihat dengan sudut pandang yang lebih luas ketika melihat melalui kamera. Dengan begitu, aktivitas mengemudi diklaim lebih aman.

Yang menarik, ISOCELL Auto 4AC memiliki area single pixel dengan dua fotodiode yang terdiri dari pixel besar 3.0 mikrometer untuk kondisi minim cahaya, dan pixel kecil 1.0 mikrometer untuk skenario mengemudi di tempat yang terang.

ASUS vivobook s14 flip 728

Samsung ISOCELL Auto 4AC

Kedua fotodiode tersebut akan mengambil gambar dengan exposure yang berbeda secara simultan. Hasilnya adalah gambar HDR yang tajam dengan motion blur yang minim, serta transisi yang lebih mulus antara terang dan gelap.

Samsung ISOCELL Auto 4AC merupakan sensor berukuran 1/3.7″ dengan resolusi 1.3 MP atau 1280 x 960 pixel. Sensor ini telah memenuhi syarat AEC-Q100 Grade 2, sehingga dapat beroperasi dengan suhu mulai dari -40 derajat hingga 125 derajat Celcius.

Jadwal rilis Samsung ISOCELL Auto 4AC

Samsung memastikan ISOCELL Auto 4AC saat ini sudah dalam tahap produksi massal. Meski begitu, tidak ada informasi soal jadwal ketersediaan dan mobil apa saja yang akan menggunakan ISOCELL Auto 4AC. Ada rumor yang menyebutkan bahwa Tesla siap menjadi yang pertama.