Quantcast
Mobile GadgetAudio VideoNews

Roland GO:MIXER Pro-X: Audio Mixer Portabel untuk Smartphone Android dan iOS

Brand yang dikenal dengan beragam produk kelas atasnya di ranah musik dan audio, Roland, mengumumkan kehadiran GO:MIXER Pro-X. Ini adalah mixer audio untuk smartphone dan sekaligus merupakan versi upgrade dari GO:MIXER Pro yang telah dirilis lebih dulu ke pasaran beberapa waktu yang lalu.

Fitur Roland GO:MIXER Pro-X

Roland GO MIXER Pro X 5

Roland GO:MIXER Pro-X tampil dengan desain yang kurang lebih mirip dengan generasi sebelumnya. Hanya beda warna saja, yaitu hitam dari yang dulunya putih. Roland memang lebih fokus untuk meningkatkan fitur dan kualitasnya, agar lebih serba guna untuk berbagai skenario rekaman dan streaming secara mobile.

Meski sekilas mirip, GO:MIXER Pro-X memiliki sederet perbedaan dengan saudara tuanya. Misalnya soal keberadaan port Smartphone I/O yang memudahkan pengguna untuk langsung menghubungkan perangkat ini dengan ponsel, melalui kabel TRRS. Pengguna pun dapat menggunakan mic pada headset maupun earbuds sebagai sumber suara.

Roland GO MIXER Pro X 2

Totalnya, GO:MIXER Pro-X memiliki channel input dan output sebanyak 11 dan 3. Ada pula Pad khusus untuk input gitar atau bass. Jika suara dari alat musik tersebut terlalu kencang dibanding sumber suara lainnya, fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengaturnya dengan cepat.

Tidak ketinggalan, Roland juga menyediakan port khusus sebagai input untuk mikrofon dengan kabel XLR lengkap dengan switch untuk mengaktifkan Phantom Power yang biasanya dibutuhkan oleh mikrofon tipe condenser.

Roland GO MIXER Pro X 3

Fitur menarik lainnya adalah Loop Back Switch yang memungkinkan pengguna untuk bernyanyi dengan diiringi musik dari smartphone, sekaligus untuk merekamnya secara bersamaan. Untuk terhubung dengan ponsel, Roland menyediakan kabel adapter untuk Lightning dan USB-C.

Yang membuatnya GO:MIXER Pro-X semakin ideal untuk pemakaian secara mobile adalah sumber dayanya yang hanya membutuhkan 4 baterai AA (disarankan Alkaline).

Roland GO MIXER Pro X 4

Harga Roland GO:MIXER Pro-X

Bagi yang berminat, Roland GO:MIXER Pro-X dijual dengan harga US$150. Sayangnya untuk saat ini Roland baru memberikan jadwal ketersediaan di Amerika Serikat pada Agustus 2021 mendatang. Belum ada informasi kapan GO:MIXER Pro-X bisa dibeli di Indonesia. Kita tunggu saja!

Artikel terkait

Back to top button