Quantcast
KomputerAksesoris KomputerNewsProduct News

Sabrent Rocket XTRM-Q: SSD Portabel Kencang dengan Kapasitas 16TB untuk Para Sultan

Para pabrikan saat ini terus berlomba-lomba menghadirkan SSD portabel yang kapasitasnya besar sekaligus kencang. Salah satu yang berhasil mencatatkan prestasi adalah Sabrent dengan SSD portabel teranyarnya yang bernama Rocket XTRM-Q. SSD portabel ini tidak hanya sangat kencang tapi kapasitasnya juga sangat besar.

 

Sabrent Rocket XTRM Q 1

Fitur Sabrent Rocket XTRM-Q

Seperti SSD portabel pada umumnya desainnya sangat ringkas dan hemat tempat. Material bodinya terbuat dari alumunium yang sangat ringan. Bodinya juga telah dilengkapi dengan case pelindung berbahan karet silikon. Jadi, mudah dan aman dibawa berpergian.

 

Sabrent Rocket XTRM Q 3

Di balik rancangan bodinya tersebut Sabrent menyematkan dua modul SSD M.2 NVMe SSD yang masing-masing kapasitasnya 8TB. Lalu seberapa cepat kinerjanya? Menurut Sabrent, kecepatannya bergantung pada konfigurasi. Dua modul SSD tersebut bisa dikonfigurasi dengan RAID 1 atau RAID 0. Di konfigurasi RAID 1 kecepatannya bisa hingga 1500 MB/detik. Sementara, di RAIO 0 kecepatannya bisa hingga 2500 MB/detik. Sangat ideal untuk solusi penyimpanan data dengan ukuran yang sangat besar.

 

Sabrent Rocket XTRM Q 2

Tidak seperti SSD portabel pada umumnya SSD ini membutuhkan daya tambahan lewat power adapternya atau harus tersambung ke colokan listrik. Ini cukup wajar mengingat ada dua modul SSD yang dibawanya. Untuk konektivitas tersedia dukungan port USB 3.0 atau Thunderbolt 3 yang telah mendapat sertifikasi dari Intel.

SSD ini bisa secara otomatis mendeteksi kabel apa yang digunakan untuk menyesuaikan kecepatan pemindahan data. Fitur Sabrent Rocket XTRM-Q yang lain tersedia juga fitur untuk memantau kesehatan SSD dan temperaturnya.

Harga Sabrent Rocket XTRM-Q

Dengan kapasitas yang besar dan performa yang sangat kencang SSD ini memang tidak dijual murah. Harga Sabrent Rocket XTRM-Q US$2900 atau sekitar 41 jutaan Rupiah.

Back to top button