Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Review OPPO Enco Air

7.9

Tidak berselang lama dari peluncuran Enco Buds, OPPO kembali menghadirkan TWS baru yang kali ini diberi nama Enco Air. Sama seperti saudaranya, OPPO Enco Air merupakan perangkat yang sudah mengadopsi teknologi Bluetooth 5.2.

Lalu, perbedaan seperti apa yang ditawarkan oleh OPPO Enco Air? Dalam artikel kali ini, saya ingin menceritakan pengalaman selama kurang lebih satu pekan mencobanya. Yuk, langsung saja simak!

Desain tanpa eartip silikon

Ada dua hal yang membedakan desain OPPO Enco Air dari Enco Buds. Yang pertama, Enco Air mengusung tampilan bertangkai dengan housing berbentuk oval tanpa eartip berbahan silikon di ujungnya.

Ya, ini bukan desain in-ear dengan eartip silikon seperti pada Enco Buds. Menurut saya, desain OPPO Enco Air hanya akan berujung pada dua kemungkinan: pas atau tidak pas dengan kontur telinga Anda. Kalau tidak pas, bisa jadi karena telinga Anda besar sehingga sedikit longgar. Beda dengan TWS yang memiliki eartip silikon dan bisa diganti karetnya dengan ukuran paling fit dengan telinga kita.

Desain OPPO Enco Air sebenarnya sangat ringkas dan dapat terpasang dengan nyaman di telinga saya. Karena tidak ada karet silikon, saya tidak merasakan ada tekanan di telinga untuk pemakaian dalam durasi yang lama. Bahkan, sama sekali tidak membuat telinga berkeringat.

Tapi di satu sisi, ukuran telinga saya yang agak besar menimbulkan sedikit celah di sekitar housing yang membuat isolasi audio kurang maksimal. Saya pun masih bisa mendengar suara dari lingkungan sekitar.

Beda cerita jika Anda adalah pengguna dengan rongga telinga yang kecil atau medium. Menurut saya, OPPO Enco Air akan sangat ideal untuk golongan pengguna yang merasa kontur telinganya kurang cocok saat memakai TWS dengan eartip karet silikon.

Intinya, tampilan luarnya modern minimalis, dan cocok digunakan baik oleh pria maupun wanita. Bobotnya juga amat ringan, sehingga tidak akan membebani telinga bahkan ketika dikenakan berjam-jam. TWS ini mempunyai rating IPX4, jadi tidak perlu khawatir jika terkena keringat atau percikan air.

Perbedaan kedua ada pada casing berbentuk ovalnya. Ini yang paling saya suka. OPPO menyebut desain casing Enco Air dengan nama Semi-Translucent Design. Bagian penutupnya dibuat agak transparan sehingga Anda bisa melihat isi di dalamnya. Bentuknya oval dan hanya dihiasi lampu indikator, logo OPPO di bagian engsel belakang, serta satu port USB-C untuk charging.

Sama seperti Enco Buds, OPPO Enco Air juga termasuk praktis dalam hal pengoperasian. Sekali Anda melakukan pairing ke smartphone, Enco Air dapat terhubung dengan cepat dan mudah. Cukup dengan membuka casing dan mengaktifkan Bluetooth di ponsel, OPPO Enco Air akan langsung aktif dan tersambung.

Dukungan Bluetooth 5.2 dan kontrol sentuh

Seperti disebutkan di atas, OPPO Enco Air dibekali teknologi Bluetooth 5.2 terbaru. Keunggulannya adalah sinyal yang lebih stabil bahkan ketika Anda berada di lingkungan dengan banyak intervensi dari perangkat lainnya, contohnya di ruang publik atau kendaraan umum. Latensinya pun terbilang rendah. Bisa hanya 80ms saja di Game Mode.

OPPO Enco Air juga sudah mendukung kontrol sentuh. Ada beberapa hal yang bisa Anda akses langsung hanya dengan menyentuh earphone. Mulai dari sentuh dan tahan earphone kanan untuk menaikkan volume, sentuh dan tahan earphone kiri untuk menurunkan volume, ketuk dua kali untuk skip ke lagu berikut, dan ketuk tiga kali untuk memanggil voice assistant.

Kualitas audio yang jernih dan empuk

Masuk ke pembahasan kualitas audio. Menurut saya, OPPO Enco Air menawarkan tuning yang ‘hampir’ balanced, dengan sedikit mengedepankan vokal beserta suara instrumen frekuensi mid ke high, sehingga terdengar lebih kaya dan jernih. Bass-nya tidak menonjol seperti Enco Buds. Masih terasa, tapi kurang bertenaga. Sekadar informasi, TWS ini menggunakan titanium-composite dynamic driver 12mm.

Karakter audio seperti ini akan sangat ideal untuk mendengarkan musik yang santai, termasuk lagu-lagu yang disajikan dalam format akustik atau unplugged. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk menjelaskan seperti apa pengalaman yang saya rasakan ketika memutar musik genre lain.

Misalnya untuk lagu For the First Time dari The Script. Suara vokal, gitar, dan cymbal lebih mendominasi dibanding hentakan kick drum dan bass. Bisa jadi karena rongga telinga saya agak besar sehingga kurang rapat. Separasi audionya kurang lebih mirip dengan Enco Buds, masih agak menumpuk.

