realme watch 2 pro tangan
realme watch 2 pro

Review Realme Watch 2 & Realme Watch 2 Pro

Reader Rating3 Votes
8.2
8.3

Jam tangan pintar terus menjadi tren bagi pengguna gadget modern, Asyiknya, tidak semua jam tangan pintar itu mahal. Seperti dua smartwatch terbaru dari realme ini yaitu realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro.

Kami sengaja menggabungkan ulasan keduanya karena deretan fiturnya yang mirip, kecuali fitur GPS yang hanya ada di realme Watch 2 Pro. Untuk perbedaan lebih lengkap antar keduanya, bisa dibaca di artikel perbandingan berikut.

Satu hal yang diunggulkan realme Watch 2 adalah kelengkapan fitur kebugaran. Salah satunya adalah 10 mode olahraga yang bisa dipilih seperti outdoor run, outdoor walk, outdoor cycle, indoor run, dan masih banyak lagi. Bahkan nantinya akan ada 90 aktivitas olahraga yang bisa dipantau, setelah Anda melakukan update software.

Sebagai alat pemantau aktivitas harian, realme watch 2 dan realme watch 2 Pro dapat menangkap beragam informasi yang cukup lengkap. Anda bisa memantau jumlah langkah, tingkat detak jantung, serta kualitas tidur.

Akurasi sensor langkah cukup akurat, tapi masih bisa dikelabui. Kami mencoba mengayunkan tangan dengan cukup keras sambil mengenakan realme watch 2, dan jam tangan menghitungnya sebagai langkah kaki. Tapi penambahan hitungan tidak terlalu drastis sehingga hasilnya tidak terlalu melenceng dari kenyataan. 

Realme Watch 2 juga dilengkapi fitur SpO2 untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. Ini merupakan fitur penting di masa pandemi, mengingat salah satu indikator terkena Covid ada pada tingkat oksigen dalam darah.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan smartwatch terikat seerat mungkin ke tangan. Tangan juga tidak boleh terlalu banyak bergerak agar sensor bisa membaca data dengan akurat. 

Realme Link

Anda membutuhkan aplikasi realme Link untuk benar-benar menikmati semua kecanggihan realme Watch 2 dan realme Watch 2 Pro. Begitu tersinkronisasi, Anda bisa melakukan pengaturan dan mengakses beragam data dengan lebih nyaman dibandingkan di layar jam yang kecil.

Misalnya, Anda bisa mengunduh watch face untuk mengganti tampilannya. Anda juga bisa mengganti tampilan wajah jam atau watch face dengan mudah. Pilihan tampilan yang dimiliki juga cukup banyak, mulai dari yang unik hingga praktis. Hanya saja, Anda dibatasi mengunduh 1 watch face saja. Jika mengunduh watch face yang baru, maka watch face unduhan akan terupdate otomatis. Tidak ada opsi untuk menghapus watch face bawaan yang tidak disukai. 

 

Pengaturan yang dapat dilakukan dari realme Link cukup lengkap, mulai dari mengatur jadwal pengingat untuk olahraga, minum atau bahkan menarik napas dalam-dalam hingga mengatur notifikasi apa yang akan ditampilkan di jam tangan. Anda bisa mengatur agar jam tangan bisa memicu alarm saat ponsel terselip atau hilang dari pandangan.

Sebagai catatan, jam tangan pintar realme ini hanya bisa terhubung ke satu akun realme Link. Jadi jika berganti ponsel, Anda harus melakukan reset di jam yang berimbas pada hilangnya semua data yang telah dikumpulkan. Nantinya realme Watch 2 dan Watch 2 Pro akan bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat IoT dari ekosistem realme seperti pendingin udara, pemurni udara dan sebagainya.

