Parrot Anafi Ai: Drone Lipat Pertama dengan Konektivitas 4G

Pabrikan drone, Parrot, meluncurkan Anafi Ai. Drone teranyarnya ini adalah drone lipat pertama yang dilengkapi dengan konektivitas 4G.

svg%3E

Spesifikasi Parrot Anafi Ai

Drone ini hadir dengan desain yang terinspirasi dari seekor belalang. Dimensinya sangat ringkas. Saat terlipat dimensinya sekitar 304 x 130 x 118 mm. Bobotnya juga ringan hanya sekitar 898 gram.

svg%3E

Rancangannya yang unik membawa modul kamera dengan ukuran sensor 1/2 inci yang resolusinya 48 megapixel. Kameranya tersebut dilengkapi lensa 24mm yang berdiafragma F2.0. Jadi, cukup bisa diandalkan di kondisi temaram. Lensanya pun mendukung fitur zoom digital dengan kemampuan zoom hingga 6x. Zoom 4x dengan kualitas gambar tanpa kompresi di resolusi Full HD 1080p dan 2x kualitas gambar tanpa kompresi di resolusi 4K UHD.

svg%3E

Untuk menstabilkan pengambilan gambar Parrot melengkapinya dengan modul gimbal 6 axis (3-axis mekanikal dan 3-axis elektronik). Gimbalnya ini juga bisa dimiringkan +90 derajat keatas dan -90 derajat ke bawah.

Fitur Parrot Anafi Ai

Kameranya bisa digunakan untuk merekam video hingga resolusi 4K/60p. Modus videonya didukung fitur HDR10 dan bisa merekam dengan profil P-Log. Tapi, satu fitur paling menarik dari kameranya adalah kemampuan photogrammetry atau pemetaan 3D.

Kameranya bisa digunakan untuk pemetaan 3D dan langsung diunggah ke layanan Pix4D. Sebelum melakukan pemetaan pilot dimungkinkan untuk merencanakan jalur terbang dengan fitur WayPoint. Pilot juga bisa menentukan obyek yang akan dipetakan berkat fitur Points of Interest.

Lalu apa gunanya konektivitas 4G di drone ini? Konektivitas 4G berguna untuk komunikasi antara drone dan remot kendali. Solusi ini untuk mengatasi limitasi transmisi antara drone dan remot. Artinya, drone bisa terbang dengan jarak lebih jauh.

svg%3E

Menurut Parrot, dengan konektivitas 4G Anafi Ai mendukung pengoperasi drone jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah Beyond Visual Line of Sight (BVLOS) jika mendapat perijinan. Selain 4G drone ini masih menyediakan dukungan WiFi. Dengan begitu, koneksi antara drone dan remot tidak akan hilang meski mengalami gangguan.

Anafi Ai bisa terbang hingga maksimum 32 menit. Kecepatan maksimumnya sekitar 34 mph dan tahan angin dengan kecepatan hingga 29 mph.

Drone ini juga aman diterbangkan. Berkat sistem penghindar rintangan mengandalkan kamera stereokospik di bodinya, Anafi Ai bisa mendeteksi dan menghindari rintangan yang ada di sekitar. Selain itu, Parrot turut melengkapinya dengan teknologi WISeKey Secure Element untuk enkripsi jaringan 4G antara drone dan ponsel. Jadi, semua informasi terbang dan data sensitif lain bisa terlindungi dan bisa dihapus secara permanen hanya dengan sekali klik.

Harga Parrot Anafi Ai

Meski sudah diumumkan belum ada bocoran berapa harga Parrot Anafi Ai nanti di pasaran. Drone ini rencananya akan tersedia di pasaran akhir tahun 2021.

Verified by MonsterInsights