Menelisik Teknologi Pengisian Baterai Cepat di OPPO Find X3 Pro

OPPO baru saja menjual smartphone tercanggihnya di tahun 2021, Find X3 Pro, di Indonesia. Selain mengusung banyak fitur inovatif yang canggih dan masih jarang ditemukan di ponsel sekelasnya, satu fitur yang menjadi andalan adalah kemampuan pengisian baterai super cepat.

svg%3E

Evolusi teknologi pengisian cepat OPPO

Teknologi Super VOOC Flash Charging 2.0 ini merupakan evolusi dari teknologi pengisian cepat OPPO yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2014. Pada saat ini, fitur VOOC flash charging pertama kali dihadirkan melalui OPPO Find 7. Saat itu, OPPO mengklaim dengan mengisi baterai 5 menit, Anda bisa menelepon hingga 2 jam. Ini merupakan pencapaian yang menakjubkan di masa itu.

Di tahun 2016, OPPO baru memperkenalkan konsep SuperVOOC Flash Charging. Secara singkat, ini adalah teknologi pengisian dua sel baterai secara cepat yang kompatibel dengan beragam chipset yang ada. Namun baru tahun 2018, teknologi ini bisa dinikmati oleh konsumen melalui OPPO Find X Automobili Lamborghini Edition. Dengan fitur ini, baterai berkapasitas 3400mAh dapat diisi penuh hanya dalam waktu 35 menit. Ini merupakan pengisian baterai ponsel yang tercepat di kala itu.

SuperVOOC 2.0 Flash Charging

Filosofi yang dipegang oleh OPPO saat merancang teknologi pengisian cepat ini adalah keamanan di atas segalanya.  Teknologi SuperVOOC Flash Charging 2.0 telah mendukung pengisian baterai hingga 65W (10V dan 6.5A). OPPO juga menciptakan algoritme untuk dapat mengatur voltase dan arus secara akurat. Hasilnya, efisiensi pengisian meningkat saat mengisi baterai dari 90-100%. Soal keamanan, OPPO Find X3 Pro juga telah memiliki sertifikasi TÜV Rheinland Certified Safe Fast-Charge System yang menjamin keamanan perangkat saat pengisian daya baterai dengan cepat. 

Untuk Find X3 Pro, OPPO membekalinya dengan baterai berkapasitas 4500mAh  Dengan SuperVOOC 2.0 Flash Charging, daya baterai dapat terisi hingga 40 persen hanya dalam 10 menit. Sedangkan untuk terisi dengan sempurna, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Jika mengisi dengan pengisian daya nirkabel AirVOOC 30W, OPPO Find X3 Pro mampu mencapai 100 persen daya baterai hanya dalam waktu 80 menit. OPPO Find X3 Pro juga memiliki teknologi 10W reverse wireless charging yang membuatnya dapat berbagi daya ke sesama Find X3 Pro.

OPPO Find X3 Pro telah dijual di Indonesia dengan harga resmi Rp15.999.000. Anda bisa mendapatkannya di OPPO Store di Shopee, Tokopedia atau Blibli.com.