Beralih ke lagu Daft Punk – Get Lucky, semua instrumen bisa disajikan dengan jelas dan jernih. Suara bass yang biasanya agak dominan terdengar lebih tipis. Jelas OPPO Enco Air bukan untuk Anda para basshead.

Saya lalu beralih ke musik yang lebih lembut dan kalem seperti lagu-lagu milik Norah Jones. Barulah di sini saya mendapatkan kepuasan ekstra. Lagu Don’t Know Why dan Come Away with Me terdengar begitu empuk di telinga. Saya yakin OPPO Enco Air akan sangat cocok bagi Anda yang gemar mendengarkan musik untuk menemani waktu rileks dan melepas lelah.

Fitur penunjang komunikasi dan aplikasi pendamping

OPPO Enco Air dibekali AI-Powered Noise Cancellation untuk panggilan suara. Ya, bukan Active Noise Cancellation sepenuhnya, melainkan sebagai fitur penunjang komunikasi.

TWS ini memiliki dual-microphones yang secara efektif menangkap suara bicara Anda agar terdengar lebih jelas bahkan ketika berada di lingkungan agak ramai. Cocok untuk kebutuhan di era pandemi, misalnya meeting online. Untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim saat bermain game pun oke.

Jika Anda merupakan pengguna ponsel OPPO, Enco Air akan otomatis terdeteksi dan Anda bisa langsung mengakses berbagai fitur, termasuk melakukan kustomisasi pada fungsi kontrol sentuh.

Tapi bagaimana untuk pengguna ponsel non-OPPO? Ada aplikasi bernama HeyMelody, namun sayangnya belum ada update ke versi yang lebih baru sehingga Enco Air belum termasuk dalam daftar TWS yang didukung. Hasilnya, Enco Air Anda tidak akan terdeteksi oleh aplikasi HeyMelody. UPDATE: Saat ini aplikasi HeyMelody sudah menerima update dan Enco Air pun bisa terdeteksi.

Baterai tahan 24 jam

Di balik ukurannya yang mungil dan bobotnya yang amat ringan, OPPO Enco Air ternyata punya daya tahan baterai yang mantap. Anda bisa mendengarkan musik 4 jam non-stop. Ditambah baterai dari casing, total durasi penggunaannya mencapai 24 jam. Charging-nya pun cepat, 10 menit bisa untuk pemakaian selama 8 jam.

TWS super nyaman!

OPPO Enco Air mungkin bukan untuk semua orang. Bisa jadi Anda cocok dengan desainnya, bisa juga tidak. Tergantung seberapa fit ketika terpasang di telinga. Yang pasti Enco Air merupakan opsi menarik yang wajib Anda coba, terutama jika selama ini Anda merasa kurang cocok memakai TWS in-ear dengan eartip berbahan silikon.

Bagi saya pribadi OPPO Enco Air merupakan TWS super nyaman yang enak untuk dipakai berjam-jam. Bobotnya amat ringan dan tidak membuat telinga sakit. Bukan hanya asyik untuk mendengarkan musik, OPPO Enco Air juga ideal untuk keperluan komunikasi.

Bagi yang berminat, OPPO Enco Air dijual dengan harga Rp999.000 di Indonesia. Penjualannya dimulai pada 2 Juli 2021.

OPPO Enco Air cocok untuk:

  • Penggemar musik: Anda yang gemar mendengarkan musik, terutama yang tidak suka dengan bass yang ‘nendang’ akan cocok menggunakan OPPO Enco Air.
  • Karyawan yang WFH: Butuh TWS untuk kebutuhan komunikasi maupun meeting online? AI-Powered Noise Cancellation pada OPPO Enco Air wajib Anda coba.
  • Pelajar/mahasiswa: Selain cocok untuk belajar online atau mendengarkan musik, anak muda bisa menggunakan Enco Air untuk kebutuhan hiburan seperti bermain game. Latensinya rendah, hanya 80ms.
  • Penggemar film/drama Korea: Anda yang sering menonton film dan drama Korea pada platform seperti Netflix bisa mengandalkan OPPO Enco Air untuk urusan audionya. Praktis, ringan, dan nyaman di telinga, serta pastinya tidak mengganggu orang di sekitar.

Kelebihan OPPO Enco Air:

  • Ringan dan amat nyaman untuk dipakai berjam-jam
  • Audio jernih dan terdengar empuk di telinga
  • Koneksi stabil berkat Bluetooth 5.2
  • Ada Game Mode untuk latensi rendah 80ms
  • Pairing cepat dan praktis
  • Kontrol sentuh bisa untuk mengatur volume
  • Khusus untuk pengguna ponsel OPPO: bisa langsung kustomisasi kontrol sentuh
  • Ada fitur AI-Powered Noise Cancellation untuk penunjang komunikasi
  • Baterai tahan lama
  • Charging tergolong cepat
  • Desain casing cukup menarik

Kekurangan OPPO Enco Air:

  • Tidak didukung ANC
  • Isolasi suara tidak sebaik TWS model in-ear dengan eartip silikon
  • Ada kemungkinan kurang cocok untuk pengguna dengan rongga telinga besar
OPPO Enco Air
OPPO Enco Air merupakan TWS super nyaman yang wajib Anda coba, terutama jika selama ini Anda merasa kurang cocok memakai TWS in-ear dengan eartip berbahan silikon.
7.9