Untuk daya tahan baterai, kami telah menggunakannya selama 2 hari dan baterai berkurang sekitar 25%, dengan aktivitas bersepeda selama 3 jam, menyalakan heart rate continuous, kecerahan layar 40%. Ini berarti Anda bisa mengisi baterainya seminggu sekali, apalagi jika aktitvitasnya tidak seintensif ini.

svg%3E

Dari sisi desain, realme watch 2 ini tampil sederhana dan tidak berbeda dengan smartwatch lain di kelasnya. Desainnya sendiri cukup mirip dengan Apple Watch yang jauh lebih mahal, walaupun dengan bezel layar yang lebih tebal. realme Watch 2 dan Watch 2 Pro ini juga sudah mendapatkan sertifikasi IP68. Ini berarti jam tangan ini bisa dicuci dengan air.

Kualitas layarnya juga baik, dengan respons sentuhan yang baik pula. Ukurannya yang relatif ringkas membuatnya cocok bagi pergelangan tangan yang kecil. Jika butuh layar lebih besar, realme Watch 2 Pro jelas menjadi pilihan yang lebih baik.

svg%3E

Realme watch 2 punya dua fitur menarik lainnya, yaitu music control dan camera remoteJadi untuk mengendalikan musik yang dimainkan serta mengambil foto dari jarak jauh, Anda tidak perlu mengeluarkan smartphone dan cukup menyentuh layar di jam. Semua dibuat mudah dan praktis.

Smartwatch murah meriah

realme Watch 2 hadir dengan beragam fitur kebugaran yang menarik. Dengan ukuran layarnya yang mungil, jam tangan pintar ini juga cocok digunakan kaum hawa. Jika merasa layarnya terlalu kecil, Anda bisa mempertimbangkan realme Watch 2 Pro yang memiliki layar lebih besar dengan harga 250 ribu lebih mahal.

svg%3E

Namun daya tarik utamanya terletak pada harganya. realme watch 2 menawarkan kecanggihan di pergelangan tangan dengan harga yang amat terjangkau. realme watch 2 sudah bisa dipesan di toko resmi realme di Shopee dengan harga 649 ribu rupiah.

Sedangkan bagi yang membutuhkan fitur GPS dan lebih menyukai smartwatch berukuran lebih besar, realme Watch 2 Pro merupakan pilihan yang lebih baik. Anda bisa memesan realme Watch 2 Pro di toko resmi realme di Shopee seharga 899 ribu rupiah. Pembelian perdana akan dapat dilakukan mulai tanggal 30 Juni 2021 di link tersebut di atas.

 

Kelebihan realme watch 2

+ Mudah digunakan

+ Desain atraktif untuk harganya

+ Sudah mendukung IP68 untuk ketahanan air

+ Layar tajam dan responsif

+ Mode olahraga yang lengkap

+ Harga relatif terjangkau

+ Bisa mengendalikan musik dan remote kamera

+ Baterai tahan lama

+ Dilengkapi GPS (realme watch 2 Pro)

 

Kekurangan realme watch 2

– Strap karet terasa murah dan kurang tahan lama

– Pengukuran langkah kurang akurat

– Layar agak mungil bagi sebagian pengguna (realme watch 2)

– Data harus dihapus jika ingin terhubung ke realme Link di ponsel lain

– Hanya bisa menyimpan satu watch face tambahan

svg%3E
Review Realme Watch 2 & Realme Watch 2 Pro
realme Watch 2 hadir dengan beragam fitur kebugaran yang menarik. Dengan ukuran layarnya yang mungil, jam tangan pintar ini juga cocok digunakan kaum hawa. Jika merasa layarnya terlalu kecil, Anda bisa mempertimbangkan realme Watch 2 Pro yang memiliki layar lebih besar dengan harga 200 ribu lebih mahal.Namun daya tarik utamanya terletak pada harganya. realme watch 2 menawarkan kecanggihan di pergelangan tangan dengan harga yang amat terjangkau. realme watch 2 sudah bisa dipesan di toko resmi realme di Shopee dengan harga 799 ribu rupiah.Sedangkan bagi yang membutuhkan fitur GPS dan lebih menyukai smartwatch berukuran lebih besar, realme Watch 2 Pro merupakan pilihan yang lebih baik. Anda bisa memesan realme Watch 2 Pro di toko resmi realme di Shopee seharga 999 ribu rupiah.
Desain
7.5
Fitur
8.5
Harga
9
Reader Rating3 Votes
8.2
8.3