Deretan TWS Terbaik OPPO di 2021 untuk Menelepon dan Meeting Online



TWS atau True Wireless Stereo menjadi perangkat audio yang amat populer belakangan ini. Desainnya yang minimalis dan penggunaannya yang amat praktis karena tanpa kabel membuatnya menjadi pilihan banyak orang. Bukan cuma untuk mendengarkan musik, tetapi juga keperluan lain seperti menelepon dan meeting online.

Dari sekian banyak brand TWS di Indonesia, OPPO termasuk salah satu yang paling rajin meluncurkan produk terbaru. Lini TWS OPPO lengkap, dari yang harganya ramah kantong hingga premium. Semuanya disuguhkan dengan tampilan yang modern dan dukungan teknologi terkini.

Nah, kalau Anda berencana membeli TWS untuk kebutuhan komunikasi maupun meeting online, berikut deret TWS terbaik dari OPPO di 2021. Ingat, tidak semua TWS ideal untuk dua keperluan tersebut. Ada teknologi yang wajib tersedia agar pengalaman yang didapat lebih maksimal. Penasaran? Langsung saja simak!

1. OPPO Enco X

OPPO Enco X merupakan TWS kelas atas yang kualitas suaranya merupakan hasil kolaborasi dengan brand Hi-Fi premium Dynaudio. Selain mampu menyajikan audio yang memanjakan telinga berkat Coaxial Dual-Driver Design dan Dynamic Bass Enhancement Engine (DBEE) 3.0 Sound System, TWS ini juga didukung Active Noise Cancellation.

Ya, untuk memberikan pengalaman komunikasi yang jernih saat menelepon atau meeting online, dibutuhkan teknologi ANC untuk meredam gangguan suara dari lingkungan sekitar. Pada Enco X, OPPO menawarkan Max Noise Cancellation Mode dan Noise Cancellation Mode, serta Triple-Mic Call Noise Cancellation.

OPPO Enco X tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Black dan White. Bagi yang berminat, OPPO Enco X dijual dengan harga Rp2.199.000.

2. OPPO Enco Air

Yang satu ini adalah TWS terbaru dari OPPO untuk segmen entry-level. Harganya cukup murah, tapi punya kualitas di atas rata-rata pesaingnya. OPPO Enco Air mengandalkan driver 12 mm Crystal Clear Vocal yang tergolong besar, sehingga mampu menghasilkan bass dan treble dengan baik.

Untuk kebutuhan komunikasi dan meeting online, kemampuan ANC berbasis AI pada OPPO Enco Air didukung fitur Deep Neural Network dengan algoritma yang diklaim mampu mereproduksi suara manusia agar terdengar seperti suara aslinya. Sementara dual-microphone berfungsi untuk menangkap vokal dengan jernih di kondisi lingkungan apa pun.

Menariknya lagi, OPPO Enco Air hadir dengan desain casing semi transparan yang unik, serta daya tahan baterai mencapai 24 jam. Charging-nya pun cepat, 10 menit untuk pemakaian hingga 8 jam. TWS dengan koneksi Bluetooth 5.2 ini menjanjikan latensi rendah 80ms.

Klik di sini untuk membaca ulasan lengkap kami.

3. OPPO Enco W51

Selanjutnya ada OPPO Enco W51. Ini adalah headset nirkabel pertama di bawah naungan OPPO Acoustics yang dibekali fitur Active Noise Cancellation. OPPO mengklaim, kemampuan ANC pada Enco W51 memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan telepon nyaris tanpa gangguan suara dari sekitar.

OPPO Enco W51 dibekali solusi pengurangan noise “2+2”, hasil kombinasi chip digital noise reduction dual-core high-end processor dengan teknologi ganda ANC, dan memperluas spektrum frekuensi noise reduction menjadi 2.5 kHz. TWS ini mampu mengurangi kebisingan hingga 35 dB.

Menariknya lagi, fitur ANC pada OPPO Enco W51 menggunakan tiga mikrofon. Dikombinasikan dengan sebuah saluran udara yang dirancang untuk mengurangi suara angin, Anda dapat mendengar panggilan dengan jernih bahkan dalam kondisi kecepatan angin hingga 25 km/jam.

Bagi yang yang berminat, OPPO Enco W51 dijual dengan harga Rp1.299.000. Anda juga bisa membaca ulasan lengkap kami tentang Enco W51 di tautan berikut ini.

4. OPPO Enco W31

Kalau ingin yang lebih terjangkau, Anda bisa melirik OPPO Enco W31. TWS dengan driver 7mm ini dipersenjatai dual-microphone untuk mendukung AI Noise Reduction. Teknologi tersebut memungkinkan Anda menggunakan Enco W31 untuk menelepon atau meeting online di tempat yang agak ramai sekalipun, misalnya cafe atau coffee shop.

OPPO Enco W31 dijanjikan mampu menyala selama 3,5 jam jika digunakan untuk mendengarkan musik secara non-stop. Bila digabungkan dengan baterai pada casing-nya, daya tahan totalnya mencapai 15 jam. Harganya hanya Rp799.000.

5. OPPO Enco Free2

TWS yang satu ini memang belum secara resmi hadir di Indonesia. Meski begitu, kedatangannya wajib Anda tunggu. Pasalnya OPPO Enco Free2 menawarkan sederet peningkatan yang menarik dibanding generasi sebelumnya, termasuk teknologi ANC yang lebih canggih.

OPPO Enco Free2 mampu meredam noise hingga 42dB. Menurut OPPO, teknologi ini mengandalkan 3-core noise reduction chip sehingga dapat memberikan kualitas peredaman yang lebih baik. Ada pula tiga buah mikrofon dengan algoritma yang telah ditingkatkan untuk meredam suara angin. Ditambah dengan AI Call Noise Reduction, Enco Free2 diyakini mampu menyajikan pengalaman berkomunikasi yang jernih.

Pengguna pun diberikan opsi untuk mengaktifkan mode transparan untuk memudahkan mendengarkan suara dari lingkungan sekitar tanpa harus melepas earbuds. Cocok ketika sedang menunggu pengumuman di bandara atau berjalan di trotoar.

OPPO Enco Free2 hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Galaxy White dan Midnight Black. Di pasar global, produk ini dijual dengan harga sekitar 1,3 jutaan rupiah.

Your email address will not be published. Required fields are marked *